Ketahui Penyebab Ketombe Berkerak dan Cara Menghilangkannya

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Rambut yang berketombe tentunya akan membuat rasa percaya diri seseorang menurun drastis. Ketombe yang tampak di permukaan rambut dan pakaian bisa membuat kesan tidak rapi dan kurang menjaga kebersihan dong! Selain itu, rasa gatal yang kerap menyertainya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Membuat seseorang merasa kurang nyaman dan terus-menerus terganggu. Tak jarang, masalah ini juga mempengaruhi interaksi sosial karena ZALORAns mungkin merasa malu atau minder ketika harus bertemu dan berinteraksi dengan orang lain. 

Tahukah kamu sebenarnya apa sih penyebab munculnya ketombe berkerak ini? Untuk mencegahnya, yuk intip penyebab yang membuat rambutmu berketombe serta rekomendasi produk yang bisa mengatasinya berikut ini!

Baca juga : 5 Faktor Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya

Apa Sih Penyebab Ketombe Berkerak?

1. Salah Pilih Shampo

Source: Pinterest

Pemilihan shampo yang tidak sesuai dengan jenis kulit kepala dapat menyebabkan masalah ketombe yang sangat mengganggu. Ketika menggunakan shampoo yang tidak cocok, bahan kimia dalam formula tersebut dapat mengganggu keseimbangan alami kulit kepala. Meningkatkan produksi minyak atau bahkan mengiritasi kulit. Akibatnya, kulit kepala menjadi rentan terhadap pertumbuhan jamur penyebab ketombe dan menyebabkan ketombe berkerak yang sulit diatasi. 

Kulit kepala yang kering membutuhkan shampo yang memiliki kandungan pelembab didalamnya. Sedangkan, kulit berminyak memerlukan shampo dengan formula kandungan yang dapat mengontrol produksi minyak di kepala.

2. Keramas Terlalu Sering

Source: Pinterest

Terlalu sering keramas dapat menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan oleh kulit kepala untuk menjaga keseimbangan kelembaban kulit. Ketika minyak alami ini terhapus terlalu sering, kulit kepala dapat menjadi kering dan menghasilkan lebih banyak sel-sel kulit mati yang akhirnya menyebabkan ketombe.

Hindari mencuci rambut terlalu sering apalagi setiap hari dan terutama jika tidak diperlukan. ZALORAns bisa keramas 2-3 kali seminggu. 

3. Cuaca Panas

Cuaca panas yang berkepanjangan dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk ketombe. Saat cuaca panas, kulit kepala cenderung menghasilkan lebih banyak minyak untuk melindungi dirinya dari paparan sinar matahari.

Kondisi ini dapat memicu pertumbuhan jamur Malassezia yang merupakan penyebab umum ketombe. Selain itu, cuaca panas juga dapat membuat kulit kepala menjadi lebih kering dan gatal.

Baca juga : Rekomendasi Shampo untuk Ketombe, Bebas Gatal!

4. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak adalah kondisi kulit yang disebabkan oleh paparan langsung terhadap zat-zat tertentu, seperti deterjen, sabun, atau bahan kimia lainnya. Ketombe bisa menjadi salah satu gejala dari dermatitis kontak, terutama jika paparan terhadap zat-zat tersebut terjadi secara terus-menerus. Kulit yang teriritasi akibat reaksi alergi atau iritasi dari zat-zat tersebut dapat menyebabkan kulit kepala mengelupas, mengering, dan akhirnya menghasilkan ketombe.

Penderita akan mengalami rasa gatal yang intens di area tersebut. Jika tidak diobati dengan tepat, kondisi ini dapat memperburuk ketombe dan menyebabkan masalah kulit lainnya. 

5. Psoriasis dan Eksim

Psoriasis dan eksim adalah dua kondisi kulit yang memicu ketombean. Jika kamu belum tahu, Psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyebabkan kulit menjadi merah, bersisik, dan terkadang membengkak. Ketika sel-sel kulit mati terlalu cepat, mereka menumpuk dan membentuk ketombe yang terlihat seperti sisik. 

Sedangkan, eksim (dermatitis atopik) adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, dan meradang. Menggaruk kulit yang gatal dapat merusak permukaan kulit dan menyebabkan ketombe terbentuk. 

Kalau ZALORAns memiliki masalah ketombe membandel, ZALORAns bisa merawat rambut dan kulit kepalamu menggunakan hair care khusus rambut berketombe. Ingin tahu ada produk rekomendasi apa aja sih yang cocok untuk mengatasi masalah rambut berketombe? Berikut pilihan produknya untukmu!

Rekomendasi Produk Hair Care untuk Rambut Berketombe

1. Yves Rocher Anti-Dandruff Treatment Shampoo

Source: Zalora

Shampo yang satu ini diformulasikan khusus tanpa sulfat untuk rambut berketombe. Shampo ini akan membersihkan kulit kepala secara lembut. Diperkaya oleh Organic Peppermint dari La Gacilly, terbukti mampu menghilangkan ketombe sampai tuntas.

Breton Organic Peppermint secara presisi mampu membersihkan ketombe secara ampuh dengan efek dingin menyegarkan pada kulit kepala. Dengan hilangnya ketombe, rambut menjadi lebih sehat!

2. Kerastase Shampoo Anti Ketombe 

Source: Zalora

Shampoo anti ketombe ini diformulasikan untuk jenis ketombe basah dengan kondisi kulit kepala berminyak. Aman digunakan untuk kulit kepala sensitif yang mudah berketombe. Shampo ini dapat membantu menyeimbangkan kadar minyak di kulit kepala dan membuat rambut terasa lebih bervolume. Mampu membuat ketombe berkurang sejak pemakaian ke-3!

Shampoo ini dapat digunakan setiap hari. Aplikasikan secara merata di kulit kepala dan batang rambut yang basah. Gosok hingga berbusa, pijat lembut, lalu bilas. Lakukan keramas sebanyak 2x untuk hasil bersih maksimal!

3. Sebamed Shampoo Anti Dandruff

Source: Zalora

Produk perawatan rambut Sebamed Shampoo Anti Dandruff cocok digunakan untuk rambut berketombe atau berminyak. Shampo anti dandruff ini disertai dengan kandungan Piroctone Olamine yang dapat menutrisi rambut hingga bagian terdalam serta membuat ketombe tidak kembali. Dengan menggunakan Sebamed Shampoo Anti Dandruff, kulit kepala menjadi sehat bebas gatal dan ketombe!

4. Safi Hair Xpert-Anti Dandruff Shampoo

Source: Watsons

Safi Hair Xpert Anti Dandruff Shampoo memecahkan masalah ketombe dengan bahan aktif dan mentol ZPT. Kandungan ini mampu membersihkan ketombe sejak pencucian pertama. Sementara, kandungan Habbatus Sauda memelihara rambut agar tampak sehat.

Kulit kepala yang tertutup dalam waktu lama akhirnya mengundang keringat bercampur minyak dan secara alami berkontribusi terhadap ketombe. Hadirkan Safi Hair Xpert Anti Dandruff untuk masalah ketombe dalam rutinitas perawatan rambutmu!

5. Dancoly Green Tea Shampoo For Anti Dandruff

Source: Zalora

Dancoly Green Tea Shampoo For Anti Dandruff adalah shampo yang mengandung ekstrak natural teh hijau yang dapat secara efektif membersihkan kulit kepala. Dengan cara menghilangkan minyak berlebih serta membunuh bakteri pada kulit kepala. Ditambahkan secara khusus rasa mint untuk memberikan relaksasi di kulit kepalamu. Sehingga, membuat rambut menjadi lebih bersih, segar, dan berkilau tanpa ketombe!

Ekstrak teh hijau yang dipakai sudah disterilkan dan diproses terlebih dahulu untuk membuat kesan yang natural di rambutmu. Mengontrol minyak berlebih di rambut, sehingga ketombe hilang dan berkurang.

Baca juga : Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat Dalam 1 Bulan

Nah, itulah beberapa penyebab ketombe berkerak yang perlu kamu ketahui. Rawatlah kesehatan rambut dan kulit kepalamu dengan menjaga kebersihannya, serta menggunakan produk perawatan rambut yang tepat dengan jenis kulit kepalamu!

Mau cari berbagai produk shampoo terbaik yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama