Ciri Ciri Wajah Kusam dan Rekomendasi Produk untuk Cerahkan

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Apakah ZALORAns pernah merasa wajahmu kusam dan terlihat tidak cerah? Atau bahkan saat ini kamu sedang mengalaminya? Wajah kusam adalah kondisi di mana kulit tampak kurang bercahaya, tampak lelah, dan kurang fresh. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Termasuk paparan sinar matahari yang berlebihan, kurangnya asupan air, pola makan yang tidak sehat, stres, dan kurang tidur.

Selain itu, penumpukan sel kulit mati dan penggunaan produk perawatan kulit yang tidak sesuai juga dapat menyebabkan penampilan kulit yang kusam. 

Untuk mengatasi wajah kusam, penting untuk menjaga hidrasi kulit dan rutin melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati. Tak hanya itu, ZALORAns juga bisa menggunakan produk perawatan yang mengandung bahan-bahan pencerah. Selain itu, menjaga pola hidup sehat dengan cukup istirahat, makan makanan bergizi, dan mengelola stres juga sangat penting lho! Untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah dan bersinar.

Lalu, produk skincare apa aja sih yang bisa mengatasi wajah kusam? Eits, sebelum itu yuk ketahui terlebih dahulu seperti apa ciri-ciri wajah kusam berikut ini untuk melakukan penanganan yang tepat!

Baca juga : Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam dan Gelap

Ketahui Ciri-Ciri Wajah Kusam 

1. Kulit Gelap dan Tidak Bercahaya

Wajah kusam ditandai oleh kulit yang gelap dan tidak bercahaya. Meskipun kulitmu berwarna tan, kulit yang lembab dan sehat tidak akan terlihat kusam. Kulit yang terhidrasi dengan baik memiliki kilau alami dan tampak lebih cerah, bahkan jika warnanya lebih gelap.

Sebaliknya, kulit yang kering dan tidak terawat cenderung kehilangan kilauan dan tampak lebih kusam. 

2. Kulit Kering

Salah satu ciri utama dari wajah kusam adalah kulit yang kering. Kulit kering pada wajah kusam cenderung terasa kasar saat disentuh dan menunjukkan adanya garis-garis halus serta bertekstur. Selain itu, kulit kering ini juga dapat membuat warna kulit tampak tidak merata dengan munculnya bercak-bercak kering yang lebih jelas terlihat.

Kekurangan kelembaban menyebabkan kulit kehilangan kilau alaminya. Sehingga, wajah tampak lesu dan tidak sehat. Perawatan kulit yang tepat, seperti penggunaan pelembab yang rutin dapat mengembalikan hidrasi dan kecerahan pada kulit yang kusam.

3. Kulit Bersisik

Kulit bersisik ini menunjukkan adanya lapisan sel-sel kulit mati yang tidak terkelupas dengan baik. Sehingga, menutupi permukaan kulit dan menghalangi skincare menyerap pada kulit. Akibatnya, kulit tampak kurang bercahaya dan cenderung terlihat kering serta kasar.

Selain itu, kulit bersisik dapat membuat wajah terasa tertarik dan tidak nyaman, serta berisiko lebih tinggi mengalami iritasi. Lakukan perawatan seperti eksfoliasi teratur dan hidrasi yang cukup untuk dapat mengatasi dan mencegah kulit kusam dan bersisik.

4. Warna Kulit Tidak Merata

Warna kulit yang tidak merata adalah kondisi di mana pigmen kulit bervariasi di berbagai bagian wajah. Dimana, terdapat bagian kulit yang lebih gelap atau lebih terang dibandingkan dengan warna kulit asli. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari paparan sinar matahari berlebihan, penuaan, hingga masalah kulit seperti hiperpigmentasi.

ZALORAns bisa menggunakan tabir surya secara teratur dan memilih produk yang mengandung bahan pencerah alami seperti Vitamin C atau Niacinamide. 

Baca juga : Susah Cerah? Ini Skincare yang Bikin Glowing dan Putih

Produk Skincare Untuk Mengatasi Wajah Kusam

1. Kymm Skin Red Jelly Super Glowing Whitening Booster

Source: Zalora

Kymm Skin Red Jelly memiliki tekstur gel yang ringan dengan tekstur yang menyejukkan. Dengan kandungan Niacinamide, 8x Ceramide, Vit C, Glutathione, Tranexamic Acid, dan Peptide bagus untuk merawat skin barrier kulit. Bisa juga bermanfaat dalam mencerahkan kulit lebih cepat dengan 4 whitening dan meratakan warna kulit dari hiperpigmentasi (flek dan bintik hitam). Wajah tampak lebih cerah dan lembab deh! 

Dengan kandungan didalamnya, krim ini dapat meningkatkan fungsi (booster) mencerahkan dari produk skincare lainnya. Dapat membantu memudarkan bekas jerawat (PIE & PIH), mencegah tanda-tanda penuaan, serta mengenyalkan dan  menjaga keremajaan kulit. Tambahkan Red Jelly Glowing di skincare routine kamu!

2. Serum Avoskin Your Skin Bae Kojic Acid

Source: Avoskin

Salah satu serum dari Avoskin yang bisa jadi pilihanmu untuk membantu mencerahkan kulit, Memiliki kandungan utama Kojic Acid 1% Glycolic Acid, Soybean, dan Licorice. Kandungan Kojic Acid terkenal di Jepang yang bermanfaat dalam mencerahkan kulit. Cara kerja Kojic Acid adalah dengan menghambat enzim Tyrosinase yang dapat memicu pembentukan pigmen warna kulit dan mengurangi akumulasi melanin. 

Dengan kandungan baik di dalamnya, serum ini mampu membantu menyamarkan bintik hitam, serta mencerahkan dan meratakan warna kulit. Selain itu, juga dapat mencerahkan area yang tampak lebih gelap akibat paparan sinar matahari dan membantu mengurangi Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH).

2. Skintific 10% Niacinamide Brightening Serum

Source: Zalora

Serum pencerah dari Skintific ini mengandung 10% Niacinamide yang sama dengan kandungan Niacinamide pada SK-II, Arbutin, Ceramide, dan Centella Asiatica. Serum ini dapat mencerahkan dengan cepat, menghilangkan bekas jerawat dan bekas sunburn dalam 7 hari lho!

Niacinamide yang digunakan adalah Niacinamide terbaik di dunia, Royal DSM Niacinamide yang dapat melindungi kulitmu dan mencerahkannya secara mendalam. Sehingga, kulitmu tidak akan kusam lagi!

4. Somethinc 10% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Max Brightening Serum

Source: Somethinc

Somethinc akan membantumu mencapai tingkat kecerahan kulit yang maksimal! Serum ini mampu memperbaiki tekstur kulit, memperkuat skin barrier, menyamarkan flek hitam dan hiperpigmentasi pada kulit. Bisa juga melembabkan, mengembalikan kekenyalan, mengurangi kemerahan, melawan jerawat, dan meminimalkan tampilan kering atau rusak pada kulit. 

Terdapat beberapa kandungan utama didalamnya, seperti 10% Niacinamide yang mencerahkan, mengontrol produksi minyak berlebih, dan mengurangi tampilan pori-pori besar. Adapun kandungan Sabi White yang mampu mencerahkan kulit secara maksimal. Kandungan Beet Extract dan Hydrolized Algae Extract mampu menghidrasi dan menutrisi kulit kering, serta sebagai anti aging. 

Sedangkan, kandungan 72,5% Centella Asiatica Water dapat memperbaiki skin barrier dan membantu menenangkan kulit kemerahan. Kandungan Squalane pada serum ini juga bisa melembabkan serta membuat kulit menjadi kenyal dan awet muda. Dapatkan kulit cerahmu hanya dalam 4 minggu!

Baca juga : Rekomendasi Produk Somethinc Serum Terbaik, Berbagai Manfaat

Nah, itulah ciri-ciri wajah kusam yang perlu kamu ketahui serta pilihan produk skincare untuk mengatasi wajah kusam. Lakukan pola hidup sehat dan pilih skincare yang tepat dengan kondisi kulitmu!

Mau cari berbagai produk skincare yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama