Mana Urutan Yang Benar: Serum Dulu atau Moisturizer? 

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Perawatan kulit wajah adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Ada berbagai macam produk skincare yang bisa digunakan untuk merawat kulit wajah, seperti pembersih wajah, toner, serum, dan moisturizer.

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan adalah mana urutan yang benar untuk menggunakan serum dan moisturizer. Apakah serum harus dipakai dulu atau moisturizer?

Jawabannya adalah serum harus dipakai dulu, kemudian moisturizer. Hal ini dikarenakan serum memiliki tekstur yang lebih cair dan ringan, sehingga lebih mudah menyerap ke dalam kulit. Sedangkan moisturizer memiliki tekstur yang lebih kental dan kaya akan nutrisi, sehingga dapat membantu mengunci kelembapan kulit.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang urutan penggunaan serum dan moisturizer lebih lengkap untuk kamu ZALORAns

Baca juga : 8 Parfum Wanita yang Wanginya Lembut dan Tahan Lama

Serum

Serum adalah produk skincare yang mengandung bahan aktif dengan konsentrasi tinggi. Ia memiliki tekstur yang ringan dan cepat meresap, sehingga tidak meninggalkan rasa lengket atau berminyak pada kulit.

Serum juga memiliki kandungan bahan aktif dalam konsentrasi yang tinggi, sehingga dapat memberikan hasil yang lebih cepat dan lebih efektif pada kulit. Nah, bahan aktif ini dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti jerawat, keriput, dan hiperpigmentasi. 

Agar bekerja lebih maksimal, serum harus dipakai dulu karena bahan aktifnya dapat diserap lebih cepat oleh kulit. Jika serum dipakai setelah moisturizer, bahan aktifnya dapat terhalang oleh moisturizer dan tidak dapat bekerja secara maksimal.

Moisturizer

Moisturizer merupakan pelembab bertekstur lotion atau krim yang digunakan untuk mencegah sekaligus mengatasi kulit kering dan berfungsi untuk melembabkan kulit. 

Salah satu bahan dari moisturizer adalah Hyaluronic acid. Hyaluronic acid adalah bahan yang dapat menarik dan menahan air di dalam kulit dan sangat efektif untuk melembabkan kulit.

Lotion adalah tekstur moisturizer yang paling umum ditemui. Moisturizer dengan tekstur lotion memiliki sifat yang ringan, cair dan mudah meresap dibanding dengan moisturizer lain. Nah, untuk itu, moiturizer lotion cocok untuk kamu yang mempunyai kulit normal dan kombinasi.

Moisturizer harus dipakai setelah serum karena dapat membantu mengunci kelembapan kulit. Jika moisturizer dipakai sebelum serum, moisturizer dapat menghalangi penyerapan bahan aktif serum ke dalam kulit.

Baca juga : Inilah 7 Ciri Ciri Kosmetik Berbahaya

Tips Menggunakan Serum dan Moisturizer

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan serum dan moisturizer:

Gunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit kamu

Pastikan kamu menggunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Jika kamu memiliki kulit sensitif, pilihlah produk skincare yang hypoallergenic dan non-comedogenic.

Gunakan produk skincare dalam jumlah yang cukup

Jangan gunakan produk skincare terlalu banyak, karena dapat menyumbat pori-pori. Cukup gunakan produk skincare dalam jumlah yang cukup untuk menutupi seluruh permukaan kulit wajah.

Gunakan produk skincare secara rutin

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, gunakan produk skincare secara rutin. Gunakan serum dan moisturizer dua kali sehari, yaitu pagi dan malam hari.

Baca juga : 5 Treatment Menghilangkan Bekas Jerawat

Dengan menggunakan serum dan moisturizer secara rutin, kamu dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah kamu. Semoga artikel di atas menjawab pertanyaan kamu ya. Manakah yang benar antara serum dulu atau moisturizer.

Dapatkan skincare dari berbagai macam brand hanya di ZALORA. Jangan lewatkan promo yang menantimu!

Penulis: Audrylea Reika