Kenali Perbedaan Cushion dan Foundation, Serupa tapi Tak Sama!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Untuk mendapatkan hasil makeup yang flawless, cushion dan foundation adalah dua produk penting yang harus dipilih dengan tepat. Pemilihan produk cushion atau foundation yang sesuai dengan undertone kulitmu juga perlu diperhatikan. Selain itu, sesuaikan formula produk dengan jenis kulitmu. Kalau kulit kamu kering, cushion atau foundation dengan efek dewy bisa bikin tampilan lebih fresh. Untuk kulit berminyak, foundation atau cushion matte lebih cocok. 

Meskipun sama-sama dijadikan sebagai base makeup, foundation dan cushion berbeda lho! Apakah ZALORAns tahu perbedaannya? Kalau masih bingung, yuk simak beberapa perbedaan antara cushion dan foundation yang perlu ZALORAns tahu sebelum memulai makeup berikut ini!

Baca juga : Apa itu Oksidasi Makeup? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Perbedaan Cushion dan Foundation

1. Kemasan

Ketika membandingkan kemasan cushion dan foundation, perbedaan yang paling mencolok adalah pada desainnya. Cushion biasanya dikemas dalam wadah bulat atau compact case yang terbuat dari bahan plastik. Lengkap dengan spons atau puff di dalamnya yang digunakan untuk mengaplikasikan produk. Wadah ini memiliki sistem penutup yang rapat, menjaga formula tetap aman dan mencegah kebocoran. 

Berbeda dengan foundation yang biasanya hadir dalam bentuk botol atau tube dengan berbagai pilihan penutup, seperti pump, squeezy tube, atau aplikator biasa. Botol foundation cenderung lebih ramping.

2. Cara Pengaplikasiannya

Cushion dan foundation adalah dua produk makeup yang sering digunakan untuk memberikan coverage pada kulit. Namun keduanya memiliki cara pengaplikasian yang berbeda lho! Cushion dibuat dalam kemasan compact dengan spons aplikator yang sudah termasuk dalam kemasan. Pengaplikasiannya dengan cara menepuk spons ke dalam cushion yang berisi formula cair, kemudian ditepuk-tepuk secara lembut ke seluruh wajah. Sehingga, hasilnya lebih ringan dan natural, serta memudahkan touch-up sepanjang hari. 

Sebaliknya, karena foundation tersedia dalam kemasan botol atau tube, maka perlu diaplikasikan menggunakan brush, beauty blender, atau jari. Foundation memberikan hasil yang lebih full coverage dan dapat di build sesuai kebutuhan. 

3. Tekstur dan Formula

Cushion biasanya sudah dilengkapi dengan kandungan skincare di dalamnya. Tekstur foundation biasanya lebih cair dibandingkan cushion yang teksturnya agak kental, sehingga mudah diaplikasikan dengan aplikator. ZALORAns juga lebih mudah mengatur coverage nya jika menggunakan foundation.

4. Coveragenya

Foundation bisa memberikan coverage yang lebih penuh dan dapat disesuaikan, mulai dari medium hingga full coverage. Tergantung pada formula dan aplikator yang digunakan.

Sehingga, kalau ZALORAns punya noda bekas jerawat atau imperfection lainnya pada wajah, bisa banget pakai foundation sebagai base makeup kamu. Dengan menggunakan foundation, ZALORAns bisa menghasilkan tampilan yang lebih flawless dan merata. 

Sedangkan, cushion menawarkan coverage yang lebih ringan dan natural. Meskipun cushion dapat memberikan lapisan coverage yang cukup untuk menyamarkan kekurangan ringan, hasil akhirnya cenderung lebih sheer dan fresh. Kalau buat tampilan makeup sehari-hari, cushion menjadi pilihan sempurna untukmu!

5. Pilihan Shades dan Hasil Akhirnya

Cushion umumnya tersedia dalam rentang shade yang lebih terbatas dibandingkan foundation. Banyak brand menawarkan hanya beberapa pilihan warna yang telah dibuat untuk memenuhi berbagai tone kulit. Sehingga, shade yang tersedia biasanya lebih universal dan mudah menyesuaikan dengan berbagai warna kulit. 

Sebaliknya, foundation menawarkan pilihan shade yang lebih banyak, termasuk shade untuk berbagai undertone dan warna kulit. Sehingga, ZALORAns dapat lebih mudah menemukan shade yang match dan lebih tepat dengan warna kulitmu. 

Dari segi hasil akhir, cushion cenderung memberikan tampilan yang lebih dewy dan glowing yang menyatu dengan kulit, meskipun ada juga yang hasil akhirnya matte atau satin. Membuatnya cocok untuk ZALORAns yang mencari kesan natural dan nggak berat di wajah. 

Hasil akhir foundation bisa lebih bervariasi tergantung pada formulanya, memberikan tampilan yang ZALORAns inginkan.

Baca juga : 7 Rekomendasi Foundation yang Bagus dan Oksidasi Minim

Rekomendasi Foundation dan Cushion Terbaik

1. Peripera Mood Vegan Glow Cushion

Source: Zalora

Cushion ini memiliki tekstur yang ringan dan dapat memberikan tampilan dewy-glow finish-looking makeup. Dengan kandungan Niacinamide, Squalane, dan Adenosine mampu menjaga agar kulit tetap lembab walau menggunakan makeup.

Memiliki kandungan sunscreen SPF 50+ PA++++ yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu, cushion ini juga mengandung Olive extract dan ekstrak zaitun yang baik untuk kulit.

2. Holika Holika Reliefit Cica Clear Cushion

Source: Holika Holika

Makeup dan skin care menjadi satu dengan Cushion Foundation yang menempel baik pada kulit. Dengan tekstur yang sangat ringan di wajah, hasil akhir semi matte dan kandungan skin care yang sangat baik untuk kulit yang sedang bermasalah. Seperti, jerawat dan kemerahan.

Cushion ini mengandung Panthenol, CICA, dan Chamomile yang memberikan efek menenangkan pada kulit kemerahan dan jerawat. Mampu mengurangi kerutan pada wajah dengan kandungan Acacia Peptide. Terdapat kandungan Niacinamide untuk mencerahkan dan kandungan Ceramide untuk menghidrasi kulit. Ada pula perlindungan UV dengan SPF 50+ PA+++ di dalamnya. 

Holika Holika Reliefit Cica Clear Cushion begitu ringan di kulit dengan minimal transfer pada masker. Coveragenya medium to full dengan dilengkapi aplikator air puff yang lembut dan memaksimalkan coverage pada wajah, sehingga mampu menghasilkan makeup semi matte.

3. L’Oreal Paris Infallible 32H Matte Cover Foundation

Source: Sociolla

L’Oreal Paris Infallible 32H Matte Cover Foundation menjadi andalan L’Oreal Paris yang mampu bertahan lama hingga 24 jam dengan hasil matte yang alami. Diformulasikan dengan konsentrasi pigmen yang tinggi dan kandungan SPF 18. Sehingga, mampu menahannya dari keringat dan juga panas. Bersifat transfer proof dan waterproof. Tersedia dalam beberapa pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan tone kulit wajahmu.

4. The Body Shop Fresh Nude Foundation

Source: Zalora

Fresh Nude Foundation ini selalu menghadirkan shade yang akan ada warna untuk kulitmu. Nggak peduli kulit terang atau gelap, kemerahan atau kekuningan, inilah waktunya The Body Shop hadir dengan makeup untuk semua! Foundation ini juga terasa melembabkan dengan kandungan vitamin E dan Aloe Vera yang terasa nyaman dan bebas gumpal di kulit. Rasakan ZALORAns versi percaya diri dan berkilau alami, bukan kamu dengan makeup tebal yang bikin nggak nyaman!

Baca juga : 4 Rekomendasi YSL Cushion Terbaik untuk Kulitmu

Sekarang udah tahu kan perbedaan cushion dan foundation? Kalau ZALORAns lebih suka makeup pakai cushion atau foundation nih?

Mau cari berbagai produk makeup yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama