Apa Sih Penyebab Bau Badan? Dari Hormon Hingga Makanan

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Bau badan bisa jadi musuh besar buat rasa percaya diri, apalagi pas lagi kumpul bareng teman atau di tempat kerja. Pasti mengganggu banget ya! Sebenarnya, bau nggak sedap ini muncul karena keringat yang ketemu sama bakteri di kulit, terutama di area lembab kayak ketiak. Selain itu, ada beberapa hal lain penyebab bau badan itu muncul lho!

Apa aja sih penyebab bau badan? Yuk, simak penyebab bau badan yang perlu kamu ketahui berikut ini!

Baca juga : Rekomendasi Sabun Antibakteri untuk Bau Badan, Bye Bau Badan!

Ketahui Penyebab Bau Badan

1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula dan Kafein

Terlalu banyak mengonsumsi gula dan kafein bisa menjadi salah satu penyebab munculnya bau badan tak sedap. Gula berlebih dalam tubuh dapat mengurangi kadar magnesium yang merupakan mineral penting untuk menjaga keseimbangan tubuh. Kekurangan magnesium ini bisa memicu produksi keringat berlebihan yang kemudian bereaksi dengan bakteri di kulit dan menghasilkan bau tak sedap.

Selain itu, kafein yang berlebihan juga memiliki efek serupa, meningkatkan aktivitas kelenjar keringat dan memperburuk aroma tubuh. 

2. Banyak Pikiran atau Stress

Ketika ZALORAns dalam kondisi stres, maka tubuhmu akan memproduksi keringat yang lebih banyak, terutama di area seperti ketiak. Keringat yang dihasilkan kelenjar ini cenderung lebih berminyak dan mengandung protein serta lipid yang menjadi makanan bagi bakteri di kulit.

Bakteri inilah yang kemudian memecah keringat, menghasilkan bau tidak sedap. 

3. Sering Mengonsumsi Makanan Pedas

Sering mengonsumsi makanan pedas dapat menjadi salah satu penyebab bau badan. Ketika kamu makan makanan pedas, suhu tubuh akan meningkat sebagai respons alami terhadap panas yang dihasilkan.

Peningkatan suhu tubuh ini merangsang kelenjar keringat untuk memproduksi lebih banyak keringat sebagai upaya untuk mendinginkan tubuh. Keringat yang berlebih ini bisa menghasilkan bau tidak sedap. 

4. Gangguan Metabolisme Tubuh

Bau badan yang tak sedap bisa disebabkan oleh gangguan metabolisme tubuh, dimana proses kimiawi dalam tubuh tidak berjalan dengan baik. Salah satu gangguan metabolisme yang dikenal adalah trimethylaminuria. Kondisi dimana tubuh tidak dapat memecah senyawa trimetilamina yang memiliki bau menyengat yang amis. 

Akibatnya, senyawa ini menumpuk dan dikeluarkan melalui keringat, napas, serta urin, menyebabkan bau badan yang sulit dihilangkan meskipun sudah menjaga kebersihan. Selain itu, gangguan metabolisme lain seperti diabetes dan gangguan tiroid juga dapat mempengaruhi produksi keringat dan memicu bau badan yang tidak sedap.

Baca juga : Tips Ampuh Cara Menghilangkan Bau Kaki

Rekomendasi Deodorant Terbaik

1. Perspirex Men AntiPerspirant Roll On

Source: Perpisex

Perspirex Men sebagai antiperspirant yang dibuat khusus untuk pria. Terbukti klinis dalam memberikan proteksi sempurna dengan formulanya yang sangat efektif, sehingga dapat bertahan berhari-hari. Perspirex juga mengandung Skin Care System untuk melindungi kulit dari kemungkinan iritasi.

Gunakan roll-on secukupnya (2 kali roll-on ke atas dan ke bawah di ketiak), sehingga Perspirex tersebar merata. Biarkan mengering terlebih dahulu sebelum memakai pakaian. Gunakan Perspirex setiap malam untuk 1 minggu pertama (pada malam hari saat tidak beraktifitas lagi) untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pada minggu selanjutnya, Perspirex cukup digunakan setiap 3-5 hari sekali atau sesuai kebutuhan pada malam hari saat tidak beraktifitas lagi. Bersihkan area tubuh yang diberikan Perspirex di pagi hari saat mandi. Pastikan ketiak dalam kondisi kering dan tidak ada luka.

Rasa gatal atau perih sementara dapat dialami bila penggunaan dilakukan saat ketiak basah atau ada bagian yang terluka. Jangan gunakan Perspirex 48 jam setelah bercukur atau waxing dan jangan gunakan pada anak-anak dibawah umur 12 tahun. Stop penggunaan bila terjadi iritasi atau reaksi alergi berkepanjangan.

2. Deorex Body Odorizer Spray Extra Whitening

Source: Zalora

Deorex Body Odorizer Spray Extra Whitening adalah varian baru Deorex Body Odorizer. Dengan kandungan Niacinamide 5% dan Vitamin C, membuatnya dapat mencerahkan dan memudarkan noda hitam pada kulit ketiak. Deorex Extra Whitening juga mengandung ekstrak madu dan chamomile yang dapat melembabkan dan menjaga kesehatan kulit ketiak.

Tidak hanya membuat ketiak lebih cerah dan bersih, tetapi juga mengatasi dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau badan dan keringat berlebih selama 72 jam. Varian ini juga mengandung teknologi masking fragrance. Dimana, kandungan ini mampu menetralisir bau badan menyengat dalam hitungan detik, serta memberikan stress relieving sensation.

Deorex Extra Whitening memiliki 4 kandungan utama dengan berbagai manfaat untuk kulit. Kandungan Niacinamide dan Vitamin B3 dapat mencerahkan dan memudarkan noda hitam pada kulit. Selain itu, dapat membantu menghaluskan tekstur kulit. Kandungan madu mampu menghidrasi dan melembabkan kulit, sehingga menjaga kulit tetap lembut dan mencegah kulit menjadi kering. Madu juga mengandung sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang membantu meredakan peradangan. Serta, secara alami untuk mencerahkan kulit 

Selain itu, terdapat kandungan Chamomile yang mengandung senyawa antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV. Serta, sebagai anti-inflamasi untuk meredakan iritasi. Kandungan Vitamin C (Ethyl Ascorbic Acid) di dalamnya dapat mencerahkan kulit secara alami dan mengurangi hiperpigmentasi. Sehingga, kulit tampak cerah dan merata. Serta, mampu menutrisi dan memperbaiki kulit, sehingga kulit menjadi lebih kencang, kenyal, dan elastis.

Cukup semprotkan Deorex pada bagian tubuh yang sudah dibersihkan dan dikeringkan. Tunggu hingga cairan meresap dan kering sepenuhnya.

3. The Body Shop Black Musk Deodorant Roll On

Source: Zalora

Deodorant roll-on ini dibuat dengan perpaduan aroma musk, pear, bergamot, ylang-ylang, dan patchouli yang manis dan misterius. Membantu mengurangi aroma kurang sedap dan keringat pada ketiak. Oleskan pada kulit ketiak dalam keadaan kering.

Diamkan hingga kering sebelum menggunakan pakaian. Gunakan deodorant pada malam hari karena akan bekerja lebih efektif ketika kelenjar keringat tidak terlalu aktif. Lengkapi perawatan tubuh dan keharuman lainnya dengan rangkaian Black Musk dari The Body Shop!

4. Monte And Wilde Bergamot & Cedarwood Roll On Deodorant

Source: Zalora

Deodoran dengan aroma bergamot dan cedarwood ini mampu memberikan perlindungan dari keringat dan bau badan sepanjang hari. Cocok untuk semua jenis kulit. Kocok sebelum digunakan dan pastikan ketiak kamu kering ya! Gulirkan dengan gerakan memutar secara merata pada kedua ketiak. Kini, ZALORAns udah nggak bau badan lagi deh!

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Ketiak, Bye Bau Badan!

Sekarang, ZALORAns sudah tahu kan apa saja penyebab bau badan terjadi? Hempaskan bau badan dengan gaya hidup sehat dan menggunakan deodorant atau antiperspirant yang bisa mengatasi masalah bau badanmu!

Mau cari berbagai produk perawatan tubuh terbaik yang aman dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama