Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami, Wajah Cerah Berseri

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Apakah ZALORAns punya masalah kulit kusam? Ingin kulit yang cerah berseri dan sehat? Tak perlu skincare mahal-mahal, ZALORAns bisa banget lho memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitarmu untuk mendapatkan kulit cerah! Bahan alami memang tetap menjadi skincare terbaik tanpa campuran bahan lain, jadi dijamin aman deh!

Cara pengaplikasiannya pun mudah. Selain itu, gaya hidup yang sehat juga penting dalam membantu mendapatkan kulit cerah.

Ingin tahu bahan apa aja sih yang bisa kamu pakai? Serta, apa saja yang harus ZALORAns lakukan untuk mendukung hasil kulit cerah yang optimal? ZALORA sudah menyiapkan beberapa tips cara mencerahkan wajah secara alami khusus untukmu yang menginginkan kulit merona!

Yuk, intip tips simplenya berikut ini!

Baca juga : Reapply Sunscreen: Cara, Waktu, dan Manfaatnya

Bahan Alami untuk Mencerahkan Wajah

Bahan alami yang bisa mencerahkan kulit banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki manfaat kandungan yang luar biasa. Berikut beberapa bahan alami yang mudah ditemukan di sekitarmu:

1. Lemon

Lemon kaya akan vitamin C dan asam sitrat yang membantu mengurangi hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit. 

2. Madu

Dengan sifat antibakteri dan antioksidannya, madu tidak hanya melembabkan kulit tetapi juga membantu menyamarkan noda dan bekas jerawat. 

3. Lidah Buaya

Lidah buaya atau Aloe Vera yang dikenal akan kandungan aloinnya, berfungsi mencerahkan kulit secara alami dan meredakan peradangan. 

4. Kunyit

Dengan kandungan kurkumin, membuat kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu meratakan warna kulit dan mengurangi bintik hitam. Kurkumin juga dapat meningkatkan produksi kolagen dan membuat kulit tetap elastis dan cerah.

5. Yogurt 

Yogurt kaya akan asam laktat dapat membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan memberikan kilau alami pada kulit. 

6. Tomat

Kaya akan vitamin C dan antioksidan, tomat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus. Kandungan likopen dalam tomat berfungsi sebagai pelindung alami terhadap sinar UV dan membantu mencegah kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Selain itu, tomat juga memiliki sifat astringent yang dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih.

7. Pepaya

Kandungan enzim papain dalam pepaya memiliki kemampuan eksfoliasi alami yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga kulit terlihat lebih cerah dan segar. Terdapat pula kandungan vitamin C dan E.

Kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan, membantu melawan radikal bebas dan mencegah tanda-tanda penuaan dini. Beta-karoten yang terdapat dalam pepaya juga berperan penting dalam regenerasi sel kulit. Menjadikan kulit lebih halus dan kenyal. 

Baca juga : 5 Rekomendasi Sunblock Badan Terbaik Lindungi Kulit dari Belang

Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami

1. Mengendalikan Pikiran dari Stres

Stres dapat mempengaruhi kesehatan kulitmu lho! Kalau kamu stres, maka bisa meningkatkan hormon kortisol, dimana hormon ini berpengaruh terhadap aliran darah ke kulit.

Sehingga, bisa menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat, kusam, dan penuaan dini. Dengan mengelola stres, ZALORAns bisa memperbaiki kondisi kulitmu secara keseluruhan. 

Lakukan aktivitas relaksasi seperti yoga atau sekadar berjalan-jalan di alam terbuka untuk menenangkan pikiran.

2. Membersihkan Wajah Rutin

Apakah ZALORAns sering beraktivitas di luar ruangan atau memakai makeup? ZALORAns wajib membersihkan wajahmu dari debu dan sisa makeup sebelum tidur. Sisa makeup dan kotoran yang menumpuk dapat menyumbat pori-pori.

Sehingga, bisa menyebabkan kulit kusam dan memicu masalah kulit seperti jerawat. 

Mulailah dengan menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu untuk menghapus semua kotoran dan residu makeup. Membersihkan wajah dengan benar akan membantu kulit bernapas dan mempercepat regenerasi sel kulit. 

Source: Zalora

ZALORAns bisa menggunakan facial wash maupun micellar water favoritmu! Seperti Cetaphil Gentle Skin Clean yang selalu menjadi andalan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif sekalipun. Pembersih wajah ini diformulasikan sebagai pengganti sabun untuk kulit kering, normal, kombinasi dan berjerawat.

Formula hypoallergenic yang lembut dan efektif mampu membersihkan sekaligus melembabkan kulit.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Ketika tubuh mendapatkan cairan yang cukup, kolagen yang penting untuk elastisitas dan kekencangan kulit akan terjaga dengan baik. Selain itu, kelembapan kulit pun akan tetap terjaga, menghindari kulit dari kekeringan dan tampilan kusam.

Air putih membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh yang dapat memperbaiki tekstur kulit.

4. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga tidak hanya bermanfaat untuk kebugaran tubuh, tetapi juga memberikan dampak positif bagi kesehatan kulit lho! Ketika berolahraga, aliran darah meningkat, membawa lebih banyak oksigen dan nutrisi ke sel-sel kulit. Sehingga, membantu memperbaiki dan meregenerasi sel-sel kulit yang rusak. 

Selain itu, keringat yang keluar selama berolahraga membantu membersihkan pori-pori dari kotoran dan minyak berlebih.

Sehingga, mengurangi risiko jerawat dan masalah kulit lainnya. Aktivitas fisik juga membantu mengurangi stres yang sering kali menjadi penyebab utama masalah kulit seperti jerawat.

5. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi memiliki pengaruh besar pada kesehatan dan kecantikan kulit. Nutrisi yang diperoleh dari makanan seperti vitamin, mineral, dan antioksidan berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dari dalam. 

Misalnya, Vitamin C dan E membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Asam lemak omega-3 dari ikan dan kacang-kacangan membantu menjaga kelembaban dan elastisitas kulit.

Pola makan yang kaya buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein sehat dapat memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

6. Tidur Cukup

Siapa nih yang hobi begadang? Sekarang jangan begadang lagi ya! Selain buruk bagi kesehatan tubuh, begadang juga bisa bikin kulit terlihat kusam lho! Setidaknya, ZALORAns memiliki waktu tidur 7 jam perhari.

Mengapa? Karena saat tidur, tubuh melakukan proses regenerasi sel-sel kulit. Memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, polusi, dan stres. 

Kurang tidur dapat menyebabkan kulit terlihat kusam dan munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Serta, mempercepat tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus. 

7. Menggunakan Sunscreen

Pentingnya menggunakan sunscreen dan melakukan reapply sunscreen tidak bisa diabaikan dalam rutinitas perawatan kulit. Sunscreen merupakan perlindungan utama kulit dari paparan sinar UV yang dapat menyebabkan kerusakan kulit.

Melakukan aplikasi sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan merupakan suatu kewajiban kalau ZALORAns tidak ingin kulitmu terbakar. 

Namun, perlindungan ini tidak cukup hanya dengan sekali aplikasi. Reapply lah sunscreen setiap dua jam sekali atau lebih sering, terutama setelah berenang atau berkeringat secara berlebihan. Agar kulitmu tetap terjaga dari sinar UV. 

Source: Beauty Haul

Agar lebih mudah dalam reapply sunscreen, ZALORAns bisa memilih sunscreen spray seperti Luxcrime Ultra Fine Sunscreen Spray SPF 50 PA+++. Sunscreen dengan SPF50+++ dapat menyegarkan penampilanmu dan memberikan perlindungan UV untukmu sepanjang hari! Dengan hasil akhir yang tidak lengket, formula ini dilengkapi dengan Aloe Vera, Green Tea Extract, dan Niacinamide untuk menutrisi kulit.

Sunscreen ini juga bisa dikenakan di atas riasan lho! Kocok sebelum digunakan, lalu semprotkan secukupnya untuk mendapatkan SPF tengah hari yang sempurna!

Baca juga : Rekomendasi Skincare Bikin Glowing Terbaik

Nah, itulah beberapa cara mencerahkan wajah secara alami yang bisa ZALORAns mulai lakukan dari sekarang. Menjaga kesehatan kulit merupakan langkah awal dalam mendapatkan kulit cerah dan sehat.

Apakah ZALORAns sudah melakukan tips cara mencerahkan kulit wajah diatas? Pastinya kamu akan memperoleh hasil kulit cantik dan cerah! 

Mau cari berbagai produk skincare yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama