Muncul Jerawat di Hidung? Ini Penyebab dan Skincare yang Tepat

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Pernahkah ZALORAns mengalami punya jerawat di hidung? Jerawat di hidung memang bisa sangat mengganggu dan bikin kurang percaya diri nggak sih? Munculnya jerawat di area ini terlihat lebih mencolok karena hidung adalah bagian wajah yang menonjol. Kondisi ini bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman dan enggan berinteraksi dengan orang lain karena merasa penampilannya terganggu. 

Sebenarnya apa sih penyebab munculnya jerawat di hidung? Yuk, ketahui beberapa penyebab munculnya jerawat di hidung berikut ini!

Baca juga : Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat, Bye Noda Jerawat!

Penyebab Munculnya Jerawat di Hidung

1. Mencabut Bulu Hidung

Source: Pinterest

Mencabut bulu hidung dapat memicu pertumbuhan rambut ke dalam yang menyerupai jerawat di hidung. Proses pencabutan dapat menyebabkan rambut tumbuh kembali dengan arah yang salah, sehingga terjebak di bawah permukaan kulit.

Hal ini mengakibatkan peradangan dan pembentukan benjolan yang mirip dengan jerawat. Mencabut bulu hidung juga dapat merusak folikel rambut dan kulit di sekitarnya, meningkatkan risiko infeksi dan iritasi. 

2. Fluktuasi Hormon

Ketika kadar hormon meningkat, produksi sebum atau minyak juga akan meningkat. Sebum yang berlebihan ini dapat menyumbat pori-pori kulit, sehingga bakteri penyebab jerawat dapat berkembang biak. Selain itu, ada pula perubahan hormon selama masa pubertas, siklus menstruasi, kehamilan, atau penggunaan obat-obatan tertentu seperti steroid.

Di mana, perubahan hormon ini juga dapat memicu timbulnya jerawat di area wajah termasuk hidung. 

3. Gangguan Pencernaan

Masalah pencernaan dapat berkontribusi pada munculnya jerawat di hidung, karena kondisi ini merupakan gejala dari gangguan pada sistem kekebalan tubuh. Saluran pencernaan memegang peranan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Sekitar 70% dari sistem kekebalan tubuh berada di dalamnya.

Ketika pencernaan terganggu, misalnya akibat diet yang buruk atau stres, hal ini dapat mempengaruhi keseimbangan bakteri baik dan buruk di usus. Mengakibatkan peradangan yang bisa memicu jerawat. Jerawat di hidung yang biasanya disebabkan oleh penyumbatan pori-pori dan infeksi bakteri bisa menjadi lebih parah. Jika sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi optimal akibat masalah pencernaan. 

Baca juga : 3 Rekomendasi Obat untuk Jerawat dari Dalam dan Luar

4. Stres

Source: Pinterest

Stres dapat menjadi salah satu faktor penyebab munculnya jerawat di hidung. Ketika seseorang mengalami stres, tubuhnya memproduksi hormon kortisol yang lebih tinggi. Peningkatan kadar kortisol ini dapat memicu produksi sebum atau minyak pada kulit secara berlebihan. 

Sebum yang berlebih bisa menyumbat pori-pori kulit, terutama di area wajah, sehingga menyebabkan peradangan dan akhirnya muncul jerawat. Stres juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuat kulit lebih rentan terhadap infeksi, sehingga bisa muncul jerawat.

5. Kebiasaan Menyentuh Wajah 

Tahukah kamu bahwa bisa saja banyak bakteri yang menempel pada tanganmu! Kebiasaan menyentuh wajah dapat memicu munculnya jerawat. Hal ini terjadi karena tangan kita terkena kotoran, minyak, dan bakteri dari berbagai permukaan. Ketika tangan yang kotor menyentuh wajah, kotoran dan bakteri tersebut dapat berpindah ke kulit. 

Area hidung adalah salah satu bagian yang rentan karena pori-porinya yang lebih besar dan cenderung menghasilkan lebih banyak minyak. Kotoran dan bakteri yang menyumbat pori-pori ini kemudian dapat menyebabkan peradangan dan berkembang menjadi jerawat. 

Oleh karena itu, hindarilah kebiasaan menyentuh wajah dan menjaga kebersihan tangan untuk mencegah timbulnya jerawat di hidung ya!

6. Pemakaian Produk Skincare yang Tidak Tepat

Penggunaan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit atau mengandung bahan-bahan yang menyumbat pori-pori bisa memicu penumpukan minyak dan kotoran. Akibatnya, pori-pori yang tersumbat dan mengalami iritasi tersebut bisa berkembang menjadi jerawat. 

Pilihlah produk skincare yang sesuai dengan jenis kulitmu. ZALORA punya beberapa pilihan skincare acne spot yang cocok buat ZALORAns yang memiliki jerawat di hidung berikut ini!

Baca juga : Manfaat Lemon untuk Wajah, Solusi Alami untuk Kulit Bercahaya

Rekomendasi Skincare Acne Spot Terbaik

1. Somethinc Acne Shot AC Spot Gel

Source: Somethinc

Acne Shot AC Spot Gel merupakan gel totol jerawat transparan dengan kombinasi 8 Natural-Fix Acne Combat Power untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Gel ini dapat mengontrol sebum berlebih, mengeringkan jerawat, dan membantu mengurangi tekstur kasar akibat jerawat. Dapat digunakan sejak umur 11 tahun dan wanita hamil lho!

Kandungan utama didalamnya ada Neem Tree Extract yang bersifat sebagai antibakteri melawan bakteri penyebab jerawat. Terdapat Cleome Gynandra Leaf yang mampu menyamarkan tampilan pori dan menyamarkan noda bekas jerawat. Kandungan Maclura Cochinchinensis mampu menyeimbangkan mikrobioma kulit, melawan bakteri penyebab jerawat, dan mengurangi jumlah jerawat meradang.

Selain itu, terdapat Korean Angelica, Green Tea, Lotus Leaf, dan Guava Leaf yang bersifat antibakteri dan menyamarkan tampilan pori. Serta, dapat mengurangi sebum berlebih dan menenangkan jerawat meradang. Kandungan Tea Tree Oil didalamnya bersifat sebagai antibakteri yang melawan bakteri penyebab jerawat. 

Adapun 50% Korean Green Tea Water sebagai antioksidan dan antibakteri yang kuat, serta menenangkan kemerahan pada jerawat yang meradang. Untuk kandungan Pro Vitamin B5 (Panthenol) berperan sebagai Humectant yang melembabkan kulit, serta menjadikan kulit halus dan lembut.

2. Glow Better Effortless Glow Acne Defense Daily Spot Treatment

Source: Glow Better

Glow Better Acne Defense Daily Spot Treatment adalah skincare untuk jerawat dengan tekstur gel kental dan bening. Gel ini memiliki kandungan utama Vegetation Skin Extract Solution 5% dan Actizyme 2%. Kandungan ini bermanfaat dalam merawat jerawat. melawan bakteri penyebab jerawat, dan menenangkan kulit berjerawat. Selain itu, juga mampu membantu menjaga kondisi lapisan kulit yang berjerawat

Cocok digunakan untuk pria maupun wanita mulai dari usia 14 tahun ke atas. Acne spot ini cocok untuk semua jenis dan tipe kulit. Bisa juga digunakan untuk ibu hamil dan menyusui atau konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

3. Dear Me Beauty Acne Spot Gel

Source: Dear me beauty

Gel totol jerawat transparan dari Dear Me Beauty ini diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat (Acne-prone skin). Dibuat untuk mengatasi jerawat Pustule dan Papula. Terdapat kombinasi kandungan bahan aktif seperti 2% Salicylic Acid, 2% Succinic Acid, dan 3% Azeclair di dalamnya. 

Kandungan ini mampu membantu mengurangi bakteri penyebab jerawat dan meredakan jerawat kemerahan. Tekstur gel yang ringan, mudah menyerap, serta nyaman digunakan setiap hari pada pagi dan malam hari.

Baca juga : Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami, Wajah Cerah Berseri

Itulah beberapa penyebab munculnya jerawat di hidung serta pilihan acne spot sebagai skincare ampuh ketika muncul jerawat pada wajahmu. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan area wajah untuk mencegah timbulnya jerawat!

Mau cari berbagai produk skincare yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama