Rekomendasi Masker Alami untuk Memutihkan Wajah

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Salah satu perawatan wajah adalah dengan menggunakan masker wajah. Setidaknya ZALORAns perlu menggunakan masker wajah seminggu tiga kali. Apa sih manfaat dari memakai masker secara rutin? Tentunya banyak khasiat dari kandungan masker yang baik untuk kesehatan kulitmu. 

Meskipun sudah banyak produk masker di pasaran, ZALORAns bisa juga lho membuat masker sendiri dari bahan alami di sekitarmu! Ada bahan apa aja sih yang bisa ZALORAns pakai sebagai masker alami untuk memutihkan wajah? Sebelum itu, yuk intip dulu beberapa manfaat masker bagi kulitmu berikut ini! 

Baca juga : Tips Cara Glowing Alami Agar Cantik Natural

Manfaat Masker Bagi Kulit Wajah

1. Menutrisi Kulit

Dengan berbagai macam bahan alami dan bermanfaat yang terkandung di dalamnya, masker wajah dapat membantu memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit. Sehingga, kulitmu tetap sehat dan bersinar. Bahan-bahan alami yang biasanya digunakan sebagai masker, seperti tomat, mentimun, lidah buaya yang kaya vitamin yang baik untuk kesehatan kulitmu.

2. Membersihkan Wajah Secara Menyeluruh

Masker ini memiliki formulasi khusus yang dapat membantu mengangkat kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Selain itu, masker wajah juga dapat membantu membersihkan wajah secara menyeluruh setelah menggunakan pembersih muka.

Dengan menggunakan masker secara teratur, kulit wajah akan terasa lebih bersih, segar, dan lebih cerah. Terlebih lagi, masker wajah juga dapat membantu menyempurnakan penyerapan produk perawatan kulit lainnya seperti serum.

3. Melembabkan Kulit

Apakah kulitmu kering? Jangan khawatir, dengan rutin menggunakan masker wajah yang mengandung madu atau lidah buaya dapat melembabkan kulit wajahmu! Masker ini bekerja secara intensif untuk memberikan kelembaban yang dibutuhkan oleh kulit.

Saat dioleskan dan dibiarkan selama beberapa menit, masker tersebut meresap ke dalam kulit. Memberikan hidrasi yang mendalam dan meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, masker wajah juga dapat membantu mengurangi kekeringan, menjaga kulit tetap lembut, dan segar. 

4. Mencerahkan Kulit

Masker yang mengandung bahan-bahan alami seperti vitamin C, ekstrak buah-buahan atau bahan-bahan pemutih alami dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi. Serta, meratakan warna kulit. 

Baca juga : 4 Rekomendasi Masker Wajah yang Bagus dan Ampuh

Masker Alami untuk Memutihkan Wajah

1. Bengkuang

Source: Pinterest

Bengkuang dikenal sebagai bahan pencerah kulit sejak lama. Banyak masker di pasaran yang dibuat menggunakan kandungan bengkuang. ZALORAns bisa membuat masker alami dari bengkuang di rumah lho! Untuk membuat masker bengkuang, pertama-tama kupas dan parut bengkuang segar. Kemudian, peras parutan bengkuang untuk mendapatkan airnya.

Campurkan air bengkuang dengan sedikit madu untuk meningkatkan kelembaban kulit. Bisa juga tambahkan sedikit yogurt untuk efek mencerahkan tambahan. 

Setelah campuran tercampur rata, aplikasikan pada wajah yang bersih dan biarkan selama sekitar 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Gunakan masker ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal untuk kulitmu.

2. Kunyit

Source: Pinterest

Masker kunyit telah lama digunakan untuk perawatan kulit karena manfaatnya yang luar biasa. Kunyit mengandung zat anti-inflamasi dan anti-oksidan yang dapat membantu merangsang regenerasi sel kulit. Kandungan curcumin di dalamnya juga dapat menghambat pembentukan melanin. Sehingga cocok untuk mengatasi masalah jerawat, kulit kusam, dan penuaan dini.

Campurkan kunyit bubuk dengan bahan lain seperti yogurt, madu, atau susu, sesuai dengan jenis kulit dan masalah yang ingin diatasi. Misalnya, campuran kunyit dan yogurt cocok untuk kulit berminyak. Campuran kunyit dan madu lebih baik untuk kulit kering.

Setelah mencampurkan bahan-bahan tersebut hingga merata, aplikasikan masker pada wajah yang bersih. Biarkan selama 15 menit. Lalu, bilas hingga bersih. 

3. Lemon

Source: Pinterest

Masker lemon memiliki banyak manfaat untuk kulit karena kandungan vitamin C dan Alpha Hydroxy Acids (AHA) alami yang terdapat di dalamnya. Vitamin C membantu mencerahkan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Kandungan AHA berperan dalam mengangkat sel kulit mati dan merangsang regenerasi kulit baru. 

Untuk membuat masker lemon, peras satu buah lemon dan campurkan air perasannya dengan satu sendok makan madu atau oatmeal untuk efek yang lebih menenangkan. Aplikasikan campuran tersebut pada wajah yang bersih, hindari area mata. Diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat dan lanjutkan dengan pelembab favoritmu.

Setelah menggunakannya, maka kulit lebih sensitif, sehingga ZALORAns harus menggunakan pelembab dan sunscreen agar tidak kering dan tidak terbakar.

Baca juga : 5 Masker Rambut Terbaik untuk Rambut Kering dan Mengembang

4. Yogurt

Source: Pinterest

Asam laktat yang terkandung dalam yogurt dapat membantu pengelupasan sel kulit mati, sehingga kulit tampak lebih cerah dan halus. Selain itu, yogurt juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menenangkan kulit yang iritasi atau kemerahan. Yogurt juga mengandung zinc yang dapat membantu mengurangi jerawat dan mengontrol produksi minyak berlebih.

Untuk membuat masker yogurt cukup mudah kok! Siapkan beberapa sendok makan yogurt alami tanpa rasa. Bersihkan wajah terlebih dahulu, lalu oleskan yogurt secara merata ke seluruh wajah. Diamkan selama 15-20 menit agar nutrisi dalam yogurt meresap ke dalam kulit.

Setelah itu, bilas wajahmu. Gunakan masker ini secara rutin, sekitar 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal. 

5. Lidah Buaya

Source: Pinterest

Pasti ZALORAns sudah tidak asing lagi dengan sejuta manfaat dari lidah buaya bukan? Tak hanya bagus untuk kekuatan dan kesehatan rambut saja, namun juga baik untuk wajah lho! Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, terutama berkat kandungan senyawa aloin dan aloesin di dalamnya. Senyawa ini berfungsi menghancurkan dan mencegah pembentukan melanin, sehingga dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi munculnya noda hitam. Selain itu, lidah buaya juga dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan melembabkan yang dapat membantu mengatasi iritasi dan kulit kering.

Bagaimana sih cara bikin masker alami dari lidah buaya? Gampang banget kok! ZALORAns bisa ambil daun lidah buaya segar dan potong menjadi beberapa bagian. Cuci lidah buaya dan ambil bagian gelnya yang berwarna bening. Aplikasikan gel tersebut langsung ke wajahmu, lalu biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Masker lidah buaya ini dapat digunakan secara rutin sebanyak dua hingga tiga kali seminggu. Pemakaian masker lidah buaya yang rutin bisa membuatmu mendapatkan kulit yang lebih cerah, lembab, dan sehat!

6. Teh Hijau

Source: Pinterest

Teh hijau kaya akan EGCG (Epigallocatechin gallate) yang dikenal mampu menghambat pembentukan melanin. Teh hijau bisa membantu mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Manfaat lainnya termasuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan mencegah penuaan dini.

Seduh satu kantong teh hijau dalam setengah cangkir air panas dan biarkan hingga dingin. Setelah itu, keluarkan kantong teh dan ambil daunnya. Lalu campurkan dengan satu sendok teh yogurt atau gula dan satu sendok makan madu hingga merata. Oleskan campuran ini ke wajah secara merata. Biarkan selama 10-15 menit. kemudian bilas hingga bersih. 

Baca juga : 8 Cara Meniruskan Pipi, Alami Tanpa Operasi!

Nah, itulah beberapa manfaat dan bahan untuk membuat masker alami untuk memutihkan wajah. Coba intip di dapur maupun di sekelilingmu, adakah salah satu dari bahan alami diatas yang bisa ZALORAns manfaatkan sebagai masker? Buruan cobain deh di rumah, rasakan sensasi dan manfaatnya! Lakukan secara rutin untuk hasil kulit cantik dan cerah lebih cepat dan optimal.

Mau cari berbagai produk skincare terbaik yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama