Kenali Ciri Ciri Kulit Sensitif dan Tipe Skincare yang Cocok

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Tipe kulit setiap orang memang berbeda-beda. Salah satunya adalah tipe kulit sensitif. Apakah ZALORAns salah satunya? Kulit sensitif adalah kondisi di mana kulit bereaksi secara berlebihan terhadap faktor-faktor tertentu. Di mana, biasanya tidak menyebabkan iritasi pada kebanyakan orang. 

Kulit sensitif dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk genetika, lingkungan, dan penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok. Buat ZALORAns yang memiliki kulit sensitif bisa memilih produk perawatan yang lembut, hypoallergenic, dan bebas dari bahan kimia keras. 

Kalau ZALORAns belum mengetahui tipe kulitmu apakah termasuk kulit sensitif atau tidak, ZALORAns bisa cek ciri-cirinya berikut ini! Karena, ZALORA sudah merangkum beberapa ciri-ciri kulit sensitif yang perlu kamu ketahui! 

Baca juga : Ketahui Ciri Ciri Kulit Kering dan Skincare Tepat Untuk Kulit Kering

Ketahui Ciri-Ciri Kulit Sensitif

1. Lebih Reaktif

Kulit sensitif cenderung lebih reaktif terhadap bahan-bahan tertentu dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Hal ini disebabkan oleh lapisan pelindung kulit yang lebih tipis dan mudah terganggu. Sehingga, memungkinkan bahan kimia, pewarna, dan pewangi untuk menembus lebih dalam dan menyebabkan iritasi.

Kulit sensitif dapat merespons dengan cepat terhadap produk perawatan yang mengandung alkohol, asam, atau bahan aktif lainnya. Dengan memunculkan gejala seperti kemerahan, gatal, dan rasa terbakar. 

2. Timbulnya Kemerahan

Salah satu tanda yang paling umum dari kulit sensitif adalah munculnya ruam kemerahan yang dapat disertai dengan rasa gatal atau perih. Jika muncul kemerahan, maka hindari paparan terhadap zat pemicu iritasi dan lakukanlah perawatan ringan untuk memudarkan kemerahan. Dengan begitu, kulit akan memiliki kesempatan untuk pulih. 

Perawatan ringan, seperti menggunakan krim pelembab, kompres dingin, atau obat yang direkomendasikan oleh dokter dapat membantu meredakan gejala dan mempercepat proses penyembuhan. 

3. Kulit Mudah Berjerawat

Kulit mudah berjerawat merupakan salah satu ciri-ciri kulit sensitif. Apabila kulit kering dan sensitif, maka kulit cenderung menjadi kurang terlindungi dan rentan terhadap iritasi. Kondisi ini dapat merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi sebum secara berlebihan sebagai respons alami kulit untuk mengatasi kekeringan.

Namun, sebum berlebih ini dapat menyumbat pori-pori kulit. Sehingga, kulit menjadi rentan terhadap jerawat dan peradangan. 

4. Kulit Mudah Gatal-Gatal

Jika ZALORAns merasa kulitmu sering gatal-gatal, mungkin itu adalah tanda bahwa kamu memiliki kulit sensitif! ZALORAns coba perhatikan apa yang kamu aplikasikan pada kulitmu dan mencari produk yang cocok untuk jenis kulit sensitifmu. Karena, jika salah menggunakan skincare akan terjadi iritasi pada kulitmu. 

Ketika kulitmu terasa gatal, jangan menggaruknya. Karena dengan menggaruknya malah semakin memperparah kondisi kulit dan bisa terjadi luka dan infeksi. Jangan membilas kulit dengan air hangat ketika gatal-gatal ini timbul.

5. Kulit Kering, Bersisik, dan Terasa Tertarik

Apakah kulitmu terasa kering dan seperti tertarik? Nah, kondisi kulit seperti ini bisa menjadi tanda bahwa tipe kulitmu adalah sensitif. Kondisi ini terjadi karena kulit kurang terhidrasi dengan baik, sehingga kulit terasa kering dan bisa mengelupas.

Kulit yang kering akan semakin parah ketika pada cuaca yang sangat dingin atau panas. Tentunya sangat tidak nyaman bukan? Jadi, ZALORAns bisa memakai pelembab untuk menjaga hidrasi kulitmu.

Setelah mengetahui bahwa kamu memiliki tipe kulit sensitif, berikutnya ZALORAns harus memilih skincare yang khusus diperuntukkan bagi pemilik kulit sensitif! Produk skincare apa aja sih yang aman dan cocok untukmu? Berikut ini beberapa rekomendasinya untukmu!

Baca juga : Rekomendasi Facial Wash untuk Kulit Kombinasi

Rekomendasi Produk Skincare untuk Kulit Sensitif

1. ERHA Skinsitive Ultracalm Face Toner

Source: Erha Store

Toner hypoallergenic dan bebas alkohol dari Erha ini diformulasikan khusus untuk kulit sensitif yang secara aktif menenangkan kulit teriritasi ringan. Toner bertekstur ringan ini diformulasikan khusus dengan Multiple Soothing Agents dan ekstra Hyaluronic Acid untuk menyeimbangkan pH kulit. Sehingga, kulit terasa lembut, nyaman, dan kenyal seketika.

Toner ini mengandung Chamomile Extract, Allantoin, dan 7 ekstrak alami sebagai soothing agents yang menenangkan kemerahan pada kulit teriritasi ringan.

Kandungan Sodium Hyaluronate dan Hydrolyzed Hyaluronic Acid didalamnya mampu memberikan kelembaban ekstra. Adapun kandungan Ceramide dan Niacinamide yang akan menjaga kesehatan fungsi pertahanan kulit.

2. LANBENA Ectoin Soothing Facial Cleanser

Source: Lanbena

Busa yang dihasilkan oleh cleanser dari Lanbena ini begitu halus dan padat. Dengan formulanya yang lembut, pembersih wajah ini cocok untuk kulit sensitif. Mengandung Ectoin, bahan perbaikan anti-alergi yang lembut di kulit. Cleanser ini secara efektif dapat menenangkan kulit, membersihkan minyak wajah dan kotoran, serta membuat kulit menjadi halus, kencang, bersih, dan nyaman.

Kemudian, secara efektif mampu memperbaiki kulitmu dan menjaga kulit dari asap dan polusi udara.

Basuh tangan dan wajah, kemudian ambil Cleanser dalam jumlah yang sesuai pada telapak tangan dan usap hingga berbusa. Kemudian pijat dengan lembut ke seluruh wajah. Setelah itu, bilas sampai bersih dan keringkan.

3. Bio Essence Bio Water B5 Hydrating Toner 

Source: Zalora

Bio Energy Complex adalah formula unik yang diciptakan khusus untuk membantu meningkatkan kemampuan kulit dalam penyerapan oksigen ke dalam kulit. Dengan formula Anti-Pollution, toner ini dapat memberikan perlindungan pada kulit wajah dari polutan yang menyumbat pori dan membantu mencegah iritasi.

Kandungan Bio Energy Complex yang kaya akan mineral ini juga akan membantu menenangkan kulit wajah, menjaganya tetap lembab, segar, dan terhidrasi. Selain itu, toner ini juga mengandung hidrator alami.

Di mana, mengandung Vitamin B5 dan Sodium Hyaluronate yang secara optimal mampu mengisi dan mengunci kelembapan kulit wajah. Sehingga, menjaganya tetap terhidrasi dan elastis.

4. QV Skin Lotion Untuk Kulit Normal dan Sensitif

Source: Zalora

QV Skin Lotion adalah pelembab ringan untuk pemakaian sehari-hari yang membantu meredakan dan mencegah kulit kering. Cocok untuk kulit sensitif dan untuk digunakan pada kondisi kulit kering. QV Skin Lotion juga cocok digunakan untuk bayi dan lansia lho!

Teksturnya begitu ringan dan cepat terserap, namun juga cukup efektif untuk menyediakan hidrasi sepanjang hari. Lotion ini mampu menjadikan kulitmu lembab secara menyeluruh, sehingga tidak bersisik.

Baca juga : Rekomendasi Deodorant yang Bagus untuk Ketiak Basah dan Bau

Itulah beberapa ciri-ciri kulit sensitif yang perlu ZALORAns ketahui. Gunakanlah produk skincare khusus untuk kulit sensitif diatas sebagai daftar rangkaian skincare harianmu!

Mau cari berbagai produk skincare untuk kulit sensitif terbaik yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama