Rekomendasi Retinol untuk Pemula, Rawat Kulit Sejak Dini!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Retinol memiliki berbagai manfaat bagi kulit, menjadikannya salah satu bahan skincare yang paling dicari saat ini. Dengan kemampuannya dalam mengurangi kerutan dan garis halus, retinol merangsang produksi kolagen dan elastin. Sehingga kulit tampak lebih kencang dan elastis. 

Retinol juga bisa memperbaiki tekstur kulit dengan mempercepat pergantian sel, membantu menghaluskan bekas jerawat dan noda serta memudarkan hiperpigmentasi. Bahan ini juga efektif dalam mengurangi jerawat dengan membersihkan pori-pori dari sel-sel kulit mati dan minyak berlebihan. Semua manfaat ini menjadikan retinol sebagai pilihan utama dalam rutinitas perawatan kulit untuk mencapai kulit yang lebih cerah, halus, dan tampak muda.

Buat ZALORAns yang baru mau mencoba menggunakan retinol dalam rangkaian skincaremu, sebaiknya pilih skincare yang mengandung retinol dengan konsentrasi rendah terlebih dahulu. ZALORA punya beberapa pilihan produk retinol yang cocok untuk pemula dan bisa kamu coba berikut ini!

Baca juga : Rekomendasi Serum Retinol Cegah Penuaan Dini

Produk Retinol untuk Pemula

1. SOMETHINC Level 1% Encapsulated Retinol

Source: Somethinc

Didukung dengan Teknologi Enkapsulasi, membuat serum ini lebih stabil dan memiliki efikasi wrinkle reducer 2x lebih efektif dari retinol biasa, namun tetap gentle. Serum ini mampu menyamarkan kerutan halus dan membantu mengencangkan kulit. Serta, mampu menjaga keremajaan dan kekenyalan kulit dengan Retinol yang merupakan Gold Standard for Anti-Aging.  

Selain itu, serum ini juga mengandung 4-t-Butylcyclohexanol yang teruji secara klinis dapat meredakan gejala iritasi (burning & stinging reaction) dengan cepat. Gunakan pada malam hari dan wajib gunakan sunscreen di pagi harinya.

Gunakan 5 – 10 tetes serum ke telapak tangan. Tekan perlahan telapak tangan ke wajah yang telah dibersihkan. Lalu, tepuk-tepuk serum dengan gerakan ke luar dan ke atas sampai benar-benar merata ke wajah serta leher. Tunggu selama 1-3 menit hingga produk terserap sepenuhnya.

Untuk pemula disarankan menggunakan produk selang satu hari agar kulit lebih terbiasa.

Jika kamu pemula dalam menggunakan skincare dan sedang menggunakan serum yang mengandung Niacinamide, gunakan di selang rutinitas. Misalkan, pada pagi hari gunakanlah skincare berbahan Niacinamide, lalu untuk malam harinya gunakan skincare berbahan Retinol.

2. SOMETHINC 1% Pure Retinol + Squalane 

Source: Somethinc

10x Advanced Retinol yang merupakan versi paling murni dari Retinol yang dikenal sebagai Gold Standard untuk membantu mencegah tanda penuaan dini. Serum ini mengandung Retinol berbasis oil yang sangat potent dan stabil sehingga tidak mudah teroksidasi.

Dilengkapi dengan Squalane sebagai Natural Moisturizing Factors (NMF) untuk menjaga kekenyalan kulit. Gunakan pada malam hari dan selalu gunakan sunscreen di pagi hari.

3. Natasha Botanical Home Peeling With Retinol

Source: Natasha Skin

Natasha by dr Fredi Setyawan Botanical Home Peeling With Retinol mengandung Retinol, Tranexamic Acid, Glabridin, Red Algae dan ekstrak Botanical dengan Retinol Nanosome. Serta kandungan bahan aktif unggulan untuk menyamarkan keriput dan flek.

Molekul Retinol diubah menjadi ukuran nano sehingga sangat mudah masuk ke dalam kulit. Sehingga, secara efektif merangsang pembentukan kolagen untuk kulit sehat yang senantiasa awet muda.

Baca juga : Apa Saja Kandungan Skincare Yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan?

4. KYMM SKIN Gold Retinol Anti Aging Serum

Source: Kymm Skin

Serum anti aging ini mampu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, menghaluskan kulit dan meremajakan kulit. Selain itu, juga dapat membantu mencerahkan kulit dan menjaga kulit tetap kencang dan kenyal. Diperkaya dengan Niacinamide, Centella Asiatica Extract, Retinol, dan Hyaluronic Acid.

Teteskan Retinol Serum secukupnya ke telapak tangan. Usapkan ke bagian wajah dan leher, lalu tepuk perlahan hingga meresap sempurna. Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen pada pagi harinya.

5. GEUT REJUVENATE Overnight Retinol Care

Source: Geut

Serum ini diperkaya dengan antioksidan dan kaya nutrisi dari Jojoba Oil, Marula Oil, Peptide Complex, vitamin E dan F. Kandungan ini mampu mempertahankan kelembaban dan memelihara barier kulit. 

Serum wajah malam hari ini mengandung Retinol, Niacinamide, dan Peptide Complex yang berfungsi untuk bekerja mengeksfoliasi secara perlahan dari dalam kulit. Serum ini dapat membantu mengembalikan siklus alami 28 hari peremajaan kulit, menenangkan efek purging, dan menstimulasi produksi kolagen untuk memperbaiki tekstur kulit. Selain itu, juga dapat mengembalikan elastisitas kulit, mengecilkan pori-pori, dan menyamarkan tanda penuaan dini. Seperti, garis halus, kerut, pigmentasi, dan bekas luka atau jerawat.

Pada malam hari, oleskan 1-2 pump secara merata di wajah dan leher. Gunakan 2 kali seminggu selama beberapa minggu pertama pemakaian dan tingkatkan penggunaan secara bertahap ke selang hari. Wajib aplikasikan pelembab wajah setelah pemakaian retinol dan aplikasikan tabir surya pada keesokan harinya.

6. ERHA Age Corrector Nightcharge – Retinol & Phytosqualane

Source: Erha Store

Booster series adalah rangkaian produk dengan formulasi khusus yang dapat digunakan tersendiri. Bisa juga dicampurkan dengan produk perawatan kulit lainnya untuk meningkatkan efek serum atau pelembab.

Dengan formula dermatologi, ERHA Age Corrector Nightcharge Booster merupakan produk yang berfungsi secara aktif mendukung proses peremajaan kulit. Serta, menyamarkan tanda-tanda penuaan dini.

Dengan kandungan Retinol 1% dalam Phytosqualane dan Jojoba Oil, booster ini mempercepat proses regenerasi kulit dan menyamarkan pori-pori kulit. Kandungan Phytosqualane dan Jojoba Oil juga secara aktif menjaga kulit tetap lembab dan ternutrisi. Kandungan didalamnya juga dapat dijadikan sebagai antioksidan dan mampu menenangkan kulit. 

7. Bhumi HPR Retinol Serum

Source: Zalora

Sekarang saatnya memutar waktu dan mengembalikan kulitmu seperti sedia kala. Serum anti-aging yang mengandung 1% Hydroxypinacolone Retinoate (HPR) dan 1% Retinol untuk mencegah penuaan dini. Selain itu, juga dapat menghilangkan tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan flek hitam. Serta, mencerahkan kulit wajah akibat hiperpigmentasi pada kulit tanpa membuat iritasi kulit.

Retinol Complex sebagai formula yang stabil tanpa membuat kulit wajah sensitif dan iritasi memiliki tekstur lembut. Memberikan regenerasi pada kulit dengan cara lebih baik dan aman. Kandungan 2% Madu dan Camellia Flower Extract sebagai peranan penting untuk memperbaiki dan memperkuat lapisan kulit (skin barrier). Serta, bekerja sebagai antioksidan untuk melindungi kulit wajah dari radikal bebas dan polusi. 

Serum ini juga mengandung Prickly Pear Stem Extract, Wild Pansy dan 1% Ferulic Acid yang membantu produksi kolagen pada kulit. Sehingga, menghasilkan kulit wajah menjadi lembut dan sehat. Ajak kulitmu menjadi lebih sehat, cerah dan lebih muda!

Baca juga : Manfaat Retinol untuk Wajah dan Cara Penggunaan yang Benar

Rekomendasi produk retinol di atas bisa kamu coba karena cocok dan aman untuk pemula. Temukan produk-produk retinol terbaik di atas hanya di ZALORA!

Mau cari berbagai produk skincare yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama