Apa itu Tretinoin? Manfaat, Cara Penggunaan, dan Efek Samping

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Tretinoin adalah obat topikal yang termasuk dalam kategori retinoid, yaitu turunan dari vitamin A. Tretinoin sering digunakan dalam perawatan kulit, khususnya untuk mengatasi jerawat, mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput, serta membantu memperbaiki tekstur kulit. 

Cara kerjanya adalah dengan mempercepat proses regenerasi sel kulit, sehingga membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru yang lebih sehat. Tretinoin juga membantu mencegah penyumbatan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih, sehingga efektif dalam mengatasi jerawat.

Tretinoin biasanya tersedia dalam bentuk krim atau gel dan digunakan sekali sehari, umumnya pada malam hari. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli dermatologi sebelum memulai penggunaan tretinoin.

Yuk, ketahui selengkapnya mengenai tretinoin sebelum menggunakannya berikut ini!

Baca juga : Rekomendasi Serum untuk Kulit Kering, Berikan Hidrasi Ekstra

Manfaat Tretinoin

Tretinoin memiliki berbagai manfaat luar biasa untuk kulit. Tretinoin sangat efektif dalam mengatasi jerawat dengan cara mencegah penyumbatan pori-pori, mengurangi produksi minyak, dan mempercepat pengelupasan sel-sel kulit mati. 

Selain itu, tretinoin juga berfungsi untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti keriput, flek hitam, dan garis halus, sehingga kulit tampak lebih muda dan bercahaya.Tretinoin juga dapat meningkatkan tekstur kulit, menjadikannya lebih halus dan merata. Serta, membantu mencerahkan kulit dengan mengurangi hiperpigmentasi dan flek hitam akibat sinar matahari. 

Tak hanya itu, Tretinoin juga merangsang produksi kolagen, menjaga elastisitas, dan kekencangan kulit, serta mengatur produksi minyak bagi ZALORAns yang memiliki kulit berminyak. 

Dosis dan Cara Penggunaan Tretinoin

Umumnya Tretinoin digunakan 1 kali sehari sebelum tidur. Namun, dosis pemakaiannya bergantung pada kondisi kulitmu dan masalah yang ingin diatasi. Tretinoin dapat mengontrol gejala jerawat, tetapi tidak menyembuhkannya. Pada minggu pertama hingga kedua penggunaan, keadaan jerawat biasanya akan memburuk.

Namun, jangan khawatir! Lanjutkan pemakaian obat ini karena jerawat akan terlihat mulai membaik setelahnya. Perawatan jerawat ini membutuhkan waktu 2 hingga 3 minggu, atau bisa juga lebih dari 6 minggu.

Cucilah tangan dan area wajah yang akan diobati. Pastikan kulit benar-benar kering dengan menunggu sekitar 20 hingga 30 menit sebelum mengaplikasikan Tretinoin. Ambil obat dengan ujung jari, lalu oleskan obat pada area yang berjerawat dengan lapisan tipis. Hindari kontak dengan mata, telinga, mulut, sudut hidung, atau area vagina. Jangan aplikasikan pada area kulit yang terbakar sinar matahari. Gunakanlah secukupnya agar tidak terjadi iritasi.

Efek Samping Penggunaan Tretinoin

Efek samping ringan yang biasa terjadi sebagai berikut:

  1. Kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari
  2. Kulit kemerahan.
  3. Kulit terasa terbakar, nyeri, gatal, atau iritasi.
  4. Kulit terasa sedikit hangat atau kesemutan di area aplikasi.
  5. Terjadi perubahan warna pada kulit yang diobati.

Efek samping yang lebih serius sebagai berikut:

  1. Sakit tenggorokan.
  2. Gejala alergi, seperti gatal-gatal dan kesulitan bernapas
  3. Terbakar, kesemutan, atau iritasi kulit yang parah.
  4. Kemerahan, pembengkakan, lepuh, pengelupasan, atau kerak yang parah.

Baca juga : Manfaat DNA Salmon untuk Wajah, Auto Glowing!

Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berjerawat

1. Acnes Creamy Wash

Source: ZALORA

Krim pencuci dan pembersih wajah ini mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, juga dapat mengurangi peradangan (kemerahan) pada kulit wajah akibat jerawat. Serta, menghilangkan minyak berlebih dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori. Pembersih wajah ini mengandung Vitamin C dan E sebagai antioksidan, serta melindungi kulit wajah dari radikal bebas, dan melembutkan kulit wajah.

2. Murad Acne Daily Clarifying Peel

Source: ZALORA

Murad Acne Daily Clarifying Peel mengandung AHA (asam glikolat) yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang mengakibatkan kulit kusam dan untuk menghaluskan tekstur kulit. Ada pula kandungan BHA (asam salisilat) untuk membantu untuk mengecilkan pori-pori.

Kandungan Retinoid di dalamnya berperan dalam membantu meningkatkan pergantian sel kulit, sehingga menghaluskan tekstur kulit. Adapun kandungan Ekstrak alpukat yang membantu menghaluskan kulit dan mengurangi kadar minyak pada kulit.

Gunakan pada malam hari. Kocok produk terlebih dahulu, kemudian aplikasikan ke seluruh wajah menggunakan kapas, tidak perlu dibilas dan gunakan 1-2x dalam seminggu. Lanjutkan penggunaan Clarifying Oil-Free Water Gel dan Oil and Pore Control Mattifier SPF 45 pada pagi hari.

3. Nutrishe Acne & Blemish Advanced Serum

Source: ZALORA

Nutrishe Acne & Blemish Advanced Serum adalah serum yang berfokus mengatasi masalah jerawat dan noda bekas jerawat. Serum ini mengandung Salicylic Acid yang berfungsi meredakan jerawat dan mengangkat minyak berlebih. 

Kandungan Niacinamide nya berfungsi memudarkan bekas jerawat dan memperbaiki tekstur kulit. Terdapat pula kandungan Mugwort extract yang berfungsi melawan bakteri penyebab jerawat. Kandungan Centella asiatica extract sebagai healing ingredients yang juga berfungsi menenangkan kulit.

Usap serum pada wajah atau bagian wajah yang berjerawat, ratakan hingga meresap sempurna. Untuk memaksimalkan kinerja serum, gunakan tabir surya pada pagi hari.

4. Votre Peau Salicylic Acid Acne Toner

Source: ZALORA

Salicylic Acid Toner dengan kandungan Salicylic Acid membantu mengurangi minyak penyebab jerawat, regenerasi sel, dan membuat pori-pori terlihat lebih halus. Serta, dapat mengurangi kolonisasi bakteri penyebab jerawat. Toner ini dilengkapi dengan 5 Powerful ingredients ampuh atasi jerawat lho!

Terdapat kandungan Salicylic Acid yang membantu penetrasi untuk cegah produksi minyak berlebih akibat jerawat. Kandungan Lactic Acid lebih lembut dan lebih menghidrasi dibandingkan dengan jenis AHA lainnya.

Selain itu, terdapat kandungan Witch Hazel yang dapat membantu menenangkan kulit serta membantu permasalahan jerawat. Kandungan Allantoin di dalamnya dapat menghidrasi dan melembabkan kulit dan bantu mengecilkan pori-pori kulit. Serta, kandungan Zinc PCA yang melembabkan kulit dan mengontrol produksi minyak berlebih.

Toner ini mampu mengatasi 4 masalah penyebab jerawat sebagai berikut:

  • Banyaknya kulit mati yang menyumbat pori-pori kelenjar pilosebasea.
  • Produksi minyak jerawat (sebum) yang berlebihan.
  • Pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes.
  • Proses peradangan sebagai reaksi terhadap bakteri atau kuman yang muncul di wajah, serta penggunaan produk-produk yang dihasilkan bakteri atau kuman tersebut. 

5. Scarlett Whitening Aqua Reset & Barrier Acne Peace Gel Moisturizer 5% Heartleaf-Salicylic Acid

Source: ZALORA

Aqua Reset & Barrier Acne Peach Gel Moisturizer ini mampu meningkatkan kekuatan kulit. Dengan Multi Microbial Defense dari Heartleaf dan Encapsulated Salicylic Acid untuk bertindak cepat dalam menenangkan jerawatmu dan efektif melawan bakteri penyebab jerawat. Diperkaya juga dengan Witch Hazel Extract dan Tea Tree yang memiliki 2x oil balancing formula untuk menjaga keseimbangan kadar minyak di kulit.

Itulah manfaat, cara penggunaan, dan efek samping yang perlu ZALORAns ketahui sebelum menggunakan Tretinoin pada kulitmu.

Mau cari berbagai produk skincare yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama