Cara Mengetahui Bentuk Wajah, Apa Bentuk Wajahmu?

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Setiap orang memiliki bentuk wajah yang berbeda-beda. Bentuk wajah seseorang bisa dikategorikan ke dalam beberapa jenis umum yang masing-masing memiliki karakteristik tersendiri. Setiap bentuk wajah ini bisa mempengaruhi gaya rambut dan bentuk kacamata yang paling sesuai. Serta, teknik makeup yang digunakan untuk menonjolkan atau menyeimbangkan fitur-fitur tertentu.

Apakah ZALORAns tahu macam-macam bentuk wajah pada umumnya? Lalu, bagaimana sih cara mengetahui wajahmu termasuk ke dalam kategori bentuk wajah apa? ZALORA sudah membuat rangkuman mengenai macam bentuk wajah, serta cara mengetahui bentuk wajah dengan mudah.

Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Baca juga : Inspirasi Potongan Rambut Anak Laki-Laki Sesuai Bentuk Wajah

Jenis-Jenis Bentuk Wajah

Untuk mengetahui apa bentuk wajahmu, sebelumnya kenali terlebih dahulu jenis-jenis bentuk wajah seseorang secara umum berikut ini:

1. Wajah Bulat

Wajah bulat memiliki ciri khas berupa lebar dan panjang wajah yang hampir sama. Serta garis rahang dan pipi yang cenderung melengkung lembut atau tidak tegas. Pipi penuh dan dagu yang tidak terlalu menonjol membuat wajah ini terlihat simetris. 

Orang dengan bentuk wajah bulat biasanya memiliki penampilan yang awet muda dan terlihat ramah. Potongan rambut yang paling cocok untuk bentuk wajah ini biasanya yang dapat menambahkan sedikit panjang atau sudut untuk memberikan dimensi lebih. Seperti, potongan layer panjang atau gaya rambut dengan volume di bagian atas. 

2. Wajah Persegi

Wajah persegi memiliki ciri rahang yang kuat dan tegas dengan dahi, tulang pipi, dan garis rahang yang hampir sama lebarnya. Selain itu, sudut rahangnya terlihat tajam. Orang dengan wajah persegi  memiliki bentuk dagu yang jelas dan sudut-sudut wajah yang terlihat lebih tajam. 

Bentuk wajah persegi ini memiliki kesan kuat dan berwibawa. Untuk memperhalus penampilan, disarankan untuk memilih gaya rambut dan teknik riasan yang dapat melunakkan sudut-sudut tajam tersebut. Seperti, rambut bergelombang atau berlayer dan penggunaan kontur yang tepat. 

3. Wajah Persegi Panjang

Berikutnya ada bentuk wajah persegi panjang yang ditandai dengan bentuk wajah yang panjang dan sempit. Dimana, panjang wajah lebih besar dibandingkan lebarnya. Bagian dahi, pipi, dan rahang memiliki lebar yang hampir sama. Sehingga, menciptakan garis lurus yang tegas dari dahi ke dagu. 

Bagian pipi cenderung rata tanpa banyak lengkungan dan rahang berbentuk persegi dengan sudut yang jelas. Selain itu, juga memiliki dahi yang tinggi dan dagu yang lebih panjang, memberikan kesan yang memanjang dan ramping pada tampilan wajahnya. 

4. Wajah Berlian

Wajah berbentuk berlian adalah salah satu bentuk wajah yang unik dan menarik. Ciri khasnya adalah dahi dan rahang yang sempit dengan tulang pipi yang lebar dan menonjol sebagai titik terluas dari wajah. Proporsi ini menciptakan kesan wajah yang panjang dan ramping, serta kontur wajah yang tajam. 

Potongan rambut yang tepat untuk pemilik wajah berlian adalah dengan mempertahankan volume di bagian atas dan bawah wajah. Serta, makeup yang terfokus pada bagian mata dan tulang pipi.

5. Wajah Oval

Wajah oval dikenal sebagai bentuk wajah yang ideal dan seimbang. Dengan lebar dahi yang sedikit lebih lebar dari bagian bawah wajah. Sedangkan, tulang pipi menjadi titik terlebar. Ciri khas wajah oval adalah garis rahang yang halus dan melengkung, memberikan kesan tampilan wajah yang simetris. 

6. Wajah Segitiga

Wajah segitiga adalah bentuk wajah yang memiliki karakteristik unik dengan garis rahang yang lebih lebar daripada dahi. Dahi lebih sempit dan tulang pipi biasanya berada di antara ukuran rahang dan dahi. Wajah berbentuk segitiga terlihat lebih lebar di bagian bawah, sehingga terlihat struktur wajah yang kuat dan tegas. 

ZALORAns bisa memilih gaya rambut yang memiliki volume di bagian atas kepala dan mengurangi volume di bagian rahang. Model rambut seperti poni yang menutupi bagian dahi dapat memberikan look yang sempurna bagi pemilik wajah segitiga ini. 

Baca juga : Manfaat Lemon untuk Wajah, Solusi Alami untuk Kulit Bercahaya

Cara Mengetahui Bentuk Wajah

Sebelumnya ZALORAns telah mengetahui jenis bentuk wajah pada umumnya. Langkah selanjutnya, ZALORAns bisa melakukan beberapa pengukuran pada bagian wajahmu. Bagian wajah apa saja sih yang harus diukur untuk mengetahui bentuk wajahmu? Berikut ini penjelasannya!

1. Ukurlah Dahi

Gunakan pita pengukur yang fleksibel dan ukur jarak dari satu pelipis ke pelipis lainnya di bagian terlebar dahimu yaitu tepat di atas alis. Catat ukuran ini dan bandingkan dengan ukuran bagian wajah lainnya, seperti lebar tulang pipi, panjang wajah, dan lebar rahang. 

2. Ukurlah Tulang Pipi

Ukur seluruh pipi dimulai dari bagian atas di dekat garis rambut hingga tonjolan tajam di bawah sudut luar dekat mata. Posisikan pita pengukur sejajar dengan pipi untuk mendapatkan pengukuran yang akurat. Setelah pengukuran selesai, catat angka yang ditunjukkan oleh pita pengukur.

3. Ukurlah Garis Rahang

Ukurlah bagian rahangmu pada titik terlebar. Kurang lebih satu inci ke bawah dari telinga.

4. Ukurlah Panjang Wajah

Panjang wajah diukur dari bagian atas kepala yaitu batas rambut di dahi hingga ke bagian bawah dagu. Gunakanlah penggaris atau alat pengukur lainnya.

Setelah mencatat beberapa ukuran bagian wajah diatas, kemudian bandingkanlah setiap ukurannya. Mulai dari ukuran dahi, tulang pipi, garis rahang, dan panjang wajah. Cocokkan dengan ciri-ciri bentuk wajah diatas. Sehingga, ZALORAns bisa mengetahui bentuk wajahmu.

Rekomendasi Korset Penirus Pipi Wajah Face Lift Corset Double Chin V Shape

Source: Zalora

Apakah ZALORAns ingin punya pipi yang tirus? ZALORAns bisa menggunakan korset penirus pipi yang satu ini nih! Korset penirus pipi ini adalah inovasi baru dalam bidang kecantikan untuk mengangkat pipi yang turun (double chin). Serta, membentuk dan mengencangkan bagian wajah yang turun karena gravitasi dan otot otot yang mengendur.

Korset ini juga dapat digunakan oleh pasien bedah plastik setelah melakukan face lift di bagian dagu, pipi, dan leher. Korset ini dapat mengencangkan bagian pipi dan dagu, merampingkan wajah, dan membantu membentuk wajah oval. Terbuat dari bahan Nylon dan Spandex, dimana bahan ini terasa halus dan lembut.

Baca juga : Ciri Ciri Wajah Kusam dan Rekomendasi Produk untuk Cerahkan

Itulah beberapa macam bentuk wajah dan cara mudah mengetahui bentuk wajah. Setelah mengukur bagian wajahmu, apakah ZALORAns sudah bisa menentukan bentuk wajahmu? Kalau sudah, maka ZALORAns bisa menentukan potongan rambut, bentuk kacamata, dan teknik makeup yang tepat dan sesuai dengan bentuk wajahmu.

Mau cari berbagai produk alat kecantikan yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama