Wajib Tahu 5 Cara Mudah Mengatasi Keputihan!

Keputihan adalah peristiwa alami yang seringkali dialami perempuan, bahkan beberapa di antaranya merasa dag-dig-dug atau risih karenanya. Wajar sih, soalnya beberapa jenis keputihan bisa jadi pertanda penyakit, lho! Tetapi sebelum itu, ada baiknya mengenal apa itu keputihan dulu, yuk!

Jenis-jenis keputihan

Nah, berdasarkan gambar di atas, ada beberapa macam jenis keputihan dari yang normal sampai abnormal. Keputihan normal biasanya ditandai dengan bentuk seperti air dengan bentuk dan tekstur cair dan bening. Keputihan jenis tersebut adalah tanda keputihan normal, selama tidak diikuti bau tidak sedap, rasa sakit, dan gatal berlebihan.

Lalu, bagaimana dengan keputihan abnormal? Contoh keputihan abnormal akan terlihat seperti keju dengan tekstur kental, bergumpal, berwarna putih/kuning kehijauan dan abu-abu dengan disertai rasa sakit, bau dan gatal.

Sebenarnya, keputihan adalah cara mandiri area privat perempuan membersihkan diri dari bakteria, jamur hingga sel-sel mati. Jadi selama intensitasnya normal, keputihan adalah hal wajar yang terjadi pada perempuan.

Normalkah keputihan setiap hari?

Umumnya, keputihan mengikuti fase menstruasi setiap perempuan, yaitu sejak fase menstruasi, ovulasi, hingga menstruasi lagi. Dalam setiap fase, jenis keputihannya pun berbeda. Selain untuk membersihkan area intim juga bisa memberi info tentang masa subur, lho! Kurang lebih seperti ini siklusnya, nih!

Siklus Normal Keputihan

Jadi, keputihan setiap hari bisa jadi normal atau tidak tergantung karateristik dan perasaan yang ditimbulkan, contoh rasa panas, nyeri, dan sakit. Normalnya keputihan akan lebih sering muncul dengan intensitas yang lebih banyak saat menjelang ovulasi dan masa ovulasi. Perlu digarisbawahi, jika keputihan diiringi dengan rasa sakit, gatal dan bau tak sedap, kamu harus segera memeriksakan ke dokter, ya!

Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Mengatasi keputihan kerap kali menjadi topik yang selalu dicari oleh kaum perempuan. Beberapa mungkin merasa tidak nyaman dengan hal itu. Tetapi, keputihan sebenarnya adalah hal baik yang tidak perlu dihilangkan atau dibasmi karena itu adalah salah satu cara Vagina membersihkan dan menjaga bagian intim tetap sehat dan bersih. Namun, ada beberapa keadaan yang perlu diatasi dan dilakukan untuk mencegah munculnya keputihan secara berlebihan.

Keputihan bisa dipengaruhi oleh rasa lelah, tingkat kebersihan seseorang. Oleh karena itu, keputihan dapat dihilangkan secara alami. Berikut beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk mengatasi keputihan secara alami.

  1. Stop penggunaan sabun dengan wewangian atau aroma tertentu langsung ke dalam area intim atau melakukan douching.
  2. Gunakan celana dalam berbahan 100% katun. Material katun akan memberikan ruang “bernapas”. Jika perlu tidurlah tanpa menggunakan pakaian dalam.
  3. Hindari memakai pakaian ketat terlalu lama.
  4. Bersihkan dari depan ke belakang untuk mencegah bakteri atau kotoran dari anus masuk ke dalam vagina.
  5. Jika sedang menstruasi, rutinlah mengganti pads/tampon/menstrual cups.

Nah, ini dia beberapa rekomendasi produk yang bisa mendukungmu menghilangkan keputihan!