5 Rekomendasi Eksfoliasi Wajah Alami, Kulit Sehat dan Bersinar

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Eksfoliasi merupakan salah satu langkah penting dalam perawatan kulit. Proses pengangkatan sel kulit mati ini membantu kulit terlihat lebih cerah, halus, dan segar. Namun, tak semua orang nyaman dengan produk eksfoliasi kimia. Bagi ZALORAns yang ingin mencoba metode alami, ada beberapa bahan eksfoliasi alami yang bisa kamu gunakan.

Mari kita telaah lebih lanjut tentang rekomendasi eksfoliasi wajah alami yang efektif dan aman. Simak yuk ZALORAns!

Baca juga : Rekomendasi Produk Eksfoliasi Wajah untuk Pemula

Mengapa Eksfoliasi Wajah Penting?

Kulit mengalami regenerasi secara alami setiap 28 hari, namun seiring pertambahan usia, proses ini melambat. Eksfoliasi membantu mempercepat proses pergantian sel kulit mati dengan sel kulit baru, sehingga kulit tetap terlihat segar dan bercahaya. Selain itu, eksfoliasi juga membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan meningkatkan penetrasi produk perawatan kulit, sehingga produk tersebut bekerja lebih efektif.

1. Gula dan Madu

Keunggulan:

  • Gula bertindak sebagai scrub alami yang mengangkat sel kulit mati.
  • Madu memiliki sifat antibakteri dan melembabkan kulit.

Cara Penggunaan:

Campurkan satu sendok makan gula dengan satu sendok makan madu, lalu aplikasikan secara perlahan dengan gerakan melingkar pada wajah ZALORAns. Bilas dengan air hangat dan keringkan. Lakukan eksfoliasi ini seminggu sekali untuk hasil optimal.

2. Kopi dan Minyak Kelapa

Keunggulan:

  • Kopi kaya akan antioksidan dan memiliki tekstur yang cocok untuk mengangkat sel kulit mati.
  • Minyak kelapa bertindak sebagai pelembab alami yang menjaga kelembaban kulit.

Cara Penggunaan:

Campurkan satu sendok makan bubuk kopi dengan satu sendok makan minyak kelapa. Gosokkan campuran ini dengan lembut pada wajah yang telah dibasahi, lalu bilas dengan air hangat. Gunakan campuran ini dua kali seminggu untuk kulit yang lebih cerah dan lembut.

Baca juga : Rekomendasi Cream Pemutih Wajah Tercepat dan Ampuh

3. Oatmeal dan Yogurt

Oatmeal memiliki sifat anti-inflamasi yang menenangkan kulit, serta tekstur yang lembut untuk eksfoliasi. Sedangkan Yogurt mengandung asam laktat yang membantu mengangkat sel kulit mati dan meremajakan kulit.

Cara Penggunaan:

Campurkan dua sendok makan oatmeal dengan dua sendok makan yogurt. Aplikasikan campuran ini pada wajah, pijat dengan gerakan melingkar, lalu diamkan selama 10 menit sebelum dibilas. Eksfoliasi dengan campuran ini bisa dilakukan seminggu sekali.

4. Bubuk Almond dan Susu

Bubuk almond kaya akan vitamin E, yang baik untuk kesehatan kulit sedangkan susu mengandung asam laktat yang membantu dalam proses eksfoliasi alami.

Cara Penggunaan:

Campurkan satu sendok makan bubuk almond dengan satu sendok makan susu hingga berbentuk pasta. Oleskan campuran ini pada wajah, pijat perlahan, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan eksfoliasi ini seminggu sekali untuk hasil terbaik.

5. Lemon dan Gula

Eksfoliasi wajah alami berikutnya adalah kombinasi dari lemon dan gula. Lemon yang kaya akan vitamin c bisa membuat wajah ZALORAns menjadi lebih cerah. Selain itu, zat aktif dalam lemon juga bertugas sebagai ekfloliator alami yang bisa mengikis sel kulit mati di lapisan luar kulit. Tambahkan gula sebagai scrub alami yang membantu mengangkat sel kulit mati.

Keunggulan:

  • Lemon mengandung vitamin C yang membantu mencerahkan kulit.
  • Gula, seperti yang disebutkan sebelumnya, bertindak sebagai agen eksfoliasi alami.

Cara Penggunaan:

Campurkan satu sendok makan gula dengan perasan setengah buah lemon. Aplikasikan pada wajah dengan gerakan melingkar, lalu bilas dengan air hangat setelah beberapa menit. Penggunaan campuran ini seminggu sekali dapat membantu mendapatkan kulit yang lebih segar dan cerah.

Tips Eksfoliasi yang Aman dan Efektif

  1. Jangan Berlebihan: Eksfoliasi terlalu sering dapat merusak lapisan pelindung kulit dan menyebabkan iritasi. Cukup eksfoliasi 1-2 kali seminggu.
  2. Lembutkan Tekanan: Gunakan tekanan ringan saat menggosok wajah, terutama jika ZALORAns memiliki kulit sensitif.
  3. Hindari Area Mata: Kulit di sekitar mata sangat tipis dan sensitif, jadi hindari area ini saat melakukan eksfoliasi.
  4. Pelembab Setelah Eksfoliasi: Selalu gunakan pelembab setelah eksfoliasi untuk menjaga kulit tetap lembab dan terhidrasi.

Eksfoliasi wajah alami merupakan cara yang aman dan efektif untuk merawat kulit. Dengan memilih bahan-bahan alami yang tepat dan melakukan eksfoliasi secara teratur, ZALORAns dapat memiliki kulit yang sehat, cerah, dan bercahaya.  Jangan lupa untuk melakukannya dengan hati-hati dan sesuai kebutuhan kulit kamu. Selamat mencoba dan nikmati kulit yang lebih cerah dan sehat!

Baca juga : 4 Ide Low Fade Haircut, Gaya Pria Rambut Modern

Dapatkan berbagai produk skincare terbaik harga murah dari brand-brand ternama hanya di ZALORA. Jangan lewatkan potongan harga yang sudah menantimu!

Penulis: Audrylea Reika