5 Treatment Menghilangkan Bekas Jerawat

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling umum dialami oleh banyak orang, baik pria maupun wanita. Tidak hanya mengganggu penampilan, jerawat juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan kepercayaan diri menurun.

Setelah jerawat sembuh, bekasnya seringkali masih terlihat. Bekas jerawat ini bisa berupa noda hitam, noda merah, atau bopeng. Bekas jerawat bisa membuat kulit tampak kusam dan tidak merata.

Ada berbagai cara untuk menghilangkan bekas jerawat, baik secara alami maupun dengan perawatan medis. Berikut adalah beberapa treatment menghilangkan bekas jerawat yang bisa kamu coba.

1. Treatment alami

Ada beberapa bahan alami yang bisa membantu menghilangkan bekas jerawat, antara lain:

Lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang bisa membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Gel lidah buaya juga bisa membantu melembapkan kulit dan membuat bekas jerawat tampak lebih cerah.

Lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang bisa membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan bekas jerawat. Namun, penggunaan lemon secara berlebihan bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Bac juga : 4 Eye Cream Lokal yang Ampuh Hilangkan Kerutan & Mata Panda

Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang bisa membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Tak hanya itu, kunyit juga bisa membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan bekas jerawat.

Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Sejak dahulu, madu dipercaya sebagai bahan kecantikan yang dapat merawat kulit. Ia juga bisa membantu melembapkan kulit dan membuat bekas jerawat tampak lebih cerah.

Oatmeal

Oatmeal memiliki sifat anti-inflamasi dan eksfoliatif yang bisa membantu mengurangi peradangan dan mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, Oatmeal juga bisa membantu melembapkan kulit dan membuat bekas jerawat tampak lebih cerah.

2. Treatment medis

Jika treatment alami tidak berhasil, kamu bisa mencoba treatment medis untuk menghilangkan bekas jerawat. Treatment medis ini biasanya dilakukan oleh dokter kulit. Berikut adalah beberapa treatment medis yang bisa kamu coba:

Chemical peeling

Chemical peeling adalah perawatan yang menggunakan bahan kimia untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan melakukan chemical peeling, treatment ini bisa membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan bekas jerawat lebih cepat dan efektif.

Microdermabrasi

Tak kalah populer, treatment microdermabrasi adalah perawatan yang menggunakan sikat berputar untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Microdermabrasi bisa membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan bekas jerawat.

Laser

Laser adalah perawatan yang menggunakan sinar laser untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Sinar ini pun banyak variasinya. Ada sinar merah dan biru dengan fungsi yang berbeda. Nah, kamu bisa memilih laser merah yang gunanya untuk membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan bekas jerawat.

Dermabrasi

Dermabrasi adalah perawatan yang menggunakan alat berputar untuk mengikis lapisan kulit terluar. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan alat berputar yang terbuat dari berlian, batu, atau kristal. Alat ini akan mengikis kulit hingga lapisan yang lebih dalam. Dermabrasi bisa membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan bekas jerawat.

Baca juga : Mengenal Tipe-Tipe Treatment Wajah di Dokter Kulit

Tips untuk menghilangkan bekas jerawat

Berikut adalah beberapa tips untuk menghilangkan bekas jerawat

Jaga kebersihan kulit

Cara terampuh untuk menghilangkan bekas jerawat adalah menjaga kebersihan kulit dengan mencuci muka. Jangan lupa untuk cuci muka dengan sabun pembersih yang lembut dua kali sehari untuk menjaga kebersihan kulit dan mencegah timbulnya jerawat baru.

Gunakan pelembap

Pelembap adalah produk perawatan kulit yang berfungsi untuk melembapkan kulit. Kulit yang lembap akan terasa lebih halus, lembut, dan kenyal. Pelembap juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, polusi, dan dehidrasi.

Hindari paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari bisa membuat bekas jerawat tampak lebih gelap. Oleh karena itu, gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari bahkan ketika kalian ada didalam ruangan.

Konsultasikan dengan dokter kulit

Jika kamu memiliki bekas jerawat yang parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Jangan sampai kamu salah coba produk!

Baca juga : Obat Jerawat Paling Ampuh, Andalan Lawan Jerawat!

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu bisa menghilangkan bekas jerawat dan mendapatkan kulit yang cerah dan mulus. Semoga artikel ini bermanfaat! 

Dapatkan berbagai produk skincare berkualitas dari brand-brand ternama hanya di ZALORA. Jangan lewatkan potongan harga yang sudah menantimu!

Penulis: Audrylea Reika