5 Mitos Shampo Penumbuh Rambut, Yakin Efektif? 

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu!

Tidak akan ada habisnya jika kita berbicara tentang kebotakan, betul? Setiap orang pasti mengalami kebotakan, baik yang muda ataupun yang tua. Hal ini menunjukkan bahwa kebotakan dapat terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin. 

Banyak orang mencoba berbagai cara untuk setidaknya membuat rambut mereka menjadi kuat dan lebat, salah satunya adalah dengan menggunakan shampo penumbuh rambut. Tapi, apakah benar shampo tersebut dapat membuat rambut lebat?

Kenapa Kita Mengalami Kebotakan?

Mungkin kamu bisa sedikit bernafas legah, karena faktanya tidak hanya kamu saja yang mengalami kebotakan. Hampir semua orang mengalami hal yang sama dan merasakan hal yang sama dengan kamu. 

Dilansir Alo Dokter, setidaknya ada sekitar 100 helai rambut yang akan rontok setiap harinya pada orang dewasa. Tapi, tentu saja jumlah helai rambut di atas tidak akan langsung membuat kamu menjadi botak, karena di saat yang bersamaan rambut baru akan tumbuh.  

Baca juga : Shampo untuk Atasi Rambut Rontok. Anti Botak!

Apa Penyebab Kebotakan?

Kebotakan atau bahasa medisnya adalah alopecia dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah kondisi autoimun. Walau demikian, ada beberapa faktor lainnya kenapa rambut kamu bisa rontok dan bahkan mengalami kebotakan.

Riwayat Keluarga

Jika kamu memiliki orang tua atau bahkan salah satu diantara orang tua kamu mengalami kebotakan, besar peluang bagi kamu untuk juga mengalami masalah yang sama. Faktor genetik atau keturunan ini juga dapat mengidentifikasikan kapan usia akan mengalami kebotakan. 

Hormon

Hormon yang bertanggung jawab atas kebotakan adalah DHT atau dihydrotestosterone. Semakin tinggi tingkat DHT dapat menyebabkan folikel rambut mengecil yang menyebabkan rambut tidak dapat tumbuh sebagaimana mestinya. 

Stres

Bukan rahasia umum lagi jika kamu sedang stres makan rambut-rambut akan rontok dengan mudah. Fenomena kerontokan akibat stres ini dinamai dengan telogen effluvium yaitu kondisi dimana kerontokan dapat terjadi secara mendadak atau tiba-tiba namun sifatnya sementara. 

Obat-obatan Tertentu

Penggunaan obat-obatan tertentu seperti obat depresi, hipertensi, hingga obat kanker juga dapat memicu kebotakan. 

Selain obat-obatan di atas, pil kontrasepsi dan suplemen vitamin A yang dikonsumsi secara berlebihan juga dapat mengakibatkan masalah yang sama. 

Beberapa orang yang mengalami kebotakan berusaha untuk mengobati kebotakan mereka dengan berbagai cara, seperti mengurangi penggunaan alat penata rambut, transplantasi rambut, hingga menggunakan shampo. Namun, apakah benar shampo penumbuh rambut seefektif itu dalam memperkuat akar, melembatkan hingga menumbuhkan rambut kembali? 

Baca juga : Vitamin Rambut yang Bagus, Nutrisi dan Jaga Rambut Tetap Sehat

Shampo Penumbuh Rambut, Apakah Efektif?

Shampo penumbuh rambut adalah produk perawatan rambut yang diformulasikan khusus untuk orang-orang yang mengalami kerontokan rambut dalam jumlah yang tidak wajar, akar rambut yang tidak kuat, dan rambut patah. 

Produk shampo mengandung bahan aktif yang berperan dalam memperpanjang siklus pertumbuhan rambut dan meningkatkan kekuatan serta ketebalan rambut. Lalu, apa saja kandungan yang ada di dalam shampo penumbuh rambut?

Minoksidil

Minoksidil adalah bahan aktif yang sangat umum digunakan dalam penumbuh rambut. Bahan ini dapat membantu memperluas pembuluh darah di kulit kepala, meningkatkan aliran darah ke folikel rambut, dan memperpanjang fase pertumbuhan rambut. 

Ketokonazol

Ketokonazol adalah bahan yang membantu mengurangi ketombe dan peradangan kulit kepala. Di samping itu, ketokonazol juga dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. 

Biotin (Vitamin H)

Biotin atau yang kerap dikenal dengan vitamin H berperan penting dalam pertumbuhan rambut. Suplemen biotin ataupun shampo yang mengandung biotin dapat membantu memperkuat akar rambut serta merangsang pertumbuhannya. 

Jika dilihat dari kandungan di dalam shampo penumbuh rambut, nampaknya cukup menjanjikan dan menggiurkan. Tapi, apakah shampo penumbuh rambut dapat memperkuat akar dan merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat? 

Mitos dan Fakta Shampo Penumbuh Rambut

Banyak mitos beredar tentang shampo penumbuh rambut yang perlu diluruskan. Ini sangat penting untuk kamu ketahui, mengingat pengetahuan ini akan membantu kamu dalam memahami produk perawatan penumbuh rambut dengan baik.

Shampo menumbuhkan rambut dengan cepat

Walaupun memiliki kandungan aktif yang sangat bermanfaat dalam melebatkan serta memperkuat akar rambut, shampo nyatanya tidak benar-benar dapat menumbuhkan rambut dengan cepat seperti yang kamu bayangkan. 

Pertumbuhan rambut adalah proses yang lambat dan memerlukan waktu yang cukup lama

Hanya saja, produk shampo penumbuh rambut dapat merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan kuat, namun bukan berarti dapat menumbuhkan rambut dengan cepat.

Semua produk penumbuh rambut sama

Tentu saja mereka memiliki tujuan yang sama yaitu menumbuhkan rambut dan mencegah kebotakan. Tapi, jika kamu lihat dari segi kandungan, antara satu merek dengan merek lainnya pastilah berbeda. Inilah pentingnya kamu untuk membandingkan merek yang satu dengan lainnya.

Baca juga : Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat Dalam 1 Bulan

Semua orang bisa menggunakan shampo penumbuh rambut

Faktanya, ada beberapa orang yang justru mengalami alergi karena menggunakan shampo. Hal ini dapat terjadi karena seseorang alergi terhadap kandungan atau zat kimia yang terkandung di dalam shampo penumbuh rambut.

Jika sudah genetik, maka sia-sia menggunakan shampo penumbuh rambut

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kebotakan juga dapat terjadi akibat faktor genetik atau keturunan. 

Tapi, ini bukan berarti kamu berhenti mencoba untuk mencegah kebotakan. Dalam banyak kasus, shampo penumbuh rambut dapat membantu mengurangi kebotakan, tapi tentu saja hasilnya akan berbeda pada masing-masing individu.

Shampo Dapat dipakai setiap hari

Shampo penumbuh rambut disarankan untuk digunakan secara berkala. Penggunaan yang berlebihan justru dapat membuat kulit kepala menjadi iritasi yang berdampak pada kerusakan rambut. Kamu bisa membaca petunjuk di balik kemasan dan ikuti panduan yang tertera. 

Semua produk shampo penumbuh rambut aman

Akan berbahaya jadinya jika produk yang kamu gunakan tidak terdaftar di BPOM. Walau hampir semua produk penumbuh rambut aman digunakan, ini bukan berarti tidak menyebabkan efek samping. 

3 Rekomendasi Produk Shampo Penumbuh Rambut

Khusus untuk kamu yang sedang mencari produk penumbuh rambut, berikut ada beberapa pilihan shampoo yang bisa kamu pertimbangkan untuk digunakan. 

Eucalie Organic Hair Growth & Loss Treatment

Eucalie adalah produk perawatan rambut organik yang diformulasikan khusus untuk membantu mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dan mengurangi masalah kerontokan rambut. 

Kandungan Eucalie Organic Hair Growth & Loss Treatment terdapat minyak argan, vitamin E, dan ekstrak bunga chamomile mampu merawat serta merangsang pertumbuhan rambut. 

Baca juga : Rekomendasi Shampo Pelurus Rambut, Bye Catokan!

Vienna Shampoo Blue Horse Herbal Growth

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan gambar kuda di bagian depan kemasan ini, bukan? Salah satu shampo penumbuh rambut terbaik yang bisa kamu gunakan adalah Vienna Shampoo Blue Horse Herbal Growth.

Produk ini mengandung ekstrak ginseng, lidah buaya, dan bunga chamomile yang sangat efektif untuk merangsang pertumbuhan rambut dan memperkuat akar rambut. 

Erha HairGrow Complete

Produk yang satu ini sedikit berbeda dengan produk shampo lainnya, karena produk ini tidak hanya akan merangsang pertumbuhan rambut, tapi juga membuat rambut kamu menjadi lebih sehat, bercahaya, dan lembut. 

Kandungan aktif seperti minoksidil, zinc PCA, dan biotinnya sangat membantu untuk merangsang pertumbuhan rambut dan menjaga akar rambut agar tetap kuat.

Kebotakan adalah hal yang umum terjadi, terlebih jika kebotakan yang sekarang kamu alami merupakan faktor genetik atau keturunan. Semakin kamu memikirkannya dan dibuat stres karenanya, proses kebotakan akan berlangsung semakin cepat. 

Lupakan sesaat kebotakan yang kamu alami dan cobalah untuk menggunakan beberapa rekomendasi produk shampo penumbuh rambut di atas. Kamu bisa beli di ZALORA untuk produk-produk perawatan rambut dengan harga terjangkau dan produk dijamin original.

Penulis : Ananda F Muhammad