Cara Membuat Skincare Sendiri, Mudah dan Aman

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Pernahkah ZALORAns terpikir untuk membuat skincare sendiri di rumah? ZALORAns bisa membuat skincare sendiri, lho! Dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di dapur atau toko bahan organik, kamu bisa meracik produk perawatan kulit yang aman dan efektif. 

Selain lebih ekonomis, skincare buatan sendiri juga memungkinkan kamu menghindari bahan kimia berbahaya yang sering terdapat pada produk komersial. Jadi, kenapa tidak mencobanya? Kulit sehat bisa kamu dapatkan dengan perawatan alami yang diracik sendiri di rumah!

Lalu, bagaimana cara membuat skincare sendiri? ZALORA sudah merangkum beberapa cara membuat skincare yang bisa ZALORAns lakukan sendiri di rumah dengan mudah berikut ini! Selain itu, ZALORA juga sudah menyiapkan alternatif produk skincare yang aman untuk kamu gunakan sebagai perawatan kulit harianmu!

Baca juga : Penyebab Bruntusan di Wajah dan Skincare untuk Mengatasinya

Cara Gampang Membuat Skincare Sendiri

1. Body Scrub dari Kopi

Source: Pinterest

Scrub kopi mengandung butiran kasar yang efektif mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga menjadikan kulit lebih halus. Selain itu, minyak alami dalam kopi membantu melembabkan kulit, membuat kulit terasa lembut dan kenyal setelah menggunakannya. Dengan aroma khasnya yang menyegarkan, body scrub dari kopi ini bisa memberikan pengalaman spa yang menyenangkan!

Cukup campurkan bubuk kopi dengan olive oil dan madu, kemudian aduk hingga merata. Gosokkan pada kulit tubuh dengan gerakan melingkar, terutama pada area yang kasar seperti siku dan lutut. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Penggunaan body scrub kopi secara rutin dapat membuat kulit terasa lebih halus, lembut, dan bercahaya.

Source: Zalora

Kalau ZALORAns ingin yang praktis, kamu bisa menggunakan Scarlett Whitening Body Scrub Coffee! Scrub ini akan membantu mengangkat sel kulit mati serta merawat kulitmu agar tetap halus, lembut, dan tidak kering. Kandungan Glutathione di dalamnya dapat mencerahkan dan meratakan warna kulit.

Selain itu, juga mampu menjaga kelembaban dan elastisitas kulit. Serta, kandungan antioksidan nya membuat kulit lebih kuat, sehat, dan terlihat lebih glowing.

Adapun kandungan Vitamin E yang dapat mengurangi iritasi ringan pada kulit, merawat kekencangan kulit, serta menjaga kelembaban dan elastisitas kulit. Vitamin E dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar UV

Oleskan body scrub ke tangan atau tubuh secara merata. Diamkan 2-3 menit lalu gosok secara perlahan. Bilas dengan air hingga bersih. Gunakanlah body scrub ini seminggu 2x.

Baca juga : Muncul Jerawat di Hidung? Ini Penyebab dan Skincare yang Tepat

2. Eye Mask dari Mentimun

Source: Pinterest

Kandungan air yang sangat tinggi di dalam mentimun membuatnya ideal untuk hidrasi dan penyegaran area di bawah mata. Mentimun juga kaya akan asam askorbat (vitamin C) dan asam caffeic, yang keduanya membantu mengurangi pembengkakan dan iritasi pada kulit. Vitamin C yang ada juga berguna untuk mencerahkan kulit dan mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

Penggunaan irisan mentimun sebagai eye mask dapat membantu dalam merawat dan memperbaiki kondisi kulit di sekitar mata.

Bagaimana cara membuat eye mask dari mentimun? Gampang banget! Blender mentimun dengan sedikit air. Rendam kapas ke dalam jus mentimun tersebut, lalu simpan ke dalam lemari es selama 2-3 jam. Tempelkan kapas tersebut pada bawah mata dan diamkan hingga 15 menit.

Source: Zalora

Selain membuat eye mask sendiri, ZALORAns juga bisa memakai produk eye mask dari Cooling Cucumber Eye Sheet Mask! Eye mask ini mampu melembabkan area sekitar mata yang cenderung lebih tipis. Memberikan sensasi dingin yang menyegarkan dan kelembaban yang luar biasa, bisa digunakan sebelum menggunakan makeup. Cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit kering. 

Pakailah eye mask ini di bawah mata dan biarkan selama 15 menit. ZALORAns bisa sambil melakukan apapun yang kamu mau! Namun, jangan biarkan terlalu lama! Angkat dan pijat lembut untuk membantu penyerapan. 

3. Moisturizer dari Lidah Buaya

Source: Pinterest

Gel lidah buaya mengandung lebih dari 75 komponen aktif, termasuk vitamin, mineral, enzim, dan asam amino. Vitamin seperti A, C, dan E berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Mineral seperti kalsium, magnesium, dan zinc membantu menenangkan kulit dan mempercepat proses penyembuhan. 

Selain itu, kandungan polisakarida dalam lidah buaya berfungsi untuk mengunci kelembaban, menjaga kulit tetap terhidrasi. Enzim yang terdapat dalam lidah buaya juga membantu mengelupas sel kulit mati, memberikan efek fresh dan cerah pada kulit. 

Cara membuat moisturizer dari lidah buaya ini dengan membelah daun lidah buaya menjadi dua. Ambil bagian gel lidah buaya menggunakan sendok dan letakkan ke dalam wadah tertutup. Diamkan selama 10 menit untuk menghilangkan resin agar kulit tidak iritasi saat menggunakannya. Aplikasikan ke seluruh wajah. ZALORAns bisa menyimpan moisturizer ini di dalam lemari es dan menggunakannya kembali hingga 2 bulan.

Source: Zalora

ZALORAns bisa juga menggunakan Sensatia Botanicals Aloe Vera Botanical Gel yang bisa langsung kamu pakai sebagai skincare harianmu! Dingin, ringan, dan menyegarkan, Aloe Vera Botanical Gel dapat digunakan dari ujung kepala hingga ujung kaki lho! Gunakan pada wajah, tubuh, rambut atau bahkan kuku untuk memberikan kelembaban ekstra. 

Ekstrak lidah buaya dan gotu kola mampu melembabkan dan membantu merawat kulit yang iritasi. Selain itu, kandungan Gotu kola juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu mencegah penuaan dini.

Sedangkan, kandungan Sodium Hyaluronate dapat membantu menjaga kelembaban kulit secara instan yang tahan lama. Gel ini cocok juga untuk dipakai oleh ibu hamil dan menyusui.

Baca juga : Kenali Ciri Ciri Kulit Sensitif dan Tipe Skincare yang Cocok

Nah, itulah beberapa cara membuat skincare sendiri dengan mudah. Namun, kalau ZALORAns ingin yang praktis, bisa menggunakan produk skincare yang dijual di pasaran. Selain mudah ditemukan, ZALORAns tak perlu repot lagi deh!

Mau cari berbagai produk skincare yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama