Metode Skin Cycling, Manfaat dan Cara Menerapkan

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Pernahkan ZALORAns mendengar tentang skin cycling sebelumnya? Skin cycling adalah metode perawatan kulit yang melibatkan rotasi penggunaan produk aktif seperti eksfolian dan retinol, diselingi dengan hari-hari pemulihan untuk memberi kulit waktu istirahat. Pendekatan skin cycling bertujuan untuk mencegah iritasi dan over-exfoliation, sekaligus memaksimalkan manfaat perawatan kulit.

Kali ini, ZALORA mau membahas mengenai manfaat dan metode melakukan skin cycling yang bisa membantu merawat kulitmu dengan baik. Yuk, intip penjelasan selengkapnya berikut ini!

Baca juga : Apa Itu Purging? Ketahui Cara Tepat Mengatasinya

Apa Sih Manfaat Skin Cycling?

1. Memperbaiki Skin Barrier

Skin barrier adalah lapisan pelindung kulit terluar. Lapisan ini terdiri dari sel-sel kulit yang disebut corneocytes yang terikat oleh lipid (lemak) seperti ceramide, kolesterol, dan asam lemak. Fungsi utama skin barrier adalah melindungi kulit dari faktor eksternal seperti polusi, bahan kimia, dan bakteri, sekaligus menjaga kelembaban dan mencegah dehidrasi.

Ketika skin barrier dalam kondisi sehat, kulit akan terasa lembab, halus, dan kenyal. Namun, skin barrier bisa rusak akibat paparan sinar matahari, penggunaan produk perawatan kulit yang terlalu keras, atau over-exfoliation. Berikut ini beberapa tanda-tanda skin barriermu rusak:

  • Kulit terasa kering, kasar, atau gatal.
  • Kemerahan dan iritasi.
  • Munculnya jerawat atau breakout.
  • Kulit terasa perih saat menggunakan produk skincare.

Menjaga dan memperbaiki skin barrier penting untuk kesehatan kulit secara keseluruhan. Produk yang mengandung ceramide, hyaluronic acid, dan niacinamide dapat membantu membantu memperkuat dan memulihkan fungsi skin barrier.

Nah, agar skin barriermu tidak rusak, maka menerapkan skin cycling menjadi cara yang tepat untukmu! Untuk memperbaiki skin barrier, beri waktu kulit untuk beristirahat dan pulih. Pada hari eksfoliasi dan retinol, kulit mengalami regenerasi dan pembaruan sel. Tetapi fase pemulihan yang diikuti dengan produk yang fokus pada hidrasi dan perbaikan. Seperti, moisturizer yang mengandung ceramide atau hyaluronic acid dapat membantu memperkuat skin barrier. 

Dengan memberi jeda dari bahan aktif yang keras, skin cycling mencegah over-exfoliation dan iritasi yang dapat merusak skin barrier. Metode ini secara bertahap memperbaiki fungsi pelindung kulit, menjaga kelembapan, dan membuat kulit lebih kuat serta tahan terhadap faktor eksternal.

2. Mengurangi Efek Samping Produk

Salah satu manfaat utama skin cycling adalah dapat mengurangi efek samping dari produk yang mengandung bahan aktif. Produk dengan kandungan seperti retinol atau eksfolian bisa memicu efek samping seperti kemerahan, iritasi, atau pengelupasan jika digunakan secara berlebihan. 

Dengan melakukan skin cycling, ZALORAns bisa memberi jeda yang diperlukan bagi kulit untuk beradaptasi dengan bahan-bahan tersebut. Pada hari-hari pemulihan, kulit memiliki kesempatan untuk memperbaiki diri dan mendapatkan hidrasi yang cukup, sehingga risiko efek samping dapat diminimalkan.

Sehingga, kulit bisa mendapatkan manfaat optimal dari produk tanpa harus mengalami reaksi yang berlebihan.

Baca juga : Kenali Ciri-Ciri Skin Barrier Rusak, Kunci Kulit Sehat dan Mulus!

Metode Penerapan Skin Cycling

1. Eksfoliasi Pada Malam Pertama

Pada malam pertama skin cycling, fokusnya adalah pada eksfoliasi. Eksfoliasi ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori, dan membuat kulit terlihat lebih cerah. Serta, mempersiapkan kulit agar lebih maksimal menyerap produk di hari-hari berikutnya.

Berikut adalah langkah-langkah penerapannya:

  • Bersihkan wajah dengan gentle cleanser untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih. Lakukan double cleansing dengan menggunakan micellar water dan facial wash. 
  • Gunakan eksfolian yang mengandung AHA (seperti glycolic acid) atau BHA (seperti salicylic acid). ZALORAns bisa memilih menggunakan cream, toner, atau serum. Aplikasikan produk eksfoliasi ini secara merata di wajah, hindari area sensitif seperti sekitar mata.
  • Tunggu beberapa menit setelah aplikasi eksfolian untuk memastikan produk meresap dengan baik.
  • Lanjutkan dengan pelembab yang menenangkan untuk menjaga hidrasi kulit setelah proses eksfoliasi.

Source: ZALORA

ZALORAns bisa menggunakan serum Avoskin Miraculous Refining untuk eksfoliasi. Avoskin Miraculous Refining Serum merupakan chemical exfoliator yang mengandung 10% AHA dan 3% BHA. 

Dilengkapi dengan Niacinamide, Ceramide, dan bahan pendukung lainnya. Kandungan ini membuat serum ini efektif untuk membantu proses eksfoliasi sel kulit mati dan membantu memicu regenerasi sel kulit. Sehingga, kulit akan tampak lebih cerah, tekstur merata, kulit lebih lembut, serta merawat kulit berjerawat dan menyamarkan komedo.

Dapat digunakan untuk semua jenis kulit dan bisa dipakai untuk usia mulai dari 15 tahun.

2. Retinoid Pada Malam Kedua

Berikutnya adalah penggunaan retinol pada malam kedua. Retinol adalah turunan dari vitamin A yang bekerja untuk mempercepat regenerasi sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Serta, membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis halus serta hiperpigmentasi. 

Berikut langkah penerapan retinoid pada malam kedua skin cycling:

  • Mulai dengan membersihkan wajah menggunakan pembersih yang lembut, memastikan kulit bebas dari kotoran secara menyeluruh.
  • Setelah mencuci wajah, tunggu beberapa menit hingga kulit benar-benar kering. Mengaplikasikan retinol pada kulit yang masih lembab bisa meningkatkan risiko iritasi.
  • Oleskan retinol secara tipis dan merata ke seluruh wajah, hindari area sensitif seperti sekitar mata dan mulut. Jika baru mulai menggunakan retinol, gunakan dengan jumlah kecil untuk meminimalisir risiko iritasi.
  • Setelah retinol meresap, aplikasikan pelembab untuk menjaga kelembaban kulit dan mengurangi potensi kekeringan atau iritasi yang mungkin terjadi dari penggunaan retinol.

Source: ZALORA

Untuk rekomendasi Retinol, ZALORAns bisa menggunakan produk dari Avoskin yaitu Avoskin Miraculous Retinol Ampoule yang memiliki kandungan utama 3% Actosome Retinol. Dimana, kandungan ini lebih ringan dibandingkan dengan Retinol lainnya. 

Dipadukan dengan kandungan Vitamin E, Peptide, Ekstrak Pomegranate, dan Ekstrak Green Tea. Kandungan ini optimal untuk membantu memicu regenerasi sel kulit, membantu mencegah munculnya tanda penuaan dini pada kulit, dan menjaga kekenyalan atau elastisitas kulit. Tak hanya itu, kandungan ini juga bisa menyamarkan noda hitam dan garis halus, serta membantu mencerahkan kulit wajah. Ampoule ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit dan bisa dipakai untuk usia mulai dari 20 tahun ke atas.

3. Fase Recovery dan Istirahat Pada Malam Ketiga dan Keempat

Setelah dua malam sebelumnya menggunakan eksfolian dan retinol yang bisa membuat kulit lebih sensitif. Maka, malam-malam ini ditujukan untuk memberikan waktu bagi kulit untuk beristirahat dan memperbaiki dirinya. Kunci dari fase recovery ini adalah menjaga kulit agar terhidrasi dengan baik. 

Gunakan produk dengan bahan pelembab seperti hyaluronic acid, ceramides, atau glycerin untuk menjaga kelembaban kulit. Serta, memperbaiki skin barrier yang mungkin terganggu oleh eksfoliasi dan retinol. Aplikasikan produk yang mengandung bahan-bahan yang menenangkan untuk meredakan iritasi dan peradangan.

Selama fase ini, hindari produk dengan bahan aktif seperti eksfolian, retinol, atau bahan yang terlalu keras bagi kulit. Fokuskan pada produk yang memberi nutrisi dan hidrasi untuk memulihkan keseimbangan kulit.

Source: ZALORA

Skintific 5X Ceramide Barrier Moisturizer Gel bisa ZALORAns gunakan untuk melembabkan kulitmu. Pelembab ini memadukan 3 bahan aktif yaitu Ceramide, Hyaluronic Acid, dan Centella Asiatica untuk mengatasi masalah skin barrier yang rusak. Seperti jerawat, kemerahan, kulit bertekstur, dan juga kulit kering dengan cepat namun tetap aman untuk skin barrier. 

Diperkaya dengan teknologi 5X Ceramide, yaitu gabungan 5 jenis Ceramide untuk melembabkan dan memperkuat lapisan kulit secara mendalam. Ceramide 5X ini membantu memperbaiki dan melindungi skin barrier dengan menjaga kelembaban dan melindungi kulit dari faktor eksternal.

Baca juga : 4 Rekomendasi Moisturizer untuk Kulit Sensitif

Nah, itulah manfaat dan metode penerapan skin cycling yang perlu kamu ketahui untuk perawatan kulit yang tepat.

Mau cari berbagai produk skincare terbaik yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama

.