Inilah Cara Ampuh Mengatasi Uban di Usia Muda, Jangan Khawatir!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Munculnya uban di usia muda bisa bikin kaget, tapi sebenarnya hal ini cukup umum terjadi kok! Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan uban muncul lebih cepat, salah satunya adalah genetik. Kalau orang tua ZALORAns cepat beruban, kemungkinan besar kamu juga akan mengalaminya. 

Selain itu, stres berlebihan juga bisa jadi penyebab uban muncul lebih dini karena bisa memengaruhi sel-sel pigmen di rambut. Kekurangan nutrisi seperti vitamin B12 atau kebiasaan gaya hidup yang kurang sehat, seperti merokok, juga bisa memicu rambut jadi putih lebih cepat. Jadi, nggak cuma faktor usia aja yang bikin uban muncul.

Ketika uban mulai muncul, ZALORAns tak perlu khawatir! ZALORA punya beberapa tips cara mengatasi uban yang muncul di usia muda. Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Baca juga : 4 Vitamin untuk Rambut Kering dan Cara Menggunakannya

Tips Cara Mengatasi Uban di Usia Muda

1. Hindari Perawatan Rambut Berbahan Keras

Produk-produk seperti pewarna rambut kimia, bleach, atau produk styling dengan bahan kimia keras bisa mempercepat kerusakan rambut dan memicu munculnya uban lebih cepat. Bahan kimia tersebut bisa merusak melanin, pigmen alami yang memberikan warna pada rambut, sehingga rambut jadi lebih cepat memutih. 

Solusinya, pilih produk perawatan rambut yang lebih alami dan bebas dari bahan kimia agresif. Coba gunakan shampo, conditioner, dan masker rambut yang mengandung bahan alami. Seperti minyak kelapa, argan, atau lidah buaya untuk menjaga kesehatan rambut dan memperlambat proses munculnya uban.

2. Konsumsi Makanan Bernutrisi dan Kaya Antioksidan

Makanan seperti sayuran hijau, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut. Selain itu, makanan kaya antioksidan seperti berry, kacang almond, dan wortel juga dapat melindungi sel-sel rambut dari kerusakan akibat radikal bebas.

Mengatur pola makan dan memastikan asupan nutrisi yang cukup, ZALORAns bisa memperlambat munculnya uban dan menjaga rambut tetap sehat dan berkilau.

3. Menggunakan Minyak Kelapa untuk Perawatan Rambut

Minyak kelapa kaya akan asam lemak dan nutrisi yang bisa membantu menjaga kesehatan rambut dan memperkuat akar rambut. Dengan rutin memijatkan minyak kelapa ke kulit kepala dan rambut, ZALORAns bisa meningkatkan sirkulasi darah di area tersebut. Sehingga, membantu nutrisi sampai ke folikel rambut. 

Minyak kelapa juga memiliki sifat antioksidan yang bisa melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas dan faktor lingkungan. Gunakan minyak kelapa sebagai masker rambut seminggu sekali dengan membaurkannya pada rambut dan biarkan selama beberapa jam sebelum dibilas. ZALORAns bisa melanjutkan dengan keramas hingga bersih.

4. Menggunakan Masker Campuran Jahe dan Madu

Cara mengatasi munculnya uban di usia muda bisa dengan menggunakan masker campuran jahe dan madu secara rutin. Jahe dikenal memiliki sifat yang baik untuk meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala yang dapat merangsang pertumbuhan rambut sehat.

Selain itu, jahe juga mengandung antioksidan yang membantu melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel rambut. Jahe yang dicampur dengan madu dapat membantu menjaga kelembaban rambut dan kulit kepala.

Untuk membuat masker ini, cukup campurkan beberapa ruas jahe yang sudah diparut dengan dua sendok makan madu. Oleskan campuran ini ke kulit kepala dan rambut, lalu pijat lembut selama beberapa menit. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan shampo. Lakukan secara rutin seminggu sekali dan semoga hasilnya bisa bikin rambut ZALORAns lebih sehat dan mengurangi kemunculan uban!

5. Minum Jus Wortel

Tak hanya baik untuk kesehatan mata saja, wortel juga bisa membantu mengatasi munculnya uban lho! Wortel kaya akan kandungan beta-karoten yang merupakan sumber vitamin A. Nutrisi ini dapat menjaga kesehatan sel-sel di tubuh, termasuk sel-sel pigmen rambut. 

Dengan mengonsumsi wortel secara rutin, produksi melanin yang memberi warna pada rambut bisa terjaga, sehingga memperlambat proses munculnya uban. Selain itu, wortel juga memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas.

Tambah wortel ke dalam menu dietmu untuk menjaga rambut tetap sehat! ZALORAns bisa memakan berbagai olahan wortel atau meminum jus wortel secara rutin.

Baca juga : Perming Rambut: Definisi, Tips, Jenis dan Perawatannya

Rekomendasi Hair Mask Terbaik

1. Hairlab Hair Mask 

Source: ZALORA

Hair mask dari Hairlab ini merupakan multi-benefit hair perfector mask yang diformulasikan dengan kandungan Powerbond. Hair Perfector Mask terkonsentrasi dapat menutrisi, menguatkan, menambah kilau dan kehalusan rambut.

Serta memberi kelembaban intens untuk merawat rambut rusak. Rambut terlihat lebih sehat dan terhindar dari kerusakan rambut.

2. Everline Structura Restructuring Mask

Source: ZALORA

Masker dengan Ceramide A2 ini berfungsi untuk memperbaiki dan memperkuat serat rambut yang rapuh. Sekaligus memberi nutrisi dan melembabkan rambut, menjadikan rambut kuat dan sehat.

Disarankan untuk rambut yang kusam, rusak akibat proses kimia, dan untuk merawat rambut normal. Merestrukturisasi rambut yang kusam, menjadikan rambut lebih lembut dan sehat.

3. The Body Shop Banana Hair Mask

Source: ZALORA

Masker rambut ini memiliki kandungan Community Trade organic banana puree dari Ekuador dan brazil nut oil dari Peru untuk membantu melembabkan dan menutrisi setiap helai rambut. Dapat digunakan mingguan sebagai perawatan mingguan.

Pijatkan pada rambut yang telah dibersihkan, biarkan selama 10 menit. Kemudian bilas hingga bersih. Gunakan seminggu sekali untuk hasil yang maksimal.

4. Diane Power Treatment Hair Mask

Source: ZALORA

Diane Power Treatment Hair Mask adalah produk perawatan rambut dari Jepang yang terbuat dari bahan natural. Masker ini mengandung 3D Damage Repair dan Highly Moisturizing Protein dengan wangi Musk yang menyegarkan. Manfaatnya yaitu untuk memperbaiki rambut yang rusak dari luar dalam.

Menjaga kelembaban rambut, sehingga rambut menjadi lebih lembut, berkilau, dan mudah diatur. Selain itu, juga menjaga warna rambut agar tidak luntur. Serta, melindungi rambut dari penggunaan hair dryer.

Terdiri dari Ultra-Nourshing keratin, Ceramide, dan Nano-Argan Oil yang meresap dan memperbaiki kerusakan rambut secara intens dari luar hingga ke dalam batang rambut. Berfungsi untuk menyerap dan menjaga kelembaban rambut. Sehingga, semakin sering digunakan, rambut semakin lembut dan mudah diatur.

Baca juga : Cara Agar Rambut Tidak Mengembang, Lebih Halus dan Lembut

Itulah beberapa cara mengatasi uban yang muncul di usia muda. Lakukan juga beberapa perawatan rambut menggunakan hair care yang tepat untukmu.

Mau cari berbagai produk hair care terbaik dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama