Reapply Sunscreen: Cara, Waktu, dan Manfaatnya

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Salah satu cara terbaik untuk melindungi kulit kita dari efek buruk paparan sinar matahari adalah dengan penggunaan sunscreen atau sunblock. Namun, apakah hanya sekali aplikasi cukup? Ternyata, mengaplikasikan ulang sunscreen sangat penting dan perlu dijadikan rutinitas saat beraktivitas di bawah sinar matahari.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa reapply sunscreen sangat penting, kapan waktu yang tepat untuk melakukannya, dan bagaimana caranya.

Baca juga : Review Sunscreen Skin1004 untuk Kebutuhan Kulit

Mengapa Harus Mengaplikasikan Ulang Sunscreen?

Sunscreen bekerja dengan cara memblokir atau menyerap radiasi ultraviolet (UV) dari matahari yang mencapai kulit kita. Namun, banyak orang yang tidak sadar bahwa daya tahan sunscreen ini tidak berlangsung sepanjang hari. Bahkan sunscreen dengan tingkat perlindungan matahari (SPF) tinggi pun memerlukan aplikasi ulang. Beberapa alasan utama yang menjadikannya penting dilakukan adalah :

  1. Daya Tahan Sunscreen: Sunscreen hanya bisa melindungi kulit selama dua sampai tiga jam. Setelah itu, efektivitasnya mulai menurun dan perlindungan terhadap sinar UV pun berkurang.
  2. Aktivitas Fisik: Jika melakukan aktivitas fisik yang menghasilkan keringat, atau jika berenang, sunscreen mungkin tergerus dan efektivitasnya akan berkurang jauh lebih cepat.
  3. Paparan Sinar Matahari: Jika ZALORAns berada di bawah sinar matahari langsung, kulit kamu akan membutuhkan lapisan perlindungan ekstra karena intensitas sinar UV lebih tinggi.

Baca juga : Sunscreen Atau Day Cream Dulu? Ini Urutan yang Benar

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengaplikasikan Ulang Sunscreen?

American Academy of Dermatology Association merekomendasikan penggunaan ulang sunscreen setiap dua jam jika ZALORAns sedang berada di luar ruangan. Namun, jika ZALORAns berenang atau berkeringat dalam jumlah banyak, ZALORAns harus mengaplikasikan ulang sunscreen segera setelah mengeringkan diri, bahkan jika belum dua jam sejak aplikasi terakhir.

Bagaimana Cara Mengaplikasikan Ulang Sunscreen?

Mengaplikasikan ulang sunscreen mencakup beberapa langkah. Jika ZALORAns mengenakan makeup, proses ini bisa lebih tricky, tetapi masih sangat memungkinkan. Berikut beberapa cara melakukannya:

1. Tanpa Makeup

Pertama-tama, cuci tangan ZALORAns. Lalu tuangkan sekitar satu sendok teh sunscreen ke telapak tangan kamu. Usapkan secara merata ke semua bagian kulit yang terkena sinar matahari, termasuk wajah, leher, telinga, dan bagian belakang tangan. Pastikan juga kamu memberikan waktu setidaknya 15 menit agar sunscreen meresap sebelum kamu keluar dan terpapar sinar matahari.

2. Dengan Makeup

Inovasi baru dalam dunia kosmetik seperti setting spray dan bedak dengan SPF menjadikan aplikasi ulang sunscreen lebih mudah, bahkan jika kamu sedang menggunakan makeup. Pilihlah sunscreen spray dengan SPF. Kemudian semprotkan ke wajah ZALORAns dengan mata tertutup dan mulut tertutup rapat. ZALORAns juga bisa menggunakan bedak dengan SPF dengan mengaplikasikan dengan brush di atas makeup yang telah kamu kenakan.

Sunscreen adalah perlindungan pertama yang efektif melawan risiko kerusakan skin cell oleh sinar ultraviolet. Aplikasi ulang sunscreen merupakan salah satu hal penting yang sering terlupakan.

Baca juga : Rekomendasi Sunscreen Spray Lokal, Solusi Reapply Praktis

Mari jadikan rutinitas mengaplikasikan ulang sunscreen sebagai bagian dari gaya hidup sehat kita. Jaga kulit ZALORAns tetap sehat dan aman dari sinar matahari dengan penggunaan dan aplikasi ulang sunscreen yang tepat!

Dapatkan berbagai produk sunscreen terbaik dengan harga murah dari brand-brand ternama hanya di ZALORA. Jangan lewatkan potongan harga yang sudah menantimu!

Penulis: Audrylea Reika