Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu!

 

Bekas jerawat yang menghitam memang bikin kesal ya! Biasanya bekas jerawat menghitam ini terjadi karena kulit memproduksi melanin berlebih setelah peradangan jerawat. Sehingga, muncul noda hitam yang susah hilang. ZALORAns bisa melakukan perawatan yang rutin, lama-lama bekas jerawat bisa memudar dan kulitmu bakal terlihat lebih cerah lagi. 

Apakah ZALORAns punya bekas jerawat menghitam pada wajahmu? Bingung bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak beberapa cara ampuh menghilangkan bekas jerawat yang menghitam berikut ini!

Baca juga : Apa Itu Purging? Ketahui Cara Tepat Mengatasinya

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam

1. Menggunakan Produk yang Mengandung AHA

AHA seperti asam glikolat dan asam laktat dikenal karena kemampuannya dalam mengeksfoliasi kulit secara lembut, mempercepat regenerasi sel, dan meratakan warna kulit. Dengan rutin menggunakan produk yang mengandung AHA, lapisan kulit yang kusam dan menghitam akibat bekas jerawat akan terkelupas. Sehingga sel-sel kulit baru yang lebih cerah dapat muncul.

Pastikan untuk menggunakan produk ini secara bertahap dan selalu diiringi dengan penggunaan tabir surya pada siang hari, karena AHA dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.

Source: Somethinc

ZALORAns bisa menggunakan Somethinc Glow Maker AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner. Toner eksfoliasi harian ini diformulasikan dengan % AHA, BHA, PHA yang rendah sehingga cocok untuk pemula atau kulit sensitif. Terbukti secara klinis dapat mengangkat sel kulit mati, mengatasi pori-pori tersumbat, meratakan tekstur, dan warna kulit. Serta, dapat mengangkat sisa kotoran terdalam, sehingga kulit menjadi lebih bersih, halus, dan sehat. Buat kamu yang berjerawat, toner ini bisa kamu gunakan untuk membersihkan jerawat dan komedo.

Toner ini mengandung Glycolic Acid (AHA) yang bekerja di bawah lapisan kulit epidermis. Dengan melarutkan sel-sel kulit mati, kotoran, serta minyak yang tertimbun dapat terangkat keluar. Kandungan Salicylic Acid (BHA) mampu meratakan tekstur kulit, membersihkan pori-pori kulit, mengatasi komedo, jerawat, dan mengontrol produksi minyak.

Selain itu, terdapat kandungan Lactobionic Acid (PHA) yang bersifat humectant (menjaga kadar air dalam kulit). Sehingga mampu melembabkan dan membuat kulit tetap kenyal serta glowing. Kandungan Arginine sebagai antioksidan, melembabkan, dan mencerahkan kulit, serta membantu produksi kolagen, sehingga kulit terlihat lebih muda. Terdapat Betaine yang menjaga kulit tetap lembab dan Caffeine yang mengurangi kemerahan, garis halus, serta kerutan wajah. Ada pula Anthemis Nobilis yang melembabkan kulit dari dalam dan meredakan peradangan. Serta, mampu memberikan perlindungan antioksidan dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Toner ini cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif. Gunakan setelah membersihkan wajah pada malam hari. Tekan Glow Maker Exfoliating Toner menggunakan kapas. Oleskan secara lembut ke area wajah (leher dan badan). Lanjutkan dengan Supple Power HYAluronic9+ Onsen Essence Toner untuk menetralkan pH kulit kembali. Setelah pemakaian pada malam hari, wajib menggunakan sunscreen pada besok pagi atau siang hari.

2. Menggunakan Retinol

Salah satu kandungan yang lagi banyak dicari saat ini oleh para pecinta skincare adalah retinol. Menghilangkan bekas jerawat yang menghitam dapat dilakukan dengan menggunakan retinol lho! Salah satu bahan aktif yang dikenal efektif dalam merawat kulit. 

Retinol bekerja dengan cara mempercepat regenerasi sel kulit, membantu mengelupas lapisan kulit mati, dan merangsang produksi kolagen. Proses ini membuat kulit yang kusam dan terdapat noda hitam akibat bekas jerawat perlahan memudar. Untuk hasil yang optimal, gunakan retinol secara rutin pada malam hari dan jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan sunscreen di pagi hari.

Source: ZALORA

Produk yang bisa ZALORAns pakai adalah Somethinc 1% Pure Retinol + Squalane. 10x Advanced Retinol yang merupakan versi paling murni dari retinol yang dikenal sebagai Gold Standard untuk membantu mencegah tanda penuaan dini.

Retinol berbasis oil yang sangat potent dan stabil membuatnya tidak mudah teroksidasi. Dilengkapi dengan Squalane sebagai Natural Moisturizing Factors (NMF) untuk menjaga kekenyalan kulit. Gunakan pada malam hari dan selalu gunakan sunscreen di pagi hari.

3. Menggunakan Produk yang Mengandung Hydroquinone

Hydroquinone bekerja dengan menghambat produksi melanin di kulit, sehingga memudarkan noda hitam yang disebabkan oleh hiperpigmentasi. Untuk hasil yang optimal, pilih produk dengan kandungan hydroquinone 2% hingga 4%.

Aplikasikan pada area yang terdapat bekas jerawat secara merata. Jika digunakan dengan benar, hydroquinone dapat membantu mengembalikan kecerahan dan meratakan warna kulit.

Baca juga : Obat Jerawat Adapalene : Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

4. Menggunakan Produk yang Mengandung Niacinamide

Bekas jerawat yang menghitam dapat menjadi masalah kulit yang mengganggu penampilan. Tapi nggak perlu khawatir lagi! ZALORAns bisa mengatasinya dengan menggunakan produk perawatan yang mengandung Niacinamide. Niacinamide juga dikenal sebagai Vitamin B3, memiliki kemampuan untuk meratakan warna kulit dan mencerahkan kuliti. Produk dengan kandungan Niacinamide dapat membantu memperbaiki lapisan kulit yang rusak, memperkuat skin barrier, dan mengurangi produksi melanin yang berlebihan.

Agar lebih cepat dan maksimal, aplikasikan produk yang mengandung Niacinamide secara rutin pada wajah. Terutama pada malam hari setelah membersihkan wajah.

Source: ZALORA

Gunakanlah Skintific MSH Niacinamide Brightening Moisture Gel sebagai pelembab sehari-harimu! MSH Niacinamide Brightening Moisture Gel dengan tekstur ringan seperti udara, cepat menyerap dan mengontrol minyak dalam waktu 24 jam. Diformulasikan dengan Novel MSH Niacinamide eksklusif dari Skintific yang dipadukan dengan dua bahan pencerah paling ringan dan efektif. Dimana, terdapat kandungan Alpha Arbutin dan Tranexamic Acid, yang mampu mencerahkan secara signifikan dalam waktu 14 hari. 

MSH Niacinamide terbukti secara klinis 10 kali lebih efektif daripada Niacinamide biasa dalam mengurangi hiperpigmentasi, mengurangi kemerahan, dan meningkatkan elastisitas kulit. Diperkaya juga dengan Centella Asiatica dan 5X Ceramide. Moisturizer ini tidak menyebabkan iritasi dan memberikan efek menenangkan pada kulit. Sekaligus memperbaiki dan menjaga skin barrier.

5. Menggunakan Serum Vitamin C

Vitamin C dikenal dengan sifat antioksidannya yang kuat, sehingga dapat membantu mencerahkan kulit dan memudarkan hiperpigmentasi. Selain itu, Vitamin C juga merangsang produksi kolagen, mempercepat regenerasi sel kulit, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. 

Source: ZALORA

Natasha punya produk Natasha Pure Vit C Glow Serum yang bisa ZALORAns pilih untuk perawatan kulitmu! Natasha by dr Fredi Setyawan Pure Vit C Glow Serum mengandung Vit C murni (Pure Vit C) dan antioksidan botanikal. Kandungan ini dapat meningkatkan kekenyalan, mencerahkan, dan melembabkan kulit. Serta, membantu menyamarkan noda hitam sehingga kulit terasa lembut dan bercahaya.

Baca juga : Cara Mengetahui Bentuk Wajah, Apa Bentuk Wajahmu?

Itulah beberapa cara ampuh menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. Gunakan rangkaian produk diatas yang bisa membantu mempercepat proses menghilangkan bekas jerawat menghitam pada wajahmu.

Mau cari berbagai produk skincare yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama