Ayo Buat Sendiri Clay Mask Sesuai dengan Jenis Kulitmu!

Dapatkan kulit wajah bersih berseri dengan DIY Clay Mask yang sesuai dengan jenis kulitmu.

source: stylecaster

Satu lagi tren kecantikan yang sedang booming belakangan ini clay mask. Banyak brand merilis clay mask, mulai dari brand kecantikan konvensional hingga yang klaimnya natural organik. Ternyata kamu bisa membuat clay mask sendiri lho yang bahan campurannya disesuaikan dengan jenis kulitmu.

Sebelum itu, kamu perlu tahu bahwa tanah liat ini banyak macamnya, white clay yang biasa, pink clay, green clay, red clay, montmorillonite clay, bentonite clay, dan banyak lagi. Di toko perlengkapan skincare organik, clay biasanya dijual dalam bentuk bubuk.

Clay mask atau masker lumpur pada dasarnya punya sifat absorbing atau menyerap apapun minyak, racun, juga kelembapan kulit. Masker jenis ini sangat baik untuk mendetoks kulit atau membersihkan pori-pori. Makanya, memakai clay mask tidak boleh setiap hari. Tipsnya, bersihkan masker sebelum kering 100% dan tetap gunakan hydrating toner setelahnya.

UNTUK KULIT NORMAL

Kulit normal cenderung lebih mudah dirawat, yang penting ternutrisi dan senantiasa dijaga kebersihannya. Resep DIY clay mask untuk kulit normal pun gampang sekali. Cukup campurkan white clay bubuk dengan rose water untuk mengurangi kulit kusam dan lelah. Resep lain, bisa juga gunakan peppermint hydrosol sebagai campuran clay bubuk untuk efek soothing dan calming.

UNTUK KULIT SENSITIF ATAU KERING

Pemilik kulit sensitif biasanya akan khawatir over eksfoliasi memakai clay mask karena sifatnya yang detoxifiying sekaligus exfoliating. Oleh karena itu, pilih pink clay yang merupakan jenis clay paling ringan. Cukup lembut untuk kulit sensitif dan tidak terlalu mengeringkan untuk kulit kering. Campurannya bisa chamomile hydrosol. Chamomile sudah terkenal sebagai healing agent, dapat menenangkan kulit sensitif sekaligus menghidrasi.

UNTUK KULIT BERMINYAK

Mengingat clay memang sifatnya menyerap minyak, hampir semua resep clay mask kompatibel dengan jenis kulit berminyak. Tapi yang paling umum dan terbukti ampuh adalah kombinasi white clay dan activated charcoal. Selain dapat menyeimbangkan produksi minyak pada wajah, gabungan dua bahan ini dapat membersihkan komedo, mengatasi pori-pori tersumbat, serta mencerahkan wajah. Untuk pelarutnya, gunakan air matang. Ingat, activated charcoal yang dipakai cukup sedikit saja.

UNTUK KULIT BERJERAWAT

Resep pertama: 1 sdm clay bubuk, 1 sdm aloe vera gel, 1 sdt madu, 1 tetes lavender essential oil, dan 1 tetes tea tree essential oil. Campuran bahan-bahan ini sangat baik untuk kuit breakout, jadi lebih rileks, jerawat lekas mengering, dan bekas-bekasnya tersamar. Tapi memang agak rumit karena banyak kombinasi bahannya.Resep kedua yang lebih simpel: cukup campurkan green clay dan tea tree hydrosol hingga adonannya seperti pasta, lalu aplikasikan ke kulit. Green clay bagus untuk deep cleansing, mengecilkan pori-pori, serta mengatasi berbagai problem kulit. Tea tree hydrosol memiliki manfaat seperti tea tree essential oil namun lebih ringan. Cocok untuk kulit berjerawat.

Ingin Clay mask yang bisa langsung kamu pakai? Ini dia rekomendasi produk Clay mask di ZALORA!

Original artikel ditulis di THREAD by ZALORA