Ketahui Ciri Ciri Kulit Kering dan Skincare Tepat Untuk Kulit Kering

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Apakah ZALORAns merasa kulit wajahmu tertarik dan terasa kurang terhidrasi? Itu adalah beberapa tanda kalau kulitmu kering lho! Kulit kering dapat menyebabkan berbagai masalah yang mempengaruhi kenyamanan. Ketika kulit kehilangan kelembaban alaminya, ia cenderung menjadi kasar, bersisik, dan mudah teriritasi. 

Kondisi ini dapat membuat kulit gatal yang jika digaruk terus-menerus dapat menyebabkan luka dan infeksi. Apalagi kulit wajah yang kering tampak kusam dan tidak sehat, sehingga penampilan tidak terlihat fresh dan bercahaya. 

Lalu, seperti apa sih ciri-ciri kulit yang kering? Skincare apa ya yang cocok untuk kulit kering? Yuk, simak beberapa ciri-ciri kulit yang kering berikut ini!

Baca juga : Rekomendasi Body Lotion untuk Kulit Kering

Kenali Ciri-Ciri Kulit Kering

Untuk menentukan produk perawatan yang cocok untukmu, sebelumnya kenali terlebih dahulu jenis kulitmu. Jika ZALORAns merasa memiliki kulit kering, coba cek terlebih dahulu dengan ciri-ciri kulit kering berikut ini!

1. Kulit Kasar

Kulit kering adalah kondisi kulit yang ditandai oleh tekstur kasar dan tidak merata. Salah satu ciri utamanya adalah permukaan kulit yang tampak kering dan terasa kasar saat disentuh. Kulit kering juga cenderung lebih mudah terkelupas, terutama di area yang sering terpapar udara dingin atau kering.

2. Kemerahan

Kemerahan pada kulit dapat terjadi karena kulit yang kekurangan kelembaban, sehingga cenderung lebih rentan terhadap iritasi. Kurangnya kelembaban menyebabkan lapisan pelindung kulit melemah, sehingga kulit lebih mudah meradang ketika terpapar suhu dingin, angin, atau bahan kimia tertentu. 

3. Terasa Gatal

Apakah ZALORAns biasanya merasakan gatal pada kulitmu? Kulit kering membuatmu tidak nyaman akibat sensasi gatal yang muncul. Gatal pada kulit kering ini terjadi karena kekurangan minyak dan kelembaban yang membuat lapisan terluar kulit tidak dapat berfungsi secara optimal.

Rasa gatal ini biasanya lebih terasa saat cuaca dingin atau setelah mandi menggunakan air yang terlalu panas. Menggaruk bagian yang gatal bisa semakin memperburuk kondisi kulitmu lho! Jadi, jangan asal menggaruk ya!

4. Kulit Kusam dan Sensitif

Kulit kering ditandai dengan beberapa ciri yang mencolok, di antaranya adalah kulit yang tampak kusam dan sensitif. Tampilan kulit kusam terjadi karena kekurangan kelembaban, sehingga tidak memiliki kilau alami yang sehat dan sering terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Pasti ZALORAns tidak ingin terlihat lebih tua dan kusam bukan? Lalu, kenapa sih kok kulit kering bikin wajah terlihat kusam?

Hal ini terjadi karena kadar minyak alami pada kulit yang rendah. Sementara itu, kulit yang sensitif pada orang dengan kulit kering dapat menyebabkan reaksi yang berlebihan terhadap bahan-bahan tertentu. Seperti, sabun atau kosmetik yang bisa menyebabkan iritasi atau peradangan. 

Perawatan apa sih yang harus ZALORAns lakukan untuk mengatasi kulit kering ini? Berikut ZALORA sudah merangkum beberapa pilihan skincare sebagai moisturizer atau pelembab terbaik khusus untukmu!

Baca juga : Rekomendasi Bedak Padat Untuk Kulit Kering

Rekomendasi Skincare Terbaik untuk Melembabkan Kulit

1. Hand Body Lotion Marina Natural Rich Moisturizing

Source: Zalora

Marina Hand Body Lotion Natural Rich Moisturizing merupakan hand body lotion yang mengandung Natural Moisturizing Complex dan paduan dari Avocado, Olive, dan Pro Vitamin B5. Kandungan ini akan meresap hingga ke lapisan dalam kulit, memberikan kelembaban extra dan menguncinya, sehingga kulit tetap lembut. 

Lotion ini akan menjagamu saat beraktivitas sepanjang hari di luar ruangan yang dapat membuat kulitmu menjadi rusak. Karena akibat paparan sinar UV dan radikal bebas. Dengan formula khusus 24h Moisturizing yang menutrisi dan menjaga kelembaban alami kulit hingga lapisan terdalam selama 24 jam!

2. Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel

Source: Somethinc

Pelembab gel krim yang satu ini super lengkap dengan 10x Skin-Loving Advanced Ingredients lho! Kandungannya telah teruji mampu mengunci kelembaban hingga 24 jam! Dengan kandungan Marine Collagen, Palmitoyl Tripeptide, Sodium Hyaluronate, dan Ceramide di dalamnya.

Kandungan ini berfungsi memperkuat barrier kulit, menjaga elastisitas kulit, mencerahkan, sebagai anti-aging, dan menyamarkan noda hitam. Rasakan sensasi kelembaban 24 jam, skin barrier lebih sehat, dan wajah tampak awet muda!

3. Cetaphil Pro Ad Derma Skin Moisturizer For Very Dry Itchy Skin

Source: Zalora

Kulitmu terasa kering banget? Jangan khawatir! Atasi dengan Cetaphil Pro Ad Derma Skin! Moisturizer ini adalah pelembab yang telah teruji klinis dapat membantu meringankan gejala kulit yang sangat kering.

Kombinasi kandungan Ceramide dan Filaggrin Technology yang telah dipatenkan mampu membantu menjaga kelembapan kulit yang sangat kering selama 24 jam. Pelembab ini begitu lembut dan dapat membantu menjaga kehalusan dan kelembutan kulit.

Penyerapannya cepat dan mudah diaplikasikan, serta tidak terasa berminyak saat digunakan. Cocok banget untuk segala usia!

4. Cetaphil Moisturizing Cream

Source: Zalora

Cetaphil Moisturizing Cream adalah pelembab dengan kandungan yang memberikan kekuatan ekstra untuk melembutkan kulit. Serta, membantu melembabkan kulit sensitif dan yang sangat kering. 

Cetaphil Moisturizing Cream ini dibuat dengan teknologi yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit sejak hari pertama. Teruji secara klinis dapat memberikan kelembaban dan perlindungan tahan lama. 

Cepat diserap dan memberikan rasa halus, lembut, dan terlindungi pada kulit. Baik digunakan untuk kulit sensitif dan yang sangat kering sekalipun. Moisturizing Cream ini mengandung Almond Oil untuk membantu melembabkan kulit. 

5. Nature Republic Herbology Molokhia Deep Moisture Cream

Source: Zalora

Cream ini merupakan pelembab wajah yang kaya akan nutrisi untuk membantu menjaga kelembaban kulit dalam waktu yang lama. Mengandung Molokhia leaf extract untuk menghaluskan dan melembutkan kulit kering dan kasar. Mampu memberikan efek menenangkan untuk mengurangi resiko iritasi, serta merawat barrier kulit agar tetap sehat.

Molokhia atau dikenal dengan Jute atau bayam mesir, kaya akan beta-karoten, protein, vitamin E, C, B1, dan B2. Adapun Niacin, Potassium, Iron, Folat, Kalsium, dan Quercetin Flavonoid yang sangat baik untuk kesehatan.

Cream ini berfungsi melembabkan kulit kering, membuat kulit terasa lembut, halus, dan kenyal. Dapat digunakan pada kulit dengan permasalahan psoriasis sekalipun.

Baca juga : 5 Rekomendasi Masker untuk Kulit Kering Terbaik

Nah, itulah beberapa ciri-ciri kulit kering dan moisturizer untuk membantu melembabkan kulitmu secara optimal. Kenali jenis kulitmu untuk mengetahui skincare yang cocok untukmu!

Mau cari berbagai produk skincare yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama