Cara Menghilangkan Ketombe Kering Membandel, Ampuh dan Efektif!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Ketombe kering pada rambut bisa menjadi sumber kekhawatiran yang serius bagi banyak orang. Karena selain membuat rambut terlihat kurang sehat, juga bisa mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Ketombe kering cenderung tampak seperti serpihan putih kecil yang menempel pada rambut dan kulit kepala. Bisa sangat terlihat terutama pada pakaian gelap. 

Kalau ZALORAns punya masalah ketombe kering seperti ini, bisa bikin kamu merasa malu dan tidak nyaman saat bertemu orang lain nggak sih? Terutama jika kamu merasa perhatian orang lain tertuju pada masalah tersebut. Rasa percaya diri yang terganggu ini bisa bikin ZALORAns kurang leluasa dan malah bikin nggak aktif tentunya!

Tenang! ZALORA sudah merangkum beberapa cara ampuh untuk menghilangkan ketombe kering yang membandel khusus untukmu! ZALORA juga sudah ada rekomendasi produk perawatan rambut yang cocok untukmu!

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga : Ketahui Penyebab Ketombe Berkerak dan Cara Menghilangkannya

Cara Menghilangkan Ketombe Kering

1. Jangan Menggunakan Produk Styling Berlebihan

Hindari menggunakan produk styling berlebihan sebagai solusi untuk mengatasi masalah ketombe. Meskipun terlihat menarik, penggunaan produk styling yang berlebihan dapat menyebabkan penumpukan bahan kimia di kulit kepala. Sehingga, malah dapat memperburuk kondisi ketombe lho!

Sebaiknya, fokuslah pada perawatan kulit kepala yang tepat, seperti menggunakan shampo anti ketombe yang mengandung bahan-bahan seperti Ketoconazole atau Zinc Pyrithione. 

2. Hindari Kebiasaan Menggaruk Kulit Kepala

Menggaruk kulit kepala adalah kebiasaan yang sebaiknya dihindari. Menggaruk kulit kepala dapat menyebabkan iritasi, peradangan, dan kerusakan pada kulit, serta meningkatkan risiko infeksi jika berlebihan.

Kalau ZALORAns merasa gatal, jangan digaruk ya! Dengan menggaruknya malah bisa bikin ketombe di kepala makin parah!

3. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Tak hanya merawat dari luar saja, tapi ZALORAns juga perlu melakukan perawatan dari dalam! ZALORAns harus lebih banyak mengonsumsi makanan bergizi yang baik bagi kesehatan kulit kepala. 

Makanlah makanan yang kaya akan nutrisi seperti sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, dan ikan berlemak seperti salmon. Dimana, makanan ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan kulit dan rambut.

Nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, omega-3, dan seng dapat membantu menjaga kulit kepala tetap sehat dan mengurangi risiko ketombe. Selain itu, mengonsumsi air yang cukup juga penting untuk menjaga kelembaban kulit dan kulit kepala.

4. Jangan Stres

Untuk mengatasi masalah ketombe, ZALORAns harus mengendalikan pikiran agar tidak stres. Karena stres dapat memperparah kondisi kulit kepala dan ketombe lho!

Salah satu cara untuk mengendalikan pikiran adalah dengan berlatih teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam. 

5. Menggunakan Produk Perawatan Rambut yang Tepat

Dengan menggunakan produk perawatan rambut yang tepat, masalah ketombe ini dapat diatasi dengan efektif. Gunakan produk hair care yang cocok dengan jenis rambutmu dan tidak membuat kulit kepala berminyak, sehingga tidak memperparah ketombe.

Rutin menggunakan produk-produk perawatan rambut yang tepat, serta menjaga kebersihan kulit kepala dapat membantu mengurangi dan mencegah ketombe secara efektif.

Berikut ini beberapa pilihan produk khusus untuk mengatasi permasalahan ketombe yang ampuh dan bisa kamu coba!

Baca juga : 5 Faktor Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya

Rekomendasi Hair Care untuk Rambut Berketombe

1. Emeron Hijab Anti Dandruff Shampoo

Source: Emeron

Emeron Hijab Shampoo adalah shampo yang diformulasikan untuk pengguna hijab persembahan dari Emeron! Emeron Hijab Clean and Fresh mampu membantu menjaga kesehatan rambut secara optimal. Kandungan MOC Perfume dan formula Active Provit Amino dan kandungan Tea Tree Oil membantu membuat rambut tidak apek. Serta, kulit kepala tidak berminyak dan rambut lebih kuat dan wangi. 

Emeron Hijab Anti Dandruff ini mengandung Active Provit Amino dan ZPTO plus lime yang bekerja untuk mengurangi minyak kulit di kepala dan membasmi bakteri jamur penyebab ketombe!

2. Pantene Pro-V Anti Dandruff Shampoo 

Source: Pantene

Tampil lebih percaya diri dengan rambut yang sehat dan kuat dapat ZALORAns wujudkan dengan menggunakan Pantene Pro-V Anti Dandruff Shampoo! Shampo anti ketombe ini diformulasikan secara khusus, sehingga tidak akan membuat kulit kepala terasa kering.

Kemampuannya dalam membersihkan dan menutrisi rambut, serta memperbaiki vitalitas rambut lebih baik. Rambutmu pun akan tampak lebih berkilau, lebih sehat, dan lebih kuat!

3. Wardah Shampoo Anti Dandruff

Source: Zalora

Wardah Shampoo Anti Dandruff adalah solusi sempurna untuk rambut dan kulit kepala yang cenderung berminyak dan rentan terhadap ketombe! Shampo ini akan memberikan kelembaban yang seimbang sambil membersihkan kulit kepala dari minyak berlebih dan ketombe.

Formulanya yang unik memberikan sensasi dingin yang menyegarkan saat digunakan, memberikan pengalaman mandi yang menyenangkan setiap hari. Dengan Wardah Shampo Anti Dandruff, ZALORAns bisa merasakan rambut yang bersih, segar, dan bebas ketombe setiap hari!

4. HISERHA Anti Dandruff Shampoo Climbazole & Piroctone Olamine 

Source: Erha

Dengan formula dermatologi, Hiserha Anti Dandruff Shampoo merupakan shampo khusus pria pertama yang berfungsi untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dari ketombe! Dengan kombinasi dual patent anti-dandruff agent yaitu Climbazole dan Piroctone Olamine yang bekerja secara sinergis untuk membantu mengatasi ketombe secara efektif.

Diperkaya juga dengan Aloe Vera Extract yang membantu menutrisi dan melembabkan rambut dan kulit kepala. Aloe Vera Extract ini juga berguna untuk membantu meredakan inflamasi, mengurangi gatal, serta memberikan efek sejuk di kulit kepala.

Shampo ini diformulasikan khusus untuk pria dengan wangi yang maskulin. Pasti kamu suka deh! Mengandung “Soothing & Moisturizing Agent” untuk kulit kepala. Adapun kandungan Menthol dan Methyl Lactate yang memberikan efek sejuk dan dingin, serta membantu meredakan gatal pada kulit kepala.

Kandungan Piroctone Olamine dan Climbazole merupakan anti-dandruff agent untuk membunuh organisme penyebab ketombe (Malassezia) dan Seborrheic Dermatitis. Serta, dapat menghilangkan bau tidak sedap pada kulit kepala. Untuk D-Panthenol didalamnya berfungsi sebagai soothing agent yang membantu untuk meredakan kemerahan dan iritasi akibat ketombe. Serta berfungsi untuk membantu melembabkan rambut dan kulit kepala.

Baca juga : 5 Mitos Shampo Penumbuh Rambut, Yakin Efektif? 

Itulah beberapa cara menghilangkan ketombe kering dengan mudah, serta pilihan produk perawatan rambut yang tepat dan bisa ZALORAns coba! Jaga kebersihan rambutmu dengan rutin melakukan perawatan rambut yang tepat! Jangan biarkan ketombe mengganggu aktivitasmu.

Mau cari berbagai produk hair care yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama