Obat Jerawat Adapalene : Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Adapalene adalah salah satu bahan aktif yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit, terutama untuk mengatasi jerawat. Adapalene termasuk dalam kelompok retinoid yang berfungsi untuk mempercepat pergantian sel kulit, membersihkan pori-pori, dan mengurangi peradangan. 

Penggunaan adapalene secara teratur dapat membantu mencegah munculnya jerawat baru, mengurangi bekas jerawat, serta memperbaiki tekstur kulit. Namun, saat pertama kali digunakan, adapalene bisa menyebabkan efek samping. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan produk ini secara bertahap dan selalu diikuti dengan pelembab serta sunscreen di pagi hari.

Kalau ZALORAns mengalami purging di awal pemakaian, itu wajar kok! Proses ini biasanya berlangsung beberapa minggu sebelum kulit mulai menunjukkan perbaikan yang nyata.

Yuk, intip manfaat, dosis, dan efek samping ketika menggunakan Adapalene yang perlu kamu ketahui berikut ini!

Baca juga : Manfaat Masker Beras, Kulit Cerah dan Glowing!

Dosis dan Cara Menggunakan Adapalene

Dosis Adapalene biasanya tergantung pada bentuk sediaannya (gel, krim, atau lotion) dan kondisi kulit. Berikut adalah dosis umumnya:

1. Untuk Jerawat Ringan hingga Sedang 

  •    Adapalene digunakan sekali sehari, biasanya pada malam hari.
  • Oleskan lapisan tipis pada area yang terkena jerawat setelah membersihkan wajah. 

2. Konsentrasi Adapalene: 

  • Biasanya tersedia dalam konsentrasi 0,1% atau 0,3%.
  • Mulailah dengan konsentrasi 0,1% jika baru pertama kali menggunakannya, karena konsentrasi ini lebih lembut di kulit.

Cara menggunakan Adapalene cukup mudah. Sebelumnya, cuci dan keringkan tangan, serta area yang berjerawat. Oleskan krim atau gel Adapalene pada area yang berjerawat, namun hindari mengoleskan obat ke area mata, lipatan hidung, atau bibir. Jika obat mengenai area tersebut, segera bersihkan dengan air.

Kalau ZALORAns lupa menggunakan Adapalene, lewati pemakaian obat pada waktu itu dan jangan menggandakannya pada pagi atau siang keesokan harinya. Lanjutkan penggunaan sesuai jadwal yang telah ditentukan. 

Jangan memperbanyak jumlah krim atau gel yang dioleskan, karena ini dapat meningkatkan risiko efek samping. Efek dari adapalene biasanya baru terlihat setelah 8–12 minggu atau lebih. Pada minggu awal penggunaan, jerawat mungkin akan muncul lebih banyak karena Adapalene akan memunculkan jerawat yang sebelumnya tersembunyi di bawah kulit. 

Jika setelah beberapa minggu awal belum ada kemajuan, tetap lanjutkan pengobatan sesuai arahan dokter. Konsultasikan jika jerawat masih tidak membaik setelah 3 bulan penggunaan. Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan. 

Baca juga : Apa itu Tretinoin? Manfaat, Cara Penggunaan, dan Efek Samping

Efek Samping Penggunaan Adapalene

  1. Kulit kering dan bersisik
  2. Kulit kemerahan
  3. Kulit perih atau terasa panas
  4. Kulit Mengelupas 

Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berjerawat

1. NAMA Careskin Acne Spot Treatment Gel

Source: ZALORA

Apakah ZALORAns siap untuk meninggalkan jerawat bandel? Jangan biarkan jerawat menghalangi kepercayaan dirimu! Hanya dalam 24 jam, nikmati kulit wajah bersih dan bercahaya dengan Careskin Acne Spot!

Kandungan utama dari Basil Extract sebagai antimikroba dan anti inflamasi yang bekerja baik dalam merawat kulit berjerawat. Acne spot ini mampu meningkatkan kelembaban dan hidrasi kulit dengan kandungan Glycerin dan Rehmannia Root Extract. Sehingga kulit menjadi lebih halus.

Kandungan Salicylic Acid yang akan membantu kulit melepaskan sel-sel kulit mati dari lapisan atas dan menjaga pori-pori tetap bersih. Kemampuannya dalam meredakan kemerahan, inflamasi, kulit teriritasi, dan gatal berkat kandungan Centella Asiatica Extract dan Willow Bark Extract.

Kandungan Vitamin E, Melia Azadirachta Leaf, dan Flower Extract akan menutrisi dan melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Glycolic Acid yang bekerja mengeksfoliasi sel-sel kulit mati agar kulit lebih halus. Untuk mempercepat perbaikan kulitnya berkat kandungan Lactobacillus atau Pear Juice Ferment Filtrate dan

Soybean Extract. Kandungan inilah yang akan memperbaharui sel-sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen untuk menenangkan kulit. 

Kandungan Baikal Skullcap Root Extract untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat photoaging, seperti penuaan dini hingga luka jerawat dan flek. Serta, kandungan Amur Cork Tree Bark Extract dan Houttuynia Cordata Extract yang akan memperkuat keefektivitasan Acne Spot.

2. ERHA Acneact BHA & Sulphur Acne Spot Gel

Source: ZALORA

Gel jerawat dari ERHA ini terbukti dapat merawat kulit berjerawat dan noda hitam bekas jerawat. Dengan kandungan BHA dan Sulfur mampu melawan bakteri penyebab jerawat, mempercepat pengeringan jerawat, dan membantu eksfoliasi sel kulit mati.

Adapun kandungan 4% Niacinamide yang menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Dikembangkan dengan formula dermatologi ERHA AcneAct BHA dan Sulphur Acne Spot Gel adalah gel yang dapat merawat kulit jerawat dan noda bekas jerawat.

3. ERHA21 Acne Spot Treatment Calamine & Sulfur 5%

Source: ZALORA

Dengan formula dermatologi, ERHA21 Acne Spot Treatment Calamine & Sulfur 5% adalah krim perawatan berwarna merah muda untuk mengatasi masalah jerawat ringan hingga sedang. Dibuat dengan kandungan aktif Sulfur 5% dan asam salisilat BHA 2% yang ampuh melawan bakteri penyebab jerawat.

Diperkaya juga dengan kandungan 10% Calamine dan Double Soothing Agents untuk membantu menenangkan iritasi ringan dan kemerahan akibat jerawat.

4. SOMETHINC ACNE SHOT AC Overnight Treatment Spot Cream

Source: ZALORA

Acne spot dalam bentuk pasta ini dibuat dengan kombinasi 10x Acne Combat Power untuk melawan bakteri penyebab jerawat dan membantu mengeringkan jerawat sejak 12 jam. Selain itu, juga mampu mengurangi kemerahan dan membantu mengurangi tekstur kasar akibat jerawat tanpa meninggalkan bekas menghitam. 

Disarankan untuk digunakan di malam hari. Oleskan secara tipis dan merata menutupi area kulit yang berjerawat. Biarkan semalaman. Gunakan setelah pengaplikasian pelembab.

5. BLP Skin – SOS Acne Gel

Source: ZALORA

SOS Acne Gel adalah teman baikmu untuk merawat dan mengempeskan jerawat! Dengan bahan aktif utama Encapsulated Salicylic Acid, SOS Acne Gel sanggup melawan bakteri P. acnes penyebab jerawat tanpa membuat kulit terasa kering.

Rasakan tekstur gelnya yang nyaman dan soothing di kulit yang sedang berjerawat. Kandungan Camellia Sinensis Leaf Extract dan Allantoin membantu menenangkan kulit kemerahan serta merawat tekstur kulitmu.

Bersihkan wajah terlebih dahulu, lalu aplikasikan SOS Acne Gel di area berjerawat. Pakai pagi dan malam hari untuk hasil yang lebih maksimal.

Apakah ZALORAns punya masalah jerawat yang tak kunjung sembuh? Cobalah menggunakan Adapalene secara rutin untuk menyembuhkan jerawatmu!

Baca juga : Rekomendasi Cream Pemutih Wajah Tercepat dan Ampuh

Mau cari berbagai produk skincare yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama