Rekomendasi 7 Facial Wash untuk Kulit Berjerawat

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Jerawat tidak hanya mempengaruhi penampilan, tetapi juga bisa mengurangi kepercayaan diri. Banyak faktor yang dapat menyebabkan jerawat, mulai dari perubahan hormonal, pola makan, stres, hingga penggunaan produk perawatan kulit yang tidak sesuai.

Salah satu langkah awal dan paling penting dalam perawatan kulit berjerawat adalah memilih facial wash yang tepat. Facial wash yang baik dapat membantu mengurangi jerawat, membersihkan pori-pori, dan mencegah munculnya jerawat baru tanpa menyebabkan iritasi atau kekeringan berlebih pada kulit.

Dalam kesempatan kali ini, ZALORA akan membahas daftar 7 produk facial wash yang dikhususkan untuk kulit berjerawat. Simak informasinya berikut ini.

Baca juga : Rekomendasi Sabun Cuci Muka Wardah, Wajah Bersih Maksimal!

Mengapa Kulit Berjerawat Butuh Facial Wash Khusus?

Memilih facial wash yang tepat adalah langkah awal yang sangat penting dalam rutinitas perawatan kulit berjerawat. Berikut beberapa alasan mengapa kulit berjerawat membutuhkan facial wash khusus,

1. Mengontrol Produksi Minyak Berlebih

Salah satu penyebab utama jerawat adalah produksi minyak berlebih (sebum) oleh kelenjar sebaceous di kulit. Minyak ini dapat menyumbat pori-pori dan menciptakan lingkungan yang ideal bagi bakteri penyebab jerawat untuk berkembang biak.

2. Membersihkan Pori-pori Secara Mendalam

Kulit berjerawat cenderung memiliki pori-pori yang tersumbat oleh campuran minyak, sel kulit mati, dan kotoran. Facial wash yang diformulasikan untuk kulit berjerawat sering mengandung bahan aktif seperti asam salisilat atau benzoyl peroxide yang mampu membersihkan pori-pori secara mendalam dan mencegah pembentukan komedo serta jerawat.

3. Mengurangi Peradangan dan Kemerahan

Bahan-bahan seperti niacinamide, aloe vera, dan ekstrak teh hijau dalam facial wash khusus kulit berjerawat dapat membantu menenangkan kulit, mengurangi peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan.

4. Melawan Bakteri Penyebab Jerawat

Bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes) adalah salah satu penyebab utama jerawat. Banyak facial wash untuk kulit berjerawat mengandung bahan antibakteri seperti tea tree oil atau benzoyl peroxide yang efektif dalam membunuh bakteri ini dan mencegah infeksi lebih lanjut.

Baca juga : 5 Rekomendasi Sabun Muka Pria Terbaik, Affordable dan Bikin Cerah!

7 Rekomendasi produk Facial Wash untuk Kulit Berjerawat

Sekarang ZALORAns sudah tahu kenapa memiliki facial wash yang tepat sangat membantu dalam mengurangi peradangan jerawat pada kulit wajah. Mungkin, sampai sekarang ZALORAns belum menemukan produk facial wash khusus buat jerawat yang tepat.

Maka dari itu, disini ZALORA akan memberikan beberapa rekomendasi facial wash yang diformulasikan untuk kulit berjerawat. Apa saja? Simak informasi selengkapnya berikut ini. 

1. Somethinc Acnedot Treatment Low pH Cleanser

Source : ZALORA

Siapa yang tidak kenal dengan brand asal Indonesia yang satu ini, Somethinc. Somethinc memang langsung mendapatkan perhatian setelah mengeluarkan berbagai produk yang ditonjolkan untuk memberikan wajah yang glowy nan sehat. 

Adapun salah satu produk andalannya adalah Somethinc Acnedot Treatment Low pH Cleanser yang sudah dipercaya banyak orang untuk menyembuhkan jerawat yang meradang. 

Produk ini memiliki 5x Acne Combat Power yang berfungsi untuk membersihkan pori-pori sekaligus mengangkat kotoran penyebab jerawat. 

Dengan formula non-stripping dan non-drying serta kandungan Tea Tree-nya, menjadikan produk ini menjadi facial wash ideal untuk kulit wajah berjerawat. Apakah ZALORAns sudah punya produk yang satu ini?

2. Somethinc Calm Down Skinpair Bubble Cleanser

Source : ZALORA

Masih dari produk Somethinc, ada satu produk lagi yang memang diformulasikan khusus untuk kulit yang berjerawat sekaligus sensitif. Somethinc Calm Down Skinpair Bubble Cleanser adalah produk yang tergolong terbaru yang wajib untuk dimiliki. 

Produk ini memiliki pH balanced yang sangat ampuh untuk mengembalikan pH kulit, sehingga mengurangi peradangan dan kemerahan. Disamping itu, facial wash ini mengandung Calm Down & 3D Aqua Seal Technology yang menjaga kelembaban kulit dan memperkuat skin barrier.

3. Scarlett Whitening Acne Facial Wash

Source : ZALORA

Facial wash untuk kulit berjerawat selanjutnya adalah Scarlett Whitening Acne Facial Wash. Produk ini dapat membantu membersihkan wajah dari kotoran serta mencerahkan noda bekas jerawat dengan tetap menjaga kelembaban kulit. 

Selain itu, produk ini juga mampu melawan bakteri penyebab jerawat serta merawat kulit berjerawat. Buat ZALORAns yang memiliki jerawat yang kemerahan, produk ini akan sangat cocok untuk mengurangi peradangan dan kemerahan jerawat pada kulit.

4. Garnier Pure Active Acne and Oil Clearing Foam

Source : ZALORA

Dari dulu hingga sekarang, Garnier menjadi salah satu produk yang masih dipercaya untuk mengatasi berbagai penyebab masalah kulit, salah satunya adalah peradangan jerawat. Adapun produknya yang legendaris adalah Garnier Pure Active Acne and Oil Clearing Foam.

Produk ini memang diformulasikan khusus untuk kulit wajah berjerawat dan berminyak, menarik minyak berlebih tanpa membuat kulit menjadi kering ataupun ketarik. Selain itu, produk ini mengandung bahan anti-bakteri dan ekstrak blueberry alami yang bantu melawan 12 masalah kulit yang disebabkan oleh jerawat dan minyak.

5. Votre Peau Salicylic Acid Acne Facial Wash

Source : ZALORA

Votre Peau mengeluarkan produk yang diformulasikan khusus untuk ZALORAns yang mengalami jerawat yang sudah meradang dan bahkan mengalami kemerahan. Produk ini adalah Votre Peau Salicylic Acid Acne Facial Wash.

Produk ini mengklaim dapat melawan jerawat 3x lebih ampuh dengan berbagai bahan-bahan di dalamnya, seperti Herbal Tea Tree Oil yang efektif untuk menenangkan jerawat serta sebagai anti-inflamasi. Selain itu, produk ini juga mampu mengurangi tampilan pori-pori serta komedo pada jerawat. 

6. Erha HisErha Gentle Acne Facial Wash 

Source : Erha Store 

Rekomendasi facial wash untuk kulit berjerawat selanjutnya adalah Erha HisErha Gentle Acne Facial Wash. Produk ini sudah mengandung salicylic acid yang terkenal untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan menghilangkan kotoran dalam pori-pori secara menyeluruh. 

7. Hose Acne & Oil Deep Clean Face Wash 

Source : ZALORA

Produk facial wash untuk kulit berjerawat yang terakhir adalah Hose Acne & Oil Deep Clean Face Wash. Selain harganya yang terjangkau, produk ini juga efektif untuk membersihkan kulit wajah secara menyeluruh dan menyembuhkan jerawat.

Baca juga : Penyebab Bruntusan di Pipi dan Pilihan Skincare yang Tepat

Cara Memilih Facial Wash yang Tepat untuk Kulit Berjerawat

Memilih facial wash yang tepat adalah langkah krusial dalam perawatan kulit berjerawat. Dengan begitu banyak pilihan produk yang tersedia di pasaran, menemukan yang paling sesuai bisa menjadi tantangan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Cari Kandungan Aktif yang Efektif

Adapun beberapa kandungan yang efektif seperti asam salisilat, benzoyl peroxide, tea tree oil, dan niacinamide ampuh untuk mengurangi peradangan serta membunuh bakteri penyebab jerawat. 

Pilih Produk Non-Comedogenic

Produk non-comedogenic tidak akan menyumbat pori-pori, sehingga mengurangi risiko munculnya jerawat baru. Pastikan facial wash yang Anda pilih mencantumkan label non-comedogenic.

Hindari Bahan-bahan Iritatif

Sulfat, alkohol, dan pewangi atau parfum dapat menyebabkan iritasi, khususnya pada kulit berjerawat yang sensitif. Selain itu, alkohol juga umumnya dapat mengeringkan kulit sehingga terjadi iritasi.

Baca juga : Rekomendasi Facial Wash untuk Kulit Sensitif

Buat ZALORAns yang punya jenis kulit yang lain, kamu bisa langsung belanja facial wash dan produk skincare lainnya di ZALORA Indonesia. Selain penawaran eksklusif, seluruh produk dijamin original langsung dari brand.

Tunggu apalagi? Belanja kebutuhan kulit ZALORAns hanya di ZALORA Indonesia.

Penulis : Ananda F Muhammad