Penyebab Bruntusan di Pipi dan Pilihan Skincare yang Tepat

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu!

Bruntusan di wajah, khususnya di bagian pipi bisa menjadi masalah kulit yang mengganggu. Bruntusan muncul seperti kumpulan kecil titik-titik berwarna putih yang menyerupai jerawat tetapi tidak terlalu mencolok. Penyebabnya bisa bermacam-macam. 

Tahukah ZALORAns apa saja yang menjadi penyebab munculnya bruntusan di pipi? Untuk mencegahnya, sebaiknya ZALORAns mengetahui penyebab terjadinya bruntusan di wajah ini. Nah, ZALORA sudah merangkum beberapa penyebab munculnya bruntusan di pipi berikut ini!

Sekaligus, pilihan rekomendasi produk skincare yang tepat untuk mengatasi bruntusan.

Baca juga : 4 Rekomendasi Produk Untuk Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Penyebab Munculnya Bruntusan di Pipi

1. Reaksi Alergi

Reaksi alergi adalah respons tubuh terhadap benda asing. Ketika seseorang terpapar alergen, seperti debu atau bahan kimia tertentu, sistem kekebalan tubuh bisa bereaksi berlebihan. Selain itu, bulu binatang, seperti kucing atau anjing juga bisa menjadi penyebabnya.

Sehingga, menyebabkan peradangan pada kulit yang pada akhirnya bisa memicu munculnya bruntusan. 

2. Infeksi

Infeksi pada kulit dapat mengakibatkan munculnya bruntusan di bagian pipi. Ketika kulit terinfeksi oleh bakteri, virus, atau jamur, sistem kekebalan tubuh akan bereaksi dengan mengirimkan sel-sel darah putih untuk melawan infeksi tersebut.

Proses ini dapat menyebabkan peradangan di kulit lho! Sehingga, dapat menyebabkan munculnya bruntusan atau jerawat kecil di area yang terkena. 

3. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak adalah kondisi di mana kulit mengalami reaksi peradangan akibat paparan dengan zat tertentu. Bruntusan di bagian pipi bisa muncul sebagai salah satu gejala dari dermatitis kontak. Terutama jika paparan tersebut terjadi secara berulang atau jika zat yang menyebabkan reaksi tersebut bersifat iritan bagi kulit. 

Proses peradangan pada dermatitis kontak dapat memicu produksi minyak berlebihan dan penumpukan sel-sel kulit mati. Sehingga, pada akhirnya dapat menyebabkan timbulnya bruntusan di bagian pipi. Selain itu, gesekan dari tangan yang sering kali menyentuh wajah juga dapat memperburuk kondisi tersebut. 

Beberapa penyebab dermatitis kontak di antaranya adalah produk kecantikan, sabun, pewarna pakaian, serta menyentuh tanaman beracun dan bahan kimia pada karet atau lateks.

4. Autoimun atau Inflamasi

Penyebab munculnya bruntusan berikutnya adalah karena gangguan autoimun atau inflamasi. Beberapa gangguan tersebut seperti jerawat, psoriasis, atau dermatitis seboroik, yang dapat memengaruhi wajah, leher, serta kulit kepala. Selain itu, rosacea yaitu kelainan kulit inflamasi kronis, juga termasuk dalam jenis gangguan kulit yang umum terjadi.

Baca juga : Rekomendasi Moisturizer untuk Kulit Bruntusan

Rekomendasi Skincare untuk Atasi Bruntusan di Pipi

1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser 

Source: Zalora

Untuk pembersih wajah bagi ZALORAns yang memiliki permasalahan bruntusan bisa menggunakan Cetaphil Gentle Skin Cleanser! Kelebihan Cetaphil Gentle Skin Cleanser adalah unik, teruji klinis untuk bekerja 2 aksi yaitu efektif membantu melembabkan dan lembut membersihkan. 

Cocok untuk segala jenis kulit bahkan yang sensitif sekalipun dengan menjaga agar tetap sehat dan lembap. Tanpa busa berlebih dan tanpa tambahan pewangi, pembersih wajah ini pun diformulasikan dengan pH seimbang dan teruji secara dermatologi.

Selain itu, Cetaphil Gentle Skin Cleanser juga memiliki kandungan Propylene Glycol yang bertujuan untuk membantu menjaga kelembaban kulitmu. Walaupun lembut, Cetaphil Gentle Skin Cleanser mampu membersihkan kulit dari sel kulit mati yang menumpuk, kotoran, dan polusi yang menempel pada kulit. 

2. Toner Avoskin Miraculous Refining

Source: ZALORA

Toner eksfoliasi ini sangat baik dalam mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit bebas dari jerawat maupun bruntusan. Toner ini mengandung kombinasi 5% AHA, 1% BHA, dan 2% PHA yang bermanfaat dalam membantu proses eksfoliasi. Produk ini juga dilengkapi dengan kandungan Tea Tree dan Aloe Vera untuk membantu membersihkan dan melembabkan kulitmu.

3. Somethinc Calm Down! Skinpair Bubble Cleanser

Source: Somethinc

Calm Down! Skinpair Bubble Cleanser Bubble cleanser diformulasikan dengan vegan dan pH-balanced. Produk ini dapat membersihkan debu, sunscreen, makeup, dan kotoran dari aktivitas sehari-hari tanpa menghilangkan kelembaban esensial. Selain itu, juga dapat menenangkan kemerahan pada wajah. 

Dilengkapi paten inovatif Calm Down dan 3D Aqua Seal Technology yang memperkuat skin barrier dan menjaga kelembaban dengan minimal gesekan di kulit. Rasakan sensasi busa ringan yang diperkaya oleh Heartleaf, Mugwort, dan Panthenol untuk menenangkan kemerahan dan menutrisi kulit. 

Cocok untuk pemakaian setiap hari dan untuk semua tipe kulit, termasuk kulit paling sensitif. Cleanser ini dapat membersihkan kulit tanpa membuat kering, sehingga kulit menjadi bersih, lembut, dan sehat

4. ERHA AcneAct Pore Minimizer & Oil Control Gel Cream

Source: Erha Store

Pelembab wajah yang satu ini diperkaya dengan kandungan BHA, Niacinamide, dan Zinc Gluconate. Kandungan ini bermanfaat untuk membantu mengontrol minyak berlebih, menghaluskan tampilan pori, dan merawat kulit berjerawat.

Kandungan BHA (Salicylic Acid) akan melawan bakteri penyebab jerawat dan membantu membersihkan sel kulit mati. Untuk Niacinamide berperan dalam melembabkan kulit wajah dan membuat kulit tampak lebih cerah. Sedangkan, kandungan Zinc Gluconate membantu mengontrol minyak berlebih pada wajah. 

Aplikasikan pelembab secara merata pada wajah yang telah dibersihkan. Gunakanlah cream ini sebabyak 2 kali sehari secara rutin.

5. Nivea Face Care MicellAir Oil & Acne Care

Source: Zalora

Seharian beraktivitas dengan makeup bisa membuat kotoran menumpuk di pori-pori wajah dan akhirnya menimbulkan masalah kulit, seperti jerawat dan bruntusan. Sekarang ZALORAns bisa menghapus makeup sekaligus membantu melawan jerawat dan bruntusan dengan mudah. Menggunakan formula Ekstrak Magnolia sebagai bahan anti bakteri alami yang bebas alkohol dalam Nivea Face Care MicellAir Oil & Acne Care!

Perawatan kulit wajah ini mampu membersihkan dan menyegarkan kulit wajah dengan Oxygen Boost. Membersihkan kotoran, debu, bakteri yang terperangkap di area yang tertutup masker. Dapat mengontrol minyak berlebih dan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, juga mampu menjaga kulit bersih bebas jerawat, sehingga mencegah jerawat muncul kembali. 

Baca juga : Rekomendasi Facial Wash Untuk Kulit Bruntusan, Ampuh Atasi Bruntus!

Itulah beberapa penyebab munculnya bruntusan di pipi yang perlu ZALORAns tahu. Serta pilihan rekomendasi skincare yang tepat dan ampuh dalam mengatasi masalah bruntusan di wajah yang bisa kamu jadikan skincare rutinmu. Lakukan perawatan kulit dengan produk yang sesuai dengan jenis kulitmu, untuk mencegah timbulnya permasalahan kulit lainnya. 

Jika bruntusan terus muncul atau menjadi semakin parah, berkonsultasilah dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.

Mau cari berbagai produk skincare yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama