Tak Ada Gunanya Beli Collagen Drink, Kalau Belum Tahu Hal ini

Oke, jadi aku ingin cerita sedikit tentang pengalaman ku beli salah satu collagen drink, yang memang lagi hits banget di berbagai kalangan.

Claim-nya adalah produk ini bisa bikin kulit jadi lebih cerah dan sehat, hampir mirip dengan produk-produk kolagen pada umumnya.

Di samping itu, katanya, khasiat produk ini akan terlihat barang 7–14 hari. Siapa sih, yang nggak tertarik untuk beli produk tersebut? Oke, aku putuskan untuk beli lah produk ini.

Setelah produknya sampai ke aku dan aku pakai, hasilnya nihil. Tidak seperti yang dikatakan oleh customer service-nya. Jelaslah, aku nggak terima dengan hal ini.

Tapi aku sadar. Di satu sisi, aku juga melakukan hal-hal yang sebenarnya justru “membunuh” kelebihan dari produk kolagen itu.

Mungkin, produk kolagennya tidak salah dari berbagai sisi. Mungkin, memang ada khasiat, di mana produk ini akan bikin muka jadi lebih cerah dan glowing.

Semua produk, tidak bisa bekerja sendirian. Produk luar atau produk konsumsi dalam, tidak akan memiliki khasiat, apabila juga tidak di bantu dari kita, sebagai konsumen.

Dari sini, aku sadar, bahwa memang ada yang salah selama aku mengkonsumsi (produknya bubuk yang diseduh) produk kolagen ini.

Keluar rumah tanpa perlindungan

Kamu sedang mengkonsumsi minuman kolagen yang diklaim akan bikin kulit menjadi seputih salju dan se-glowy artis Korea, tapi kamu masih tetap keluar rumah tanpa sunscreen atau tabir surya? Sama aja bohong!

Sebenarnya, tubuh manusia memproduksi kolagen secara alami. Hanya saja, seiring berjalannya waktu, produksi kolagen dalam tubuh akan menurun, berbarengan dengan bertambahnya usia. Sedih, kan?

Makanya, banyaklah menjamur produk kolagen untuk men-support kolagen alami tubuh, untuk tetap memproduksi zat yang dibutuhkan oleh kulit itu.

Tapi, kalau kamu keluar rumah atau melakukan aktifitas outdoor tanpa perlindungan, ya jadinya kulit akan kewalahan untuk melindungi kulit dari sinar UVA-UVB.

Alhasil, produk kolagen kamu tidak bisa melakukan pekerjaanya dengan maksimal, karena mereka sibuk memperbaiki permukaan kulit yang rusak.

Makan makanan yang tidak sehat

Kamu adalah apa yang kamu makan

Photo by Alan Hardman on Unsplash

Masih ingat dengan kutipan di atas? Kamu adalah sosok dari apa yang kamu makan.

Kalau kamu makan makanan sehat dan cukup gizi, sudah dipastikan kamu adalah sosok yang sehat.

Berbeda halnya, apabila kamu gemar makan junk food, tinggi kalori dan tidak bergizi, maka tubuh akan merubah kamu seperti apa yang sudah kamu makan.

Ini adalah kesalahan yang aku lakukan saat meminum produk kolagen tersebut. Aku malas olahraga dan sukar untuk makan makanan bergizi dan sehat.

Dilansir Hellosehat, makanan berminyak mengandung banyak lemak yang buruk untuk kesehatan dan sumber berbagai penyakit kronis, seperti obesitas, penyakit jantung, kanker payudara, kanker usus besar, dan penyakit lain.

Di samping itu, makanan yang tidak kaya gizi, juga akan mempercepat proses penuaan kulit dan menurunkan produksi kolagen.

Sering begadang atau kurang tidur

Photo by Kinga Cichewicz on Unsplash

Apa kamu sadar, saat kamu begadang, kulit wajah akan cenderung kendur dan menyebabkan kerutan di beberapa area?

Jangan pernah begadang untuk sesuatu hal yang sejatinya, bisa dikerjakan besok hari. Jangan korbankan kecantikan kulit untuk begadang.

Saat aku mengkonsumsi produk kolagen itu, yang aku lakukan adalah begadang menyelesaikan tulisan dan berharap, produk kolagen akan membantu kulit tetap cerah.

Tapi, ternyata hal ini salah!

Produk kecantikan, apapun jenisnya juga butuh bantuan kita.

Kurang tidur malam, makan makanan yang rendah gizi dan berbagai pola hidup tidak sehat lainnya, hanya akan membuat kulit menjadi stres dan manfaat produk kecantikan apapun tidak akan terserap ke dalam kulit.

Kurang minum air

Pria berkaos putih sedang meminum air.
Photo by Nigel Msipa on Unsplash

Ya. Aku tidak bercanda saat mengatakan, kurang minum air akan berdampak buruk pada kulit wajah kamu.

Apa yang aku sering minum? Minuman bersoda dan kopi. Apa aku pernah minum air mineral dalam sehari? Bisa dihitung pakai jari.

Hal di atas menyebabkan tampilan wajah ku terlihat lebih tua dari umur asli ku. Terima kasih. Silahkan tertawa.

Komposisi dalam tubuh manusia terdiri dari 70% air. Saat kamu berolahraga, kerja, stres, deg-degan, demam panggung dan bahkan cemas, kesemua itu menurunkan kadar air dalam tubuh.

Air adalah komponen utama bagi kulit. Kulit tanpa air bagaikan gurun sahara. Gersang. Kering dan tanpa kehidupan.

Kalau kondisi di atas terus diabaikan, hasilnya seperti kulit ku. Kulit wajah mulai kendur, garis tawa sudah mulai kelihatan, dan ada kerutan di area mata. Bahkan, produk kolagen sekalipun sepertinya angkat tangan dengan kondisi kulit ku ini.

Sama seperti bala bantuan yang datang untuk berperang, produk kolagen hadir untuk membantu kondisi kulit kamu yang rusak.

Karena sifatnya yang hanya membantu, kamu juga harus membantu mereka untuk memaksimalkan benefit yang ada.

Adapun hal yang bisa membantu produk kolagen agar bisa menutrisi kulit wajah kamu adalah,

  1. minum air setiap hari dengan rutin;
  2. hindari mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan tak bergizi;
  3. usahakan untuk membentuk pola tidur yang cukup;
  4. memakai tabir surya dengan SPF15 — SPF30++ maksimal 30 menit sebelum beraktifitas;
  5. cobalah untuk membentuk kebiasaan yang sehat.

Apa kamu sudah melakukan hal-hal di atas?

Artikel ini ditulis oleh Ananda Fani Muhammad di Thread Zalora