Cara Mengangkat Sel Kulit Mati, Wajah Cerah Berseri!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Sel kulit mati yang menumpuk pada wajah dapat menjadi masalah kulit yang beragam. Penumpukan ini terjadi ketika proses alami regenerasi kulit melambat, membuat sel-sel kulit mati tidak terangkat dengan sempurna. Akibatnya, kulit wajah bisa tampak kusam, kasar, dan bertekstur tidak merata. 

Penumpukan sel kulit mati ini dapat menyumbat pori-pori yang dapat menyebabkan munculnya komedo dan jerawat. Tentunya ZALORAns nggak mau kan wajahmu berjerawat dan kusam? Kalau begitu, yuk simak beberapa cara mengangkat sel kulit mati dengan mudah berikut ini! Ada juga rekomendasi skincare dari ZALORA yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati!

Baca juga : Manfaat Sabun Kojic Plankton, Kulit Cerah Seketika!

Cara Mengangkat Sel Kulit Mati

1. Menggunakan Air Lemon

Source: Pinterest

Air lemon memiliki sifat eksfoliasi alami yang efektif dalam mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Kandungan asam sitrat dalam air lemon bekerja dengan lembut mengikis lapisan kulit mati. Sehingga, membantu proses regenerasi kulit dan membuat wajah tampak lebih cerah. Air lemon ini juga kaya akan vitamin C yang berperan penting dalam produksi kolagen, sehingga kulit menjadi lebih elastis dan kencang. 

ZALORAns bisa mengaplikasikan lemon secara langsung pada wajah atau mencampurkannya dengan madu atau gula. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih. 

2. Minyak Zaitun

Source: Pinterest

Minyak zaitun menjadi salah satu bahan yang sering dipakai sebagai bahan perawatan kulit. Kandungan antioksidan dan vitamin E dalam minyak zaitun bekerja dengan lembut untuk membersihkan pori-pori, sekaligus melembabkan kulit. Dengan pemakaian yang rutin, minyak zaitun dapat membantu mengelupas sel kulit mati secara alami tanpa menyebabkan iritasi. Jadi, kulit bakal lebih cerah, halus, dan sehat. 

Sifat anti-inflamasi dalam minyak zaitun juga membantu meredakan kemerahan dan peradangan. Menjadikannya pilihan yang tepat untuk berbagai jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

ZALORAns bisa menjadikan minyak zaitun sebagai campuran berbagai masker. Lalu, oleskan masker pada wajah dan diamkan selama 5 menit. Kemudian, bilas dengan air hingga bersih.

3. Cuka Apel

Source: Pinterest

Kandungan asam asetat dan alfa-hidroksi asid (AHA) dalam cuka apel membantu mengelupas sel-sel kulit mati pada kulit. Sehingga kulit wajah tampak lebih cerah dan fresh. Proses eksfoliasi alami ini tidak hanya membersihkan pori-pori, tetapi juga merangsang regenerasi sel kulit baru yang dapat memperbaiki tekstur dan kecerahan kulit. Kalau ZALORAns memakainya secara teratur, cuka apel dapat membantu mengurangi tampilan bintik hitam dan menghaluskan kulit. 

Campurkan 1 sdm cuka apel dan 2 sdm air. Lalu, basahi kapas dengan larutan tersebut dan usapkan kapas ke seluruh permukaan wajah dengan lembut. Diamkan selama 15 menit. Bilas wajah menggunakan air hingga bersih.

4. AHA BHA

Kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid) dalam produk skincare memiliki kemampuan untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Kandungan AHA yang larut dalam air, bekerja di permukaan kulit untuk melonggarkan ikatan antar sel kulit mati, sehingga memudahkan proses pengelupasan.

Untuk BHA larut dalam minyak, menembus lebih dalam ke dalam pori-pori untuk membersihkan minyak dan kotoran yang menyumbat. Sehingga, membantu mencegah timbulnya masalah jerawat dan komedo. Kombinasi AHA dan BHA efektif dalam meratakan tekstur kulit, mencerahkan kulit kusam, serta merangsang regenerasi sel kulit baru.

Berikut ada beberapa pilihan produk skincare yang mengandung AHA BHA yang bisa ZALORAns coba!

1. Skintific 5% AHA BHA Exfoliating Toner

Source: Zalora

Campuran asam dan Probiotik Complex, bekerja sama untuk menghilangkan kotoran, sebum, dan sel kulit mati. Sekaligus memperbaiki tekstur kulit kasar dan kulit kusam. Kandungan Probiotik Complex juga mampu menyeimbangkan mikrobioma kulit dan memperkuat skin barrier. 

Serta, merawat dan mencegah timbulnya jerawat dan komedo untuk kulit tampak lebih glowing dan cerah. Bahan ini juga digunakan oleh SK II Facial Treatment Essence dan disebut “Pitera” oleh SKII, bahan yang terbukti efektif secara ilmiah membuat kulit lebih sehat dan kuat.

2. Somethinc AHA 7%, BHA 1%, PHA 3% Weekly Peeling Solution

Source: Somethinc

Produk dari Somethinc yang satu ini menjadi pilihan persentase dosis yang lebih kuat untuk ZALORAns yang terbiasa dengan bahan aktif AHA BHA PHA. Dengan kombinasi kandungan Mugwort dan Calendula yang mampu meningkatkan rutinitas eksfoliasi kulitmu.

Selain itu, juga dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat, mengangkat sel kulit mati, dan menyamarkan bekas jerawat. Serta, membantu mencerahkan kulit dan menjaga kelembaban kulit.

Baca juga : Cara Memutihkan Wajah dengan Skincare yang Tepat

5. Retinol

Retinol adalah salah satu bentuk vitamin A yang bermanfaat dalam mengangkat sel-sel kulit mati. Kandungan retinol bekerja dengan cara merangsang pergantian sel kulit dan meningkatkan regenerasi sel baru. Perlu diingat, jangan menggunakan skincare yang mengandung retinol dengan AHA BHA atau bahan aktif lainnya secara bersamaan ya! Karena bisa bikin kulitmu teriritasi.

ZALORA punya beberapa pilihan produk skincare yang mengandung retinol berikut ini:

1. Avoskin Miraculous Retinol Toner 

Source: Avoskin

Toner ini mengandung kombinasi Niacinamide, Retinol, Peptide, dan diperkaya dengan ekstrak buah pomegranate yang dapat menstimulasi regenerasi sel-sel kulit baru. Kandungan ini juga mampu meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Dapat mengurangi penampilan garis halus, menjaga elastisitas kulit, dan mencerahkan kulit.

Oleskan pada kulit yang bersih dan pastikan untuk menggunakan sunscreen pada hari berikutnya. Jika muncul iritasi atau kemerahan pada kulit, sesuaikan frekuensi penggunaan. Produk ini aman untuk digunakan pada malam hari.

2. Bhumi HPR Retinol Serum

Source: Zalora

Tentunya ZALORAns nggak mau kan sudah mulai muncul tanda-tanda penuaan dini pada wajahmu? Sekarang saatnya memutar waktu dan mengembalikan kulitmu seperti sedia kala! Serum anti-aging yang mengandung 1% Hydroxypinacolone Retinoate (HPR) dan 1% Retinol ini bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, seperti garis halus dan flek hitam.. Kandungan ini juga mampu mencerahkan kulit wajah akibat hiperpigmentasi pada kulit tanpa membuat iritasi kulit.

Baca juga : Rekomendasi Sabun Muka untuk Kulit Berminyak dan Komedo

Itulah beberapa cara mengangkat sel kulit mati dengan mudah. Selain menggunakan bahan alami, ZALORAns juga bisa melakukan perawatan rutin dengan pemakaian skincare yang tepat. Selain itu juga penting untuk rutin melakukan eksfoliasi guna membantu mengangkat sel kulit mati dan menjaga kulit wajah tetap bersih dan sehat.

Mau cari berbagai produk skincare yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama