Cara Mencukur Bulu Kemaluan yang Baik dan Sehat

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Mencukur bulu kemaluan sebenarnya bisa bikin ZALORAns merasa lebih bersih dan nyaman. Selain itu, ini juga membantu mengurangi kelembaban yang bisa bikin bakteri betah di sana. Kalau mau mencukur, pastikan alat cukurnya bersih dan tajam, biar nggak ada luka atau iritasi ya! 

Tahukah kamu bagaimana cara mencukur bulu kemaluan yang baik dan sehat? Yuk, simak penjelasan selengkapnya biar nggak salah berikut ini!

Baca juga : Obat Keputihan yang Ampuh dan Aman, Hempas Gatal!

Cara Mencukur Bulu Kemaluan yang Baik dan Sehat

1. Pilih Alat Cukur yang Tepat

Cara mencukur bulu kemaluan yang benar dan sehat dimulai dengan memilih alat cukur yang tepat. Pilihlah alat cukur khusus untuk area sensitif yang memiliki bilah tajam namun lembut pada kulit. Seperti, pisau cukur manual dengan pelindung atau trimmer elektrik yang dirancang khusus untuk area tubuh. 

Namun, menggunakan alat cukur manual lebih mampu mencapai area intim daripada alat cukur elektrik. Sehingga, hasilnya juga lebih maksimal. Pastikan alat cukur tersebut selalu dalam kondisi bersih dan tajam. Karena pisau cukur yang tumpul bisa menyebabkan iritasi, luka, atau rambut yang tumbuh ke dalam. 

2. Basuh dengan Air Hangat

Sebelum mencukur, ZALORAns bisa membasuh area kemaluan dengan air hangat. Bisa juga dengan mandi air hangat terlebih dahulu. Air hangat membantu melembabkan dan melembutkan rambut, sehingga lebih mudah dipotong dan mengurangi risiko iritasi atau luka.

Selain itu, air hangat juga membantu membersihkan kotoran dan bakteri yang mungkin menempel. Menjadikan area tersebut lebih higienis sebelum proses pencukuran. 

3. Menggunakan Krim Khusus Cukur

Untuk mempermudah, kamu bisa menggunakan krim cukur khusus. Langkah pertama adalah memilih krim yang diformulasikan untuk area sensitif agar terhindar dari iritasi. Pastikan kulit dalam keadaan bersih sebelum mengaplikasikan krim. Oleskan secara merata pada area yang ingin dicukur, kemudian biarkan selama beberapa menit sesuai petunjuk pada kemasan. 

Krim cukur ini bekerja dengan melunakkan bulu, sehingga proses pencukuran menjadi lebih mudah dan minim risiko luka. Setelah mencukur, bilas area tersebut dengan air hangat dan keringkan dengan lembut. 

4. Gunting Bulu Panjang Terlebih Dahulu

ZALORAns bisa memotong bulu kemaluan yang panjang terlebih dahulu. Gunakan gunting yang bersih dan tajam untuk mengurangi panjang bulu hingga pendek. Hal ini akan mempermudah proses pencukuran dan mengurangi risiko iritasi kulit. Pastikan gunting digunakan dengan hati-hati agar tidak melukai area sensitif. 

Setelah memotong bulu, ZALORAns dapat melanjutkan dengan mencukur menggunakan pisau cukur atau alat lainnya. ZALORAns bisa mencukur mulai dari atas ke bagian bawah sesuai dengan arah tumbuhnya rambut. 

5. Keringkan Bekas Cukuran dan Beri Lotion

Setelah langkah-langkah mencukur di atas sudah kamu lakukan, kemudian bersihkan dengan air hangat. Keringkan bekas cukuran dengan lembut menggunakan handuk bersih untuk menghindari iritasi. Setelah itu, aplikasikan baby oil atau lotion yang lembut dan bebas pewangi untuk menjaga kelembapan kulit serta mengurangi risiko iritasi atau kemerahan.

Pilih lotion dengan kandungan alami, seperti aloe vera atau chamomile yang memiliki sifat menenangkan dan mampu mencegah kulit kering atau gatal. 

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Pada Miss V dengan Mudah dan Cepat

Rekomendasi Sabun Area Kewanitaan

1. Sabun Miss V Dr Boyke Wish Feminine Hygiene Manjakani Extract

Source: Zalora

Premium Manjakani Extract Feminine Hygiene Produk Wish Dr Boyke adalah pembersih organ intim wanita kelas premium yang sangat lembut. Premium Manjakani Extract mengandung ekstrak tinggi Manjakani yang kaya akan Tanin, Acid Tanik, Vitamin A, B, dan E. Serta Ekstrak Piper Betle (Sirih) yang kaya minyak atsiri, sangat baik sebagai bahan antiseptik.

Dikombinasikan dengan ekstrak Areca atau buah pinang yang sudah turun temurun digunakan untuk mengesatkan organ intim dan membantu mengencangkan otot vagina. Buah pinang bersifat astringensia atau menciutkan selaput lendir.

Dengan pH seimbang dan kombinasi yang pas, menghasilkan pembersih organ intim yang sangat memuaskan. Premium Manjakani Extract sangat baik digunakan untuk mengesatkan daerah kewanitaan dan menghilangkan aroma tak sedap. Serta, menghilangkan gatal-gatal karena jamur dan keputihan. Sabun ini bisa menjadikan daerah intim kamu lembut, bersih, kesat, dan harum sepanjang hari!

2. Sabun Miss V Dr Boyke Wish Intimate Hygiene Extract Manjakani 

Source: Asmaraku

Manjakani Extract Intimate untuk merawat dan menjaga kesehatan daerah kewanitaanmu dapat dengan menggunakan pembersih khusus daerah intim wanita. Wish Intimate Hygiene Extract Manjakani memiliki pH yang sesuai dengan daerah kewanitaan. Serta mengandung ekstrak sirih sebagai antiseptik dan ekstrak buah manjakani yang sangat baik untuk menjaga juga merawat daerah kewanitaan. Sehingga terhindar dari keputihan dan tetap harum sepanjang hari.

Sabun ini dapat membersihkan dan mengharumkan daerah kewanitaan. Dengan Ekstrak Manjakani dapat mencegah iritasi dan Ekstrak Sirih sebagai antiseptik. Sabun ini aman dan nyaman digunakan sehari-hari. 

3. Sabun Miss V Dr Boyke Wish Intimate Hygiene Extract Floral

Source: Wish Boyke

Membersihkan dan mengharumkan daerah kewanitaan menggunakan sabun dari Dr Boyke ini bisa secara optimal menjaga dan merawat daerah kewanitaan. Dibuat dengan Ekstrak Bunga Chamomile, Mawar, dan Lavender untuk mencegah iritasi.

Pilihan lainnya ada Areca, Eucalyptus, Fruity, Manjakani, dan Tumeric. Ekstrak Sirih didalamnya dapat berfungsi sebagai antiseptik.

4. Sabun Sirih Purbasari

Source: Purbasari

Sabun pembersih khusus area kewanitaan atau feminine hygiene dari Purbasari ini mengandung bahan alami yang dipercaya untuk menjaga kebersihan dari bakteri dan jamur. Memiliki kandungan Tego Deo yang berfungsi mengurangi bau tak sedap di daerah kewanitaan. Sabun ini dapat menjaga pH balance area kewanitaan, sehingga aman digunakan setiap hari.

Tersedia dalam 4 aroma yang membuatmu semakin percaya diri dalam beraktifitas. Ada Purbasari sabun sirih natural, Purbasari sabun sirih Beauty, Purbasari sabun sirih Romantic, dan Purbasari sabun sirih Energic.

5. Purbasari Sabun Sirih Manjakani

Source: Purbasari

Purbasari sabun sirih Manjakani punya 4 whitening extract yaitu Bearberry, Mulberry, Lemon, dan Licorice. Kandungan ini tentunya dapat lebih ampuh mencerahkan pangkal paha. Sabun pembersih khusus area kewanitaan ini mengandung ekstrak Manjakani yang dapat mengatasi cairan berlebih, sehingga terasa rapat dan lebih kesat. 

Baca juga : Wajib Tahu 5 Cara Mudah Mengatasi Keputihan!

Itulah beberapa cara mencukur bulu kemaluan yang baik dan sehat. Gunakan sabun khusus area kewanitaan untuk perawatan yang maksimal.

Mau cari berbagai produk skincare yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

meta:

Penulis: Fitrian Nurentama