Penyebab Bruntusan di Wajah dan Skincare untuk Mengatasinya

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Wajah yang bruntusan suka bikin kurang percaya diri nggak sih? Bruntusan yang biasa muncul di area wajah, seperti dahi, hidung, pipi, hingga dagu ini biasanya tampak bertekstur dan berukuran kecil. Jika bruntusan ini muncul dalam jumlah banyak di area wajah dapat mengganggu penampilanmu. 

Sebenarnya, apa sih penyebab bruntusan yang muncul di area wajah? Apakah bisa dihilangkan? Nah, untuk menjawab pertanyaan diatas, ZALORA sudah menyiapkan beberapa penyebab timbulnya bruntusan di wajah khusus untukmu untuk pencegahan. Tak lupa juga dengan pilihan produk skincare yang tepat dan ampuh untuk mengatasi bruntusan di wajahmu.

Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Baca juga : Kulit Wajah Bruntusan Saat Mencoba Skincare Baru? Ini Alasannya!

Penyebab Munculnya Bruntusan di Area Wajah

1. Komedo dan Sel Kulit Mati Menumpuk

Adanya komedo dan sel kulit mati yang menumpuk dapat menyebabkan wajahmu bruntusan. Komedo muncul akibat pori-pori yang tersumbat oleh minyak, kotoran, dan sel kulit mati. Ketika sel kulit mati tidak terangkat dengan baik, komedo akan menumpuk di permukaan kulit dan memperburuk kondisi tersebut. Komedo yang menjadi penyebab bruntusan, salah satunya adalah komedo putih. 

Oleh karena itu, hindari penggunaan makeup terus menerus dan lakukan eksfoliasi kulit secara rutin untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. Kalau ZALORAns tetap harus memakai makeup setiap hari, maka jangan lupa untuk rajin membersihkan wajah. Serta, lakukan double cleansing untuk memastikan kulitmu benar-benar bersih. 

2. Perubahan Hormon

Perubahan hormon dapat memicu munculnya bruntusan pada wajah karena hormon berperan penting dalam mengatur produksi sebum, yaitu minyak alami kulit. Ketika terjadi perubahan hormon, seperti saat pubertas, menstruasi, kehamilan, atau penggunaan kontrasepsi hormonal, produksi sebum dapat meningkat. 

Sebum yang berlebihan ini dapat menyumbat pori-pori, sehingga memicu peradangan dan munculnya bruntusan atau jerawat. Selain itu, kulit juga dapat mengalami iritasi dan infeksi, sehingga, bisa memperburuk kondisi kulit wajah.

3. Stres

Apakah ZALORAns belakangan ini mengalami stres dan banyak pikiran? Sebaiknya, jangan terlalu banyak pikiran yang membuatmu stres. Ketika kamu stres, maka tubuh merespons dengan melepaskan hormon kortisol yang dapat merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak. Produksi minyak berlebih ini dapat menyumbat pori-pori, sehingga bisa bikin wajahmu bruntusan.

Cobalah untuk melakukan olahraga secara rutin agar lebih rileks, seperti jogging, yoga, berenang, dan lainnya. ZALORAns juga bisa hangout bareng teman-teman untuk menghabiskan waktu dan merehatkan pikiran sejenak. 

4. Diet Tidak Sehat

Boleh saja melakukan diet, tapi harus diperhatikan pola makan yang sehat ya! Diet yang tidak sehat dapat menyebabkan bruntusan pada wajah lho! Karena tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. 

Kekurangan vitamin dan mineral, seperti vitamin A dan E malah dapat melemahkan sistem pertahanan kulit terhadap bakteri dan radikal bebas. Tentunya ZALORAns nggak mau kan memiliki badan bagus tapi wajahmu bruntusan dan muncul jerawat? Jadi, ZALORAns harus menjaga pola makan seimbang dan sehat untuk mencegah munculnya masalah kulit.

5. Alergi

Penyebab munculnya bruntusan di wajah berikutnya bisa karena alergi. Alergi ini bisa dipicu akibat bersentuhan dengan handuk atau sarung bantal yang kotor. Bisa juga karena jarang membersihkan alat makeup atau wajahmu sering terkena rambut saat kotor.

ZALORAns harus memperhatikan kebersihan di sekitarmu untuk menghindari permasalahan kulit pada wajah.

Baca juga : 4 Rekomendasi Produk Untuk Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Rekomendasi Skincare Ampuh untuk Wajah Bruntusan

1. Safi White Natural Anti Acne Cream Tea Tree

Source: ZALORA

Krim ringan dari produk Safi ini mudah menyerap. Mengandung Tea Tree Oil dan Aloe Vera yang dapat membantu merawat kulit wajah berjerawat dan bruntusan. Memang apa sih manfaat dari Tea Tree Oil dan Aloe Vera untuk kulit? Kandungan ini mampu membantu mengurangi minyak di wajah, menjaga kelembaban kulit, dan merawat kulit berjerawat.

Serta, membantu menyejukan kulit kemerahan pada wajah akibat jerawat. Usapkan pada kulit yang bruntusan atau berjerawat secara rutin. Krim ini dapat digunakan pada pagi dan malam hari.

2. Nadindra Beauty Expert Acne and Comedo Serum

Source: ZALORA

Apa yang tersulit dalam menyembuhkan jerawat dan kulit bruntusan? Yups, mencegahnya untuk datang kembali! Karena jerawat meradang maupun bruntusan biasanya hanya berlangsung beberapa hari, kemudian menjadi bekas hitam dan akan muncul jerawat baru. Sehingga, seolah masalah tersebut tidak pernah selesai.

Nah, Nadindra punya obat jerawat yang cepat bikin jerawat kamu kering lho! Selain itu, juga bisa cepat menghilangkan bekasnya dan secara kuat mencegah jerawat baru muncul. Hanya dengan menggunakan serum kecil ini, masalah wajah berjerawat dan bruntusan kamu bisa selesai!

3. Dermaluz Serum Acne Exfoliating

Source: Dermaluz

Dermaluz Serum Acne Exfoliating adalah serum acne exfoliating yang mengandung konsentrat tinggi. Dimana, kandungan ini memiliki efek penetrasi ke dalam kulit lebih baik hingga 10 kali lipat lebih baik dari krim atau lotion biasa. Serum ini memiliki kandungan zat aktif yang bermanfaat untuk memperbaiki struktur kulit. Serta, kandungan vitamin C yang berfungsi untuk mencerahkan kulit. 

Selain itu, serum ini juga berguna untuk mempercepat proses regenerasi kulit. Tentunya dibutuhkan produk yang mampu memberikan nutrisi hingga ke bagian lebih dalam kulit, tak hanya di lapisan epidermis. Sehingga, sel-sel kulit mati terangkat dan wajah bebas dari masalah kulit berjerawat dan bruntusan.

Sebelum mengaplikasikannya, pastikan wajahmu sudah bersih. Tuangkan sedikit Dermaluz Serum Acne Exfoliating ke telapak tangan. Oleskan ke wajah yang berjerawat atau ke seluruh wajah. Lalu, diamkan hingga pagi hari dan bilas dengan air hingga bersih.

4. Dermaluz Masker Acne

Source: Dermaluz

Dermaluz Masker Acne adalah masker yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat. Dimana, masker ini mengandung Sulfur dan Salicylic Acid yang berperan penting mencegah dan mengurangi jerawat. Adapun kandungan Allantoin, Vitamin C, dan E sebagai antioksidan. 

Selain itu, juga terdapat kandungan beberapa ekstrak tanaman, seperti Vitis Vinifera (Grape) Seed Oil, Labandula Angustifolia (Lavender) Oil, dan Citrus Medica Limonum. Kandungan ini dapat menyejukan dan melembabkan kulit wajah, serta dapat mencegah jerawat tumbuh kembali. 

Baca juga : Rekomendasi Skincare Bikin Glowing Terbaik

Nah, itulah beberapa penyebab munculnya bruntusan pada area wajah yang perlu kamu ketahui untuk mencegahnya. Serta, pilihan produk skincare yang tepat dan ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit berjerawat dan bruntusan yang bisa kamu coba. Gunakanlah perawatan yang tepat secara rutin sesuai jenis dan masalah kulitmu!

Mau cari berbagai produk skincare terbaik yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama