Inilah Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah, Apa Jenis Kulitmu?

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Apakah ZALORAns sudah mengetahui apa jenis kulitmu? ZALORAns harus tahu tipe kulitmu, karena setiap jenis kulit membutuhkan perawatan yang berbeda untuk menjaga kesehatannya. 

Kalau kamu memahami jenis kulitmu, maka kamu dapat memilih produk perawatan yang tepat. Sehingga, dapat menghindari berbagai masalah kulit, seperti jerawat atau iritasi, dan memperbaiki tekstur serta penampilan kulit secara keseluruhan.

Kalau ZALORAns belum mengetahui jenis kulitmu tak masalah! Karena kini, ZALORA sudah merangkum khusus untukmu mengenai beberapa cara mengetahui jenis kulit wajah dengan mudah. Tentunya, ZALORA juga akan memberikan rekomendasi skincare yang tepat untuk masing-masing jenis kulit. Bagaimana menarik bukan? Namun, sebelumnya ZALORAns perlu tahu macam-macam jenis kulit berikut ini!

Baca juga : Kenali Ciri Ciri Kulit Sensitif dan Tipe Skincare yang Cocok

Jenis-Jenis Kulit Wajah

1. Kulit Wajah Normal

Kulit wajah normal merupakan jenis kulit yang seimbang, tidak terlalu berminyak dan tidak terlalu kering. Ciri-ciri kulit normal meliputi tekstur halus dan minimnya masalah kulit seperti jerawat atau kemerahan. Kulit normal kelembapannya cukup, sehingga terlihat sehat dan perawatannya mudah.

Source: Zalora

Salah satu micellar water yang cocok untuk kulit normal adalah Micellar Water 3 in 1 for Normal Skin dari Cleanface. Memiliki kandungan Niacinamide, Hydrolyzed Collagen, Sodium Hyaluronate, dan Aloe Water didalamnya. Kandungan ini dapat membantu membuat kulit wajah tampak segar, sehat, dan bercahaya.

Selain itu, juga berperan dalam mencerahkan, melembabkan, melembutkan, menghidrasi, dan menjaga elastisitas kulit wajah. 

2. Kulit Wajah Berminyak

Kulit wajah berminyak adalah kondisi umum yang ditandai dengan produksi sebum berlebih. Sebum, minyak alami kulit ini berfungsi untuk menjaga kelembaban dan melindungi kulit. Namun, produksi yang berlebihan dapat menyebabkan kulit terlihat mengkilap, pori-pori tersumbat, dan rentan terhadap jerawat. 

Beberapa faktor yang menyebabkan kulit berminyak, seperti genetik, hormon, diet yang tidak tepat, serta lingkungan. 

Source: Bootiq

Facial wash yang cocok untuk kulit berminyak, salah satunya adalah dari Acnemed Facial Wash for Oily Skin! Acnemed Facial Wash merupakan sabun pembersih khusus untuk kulit wajah berminyak dan berjerawat. Pembersih muka ini membantu mengangkat sel kulit mati dan mengontrol minyak berlebih pada wajah. Selain itu, produk ini juga dapat melembabkan dan menjaga kulit agar tetap halus dan lembut.

Acnemed Facial Wash dilengkapi dengan kandungan Salicylic Acid yang membantu mengangkat sel kulit mati. Adapun kandungan Aloe Vera yang menyejukkan dan menenangkan kulit yang meradang. Serta, terdapat kandungan Sodium PCA yang akan menjaga kelembaban kulit, sehingga kulit tetap halus dan lembut.

3. Kulit Wajah Kering

Kondisi yang berlawanan dengan kulit berminyak, berikutnya ada jenis kulit wajah kering. Kulit wajah kering adalah kondisi dimana kulit kekurangan kelembaban dan minyak alami yang dibutuhkan untuk menjaga kelembutan dan elastisitasnya. 

Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk cuaca dingin, paparan sinar matahari yang berlebihan, penggunaan produk perawatan kulit yang keras, serta faktor genetik. Kulit yang kering terasa kasar dan tertarik. Kunci dalam perawatan kulit kering adalah dengan menjaga hidrasi kulit yang cukup.

Source: Zalora

Untuk itu, ZALORAns bisa menggunakan Bio Oil Dry Skin Gel yang diformulasikan dapat membantu mengisi kembali lapisan kulit dan melembabkannya. Teksturnya berupa gel ke minyak yang unik dan dapat menyerap dengan mudah ke kulit. Menciptakan lapisan pelindung untuk menahan kelembaban, serta mengembalikan kulit kering dalam keadaan terhidrasi yang optimal.

Baca juga : Ketahui Ciri Ciri Kulit Kering dan Skincare Tepat Untuk Kulit Kering

4. Kulit Wajah Kombinasi

Kulit wajah kombinasi adalah jenis kulit yang memiliki kondisi campuran antara area berminyak dan area kering. Pada umumnya, bagian T-zone (dahi, hidung, dan dagu) cenderung berminyak, sementara area pipi dan sekitarnya lebih cenderung kering.

Sehingga, produk skincare yang digunakan harus dapat mengontrol minyak berlebih di area berminyak. Serta, tetap memberikan kelembaban yang cukup untuk area yang kering. 

Source: Bioderma

Micellar water yang tepat untuk tipe kulit kombinasi adalah Bioderma Sebium H2O! Sebium H2O Micellar Water adalah pembersih wajah tanpa bilas dermatologis untuk kulit berminyak dan berjerawat atau kombinasi.

Micellar water ini mampu menghapus makeup dan membersihkan kulit dari kotoran tanpa membuatnya menjadi kering, serta membatasi produksi sebum. Sehingga, kulit terasa segar dan bersih.

5. Kulit Wajah Sensitif

Kulit wajah sensitif memerlukan perawatan yang ekstra hati-hati dan tepat. Karena kulit sensitif mudah bereaksi terhadap berbagai faktor, seperti bahan kimia dalam produk kecantikan dan lingkungan. 

Source: Erha Store

Bersihkan kulitmu menggunakan Erha Skinsitive Ultracalm Face Wash yang baik untuk kulit sensitif! Dikembangkan dengan formula dermatologi, Erha gentle skin barrier facial wash ini merupakan gentle cleanser atau sabun pembersih wajah. Dengan formula yang berfungsi sangat lembut untuk kulit kering, sensitif, dan teriritasi ringan.

Diformulasikan dengan 5-Layers Moisturizing Agent dan PHA yang bekerja secara sinergi untuk membersihkan kulit. Sekaligus menyeimbangkan pH kulit sehingga kulit terasa nyaman, lembut, dan terhidrasi.

Baca juga : Penyebab Bruntusan di Pipi dan Pilihan Skincare yang Tepat

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

1. Perhatikan Tekstur Kulitmu

Bersihkanlah kulitmu pada pagi hari, kemudian jangan menggunakan skincare apapun sepanjang hari. Setelah itu, perhatikanlah bagaimana tekstur kulitmu! Berikut ini beberapa parameter yang bisa kamu tentukan untuk mengetahui tekstur kulitmu:

  1. Kulit normal : Kulit terasa lembut, tidak kering, berminyak, dan tidak ada gejala iritasi. Seperti, kulit gatal, kering, atau kemerahan.
  2. Kulit berminyak : Kulit terasa lengket, terdapat kilau berlebih pada wajah, mengilap, dan pori-pori kulit tampak besar.
  3. Kulit kering : Kulit terasa kencang dan tertarik, mengelupas, pori-pori terlihat, dan terasa kasar saat disentuh.
  4. Kulit kombinasi : Tampak berminyak di sekitar hidung, dahi, dan dagu (T-Zone), sedangkan kulit di area pipi kering.
  5. Kulit sensitif : Kulit terasa gatal, perih, dan kemerahan.

2. Gunakan Tisu atau Kertas Minyak

Bersihkan wajah terlebih dahulu, lalu diamkan selama 3 jam tanpa menggunakan skincare apapun. Setelah itu, coba tempelkan tisu atau kertas minyak pada wajah selama beberapa menit. Cek tisu atau kertas minyak tersebut, kemudian cocokkan dengan kondisi berikut ini:

  1. Kulit normal : Terdapat sedikit noda minyak pada tisu atau kertas minyak.
  2. Kulit berminyak : Terdapat banyak minyak pada tisu atau kertas minyak.
  3. Kulit kering : Tidak terdapat minyak yang menempel pada tisu atau kertas minyak.
  4. Kulit kombinasi: Terdapat minyak hanya di area dahi, hidung dan dagu (T-Zone), sedangkan bagian wajah lainnya tidak.

3. Cubitlah Kulit Wajah Perlahan

Cara ini digunakan untuk mengetahui elastisitas kulitmu. Cubit kulit di area pipi atau dahi secara perlahan dan perhatikan reaksi kulitmu. Jika kulit kembali ke posisi semula dengan cepat dan tidak meninggalkan bekas, maka ZALORAns memiliki kulit normal atau kombinasi. 

Jika kulit terasa elastis dan lembut, ini menandakan kulit normal. Namun, jika kulit terasa sedikit kasar atau meninggalkan bekas kemerahan dan tidak kembali seperti semula, maka ZALORAns memiliki kulit kering. Sebaliknya, jika kulit terasa berminyak dan ada kilau setelah dicubit, ini menunjukkan kulit berminyak.

Baca juga : Cara Mengetahui Bentuk Wajah, Apa Bentuk Wajahmu?

Nah, itulah beberapa cara mengetahui jenis kulit wajah ZALORAns dengan mudah, serta pilihan skincare yang tepat untuk masing-masing jenis kulit. Gunakanlah produk skincare yang sesuai dengan jenis kulitmu ya!

Mau cari berbagai produk skincare terbaik yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama