Tips Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Baju putih memang sangat rentan terkena noda kuning akibat keringat. Membersihkan noda kuning pada pakaian putih bisa menjadi tugas yang cukup menyusahkan. Noda kuning sering kali muncul akibat reaksi kimia antara keringat, minyak tubuh, atau bahan pakaian dengan bahan pemutih yang digunakan saat mencuci.

Untungnya, ada beberapa metode yang efektif untuk mengatasi masalah ini. Yuk, coba beberapa langkah cara praktis yang dapat kamu ikuti untuk membersihkan dan menghilangkan noda kuning di baju putih mu dan menjadikannya bersih seperti baru.

Baca juga : Cara Mencuci Sepatu Putih Agar Tidak Menguning

Cara Efektif Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih

1. Campuran Detergen dan Pemutih

Source: Pinterest

Detergen dan pemutih bisa menjadi kombo pembersih yang bisa diandalkan untuk membasmi noda kuning pada baju putih mu. Detergen dan pemutih sangat mudah didapatkan di toko-toko sekitar. 

Kamu hanya perlu mencampurkan detergen dan pemutih, lalu rendam pakaianmu beberapa menit dalam air. Setelah itu kucek perlahan pada bagian yang menguning, lalu bilas dengan air bersih. Tak butuh waktu lama, bajumu akan kembali putih.

Baca juga : Ketahui Cara Membedakan Kain Sutra Asli dan Palsu

2. Campuran Air Lemon dan Garam

Source: Pinterest

Tahukah kamu kandungan apa yang ada pada lemon yang bisa membuatnya ampuh menghilangkan noda kuning pada baju? Lemon mengandung 5% Asam Sitrat yang mampu memudarkan noda kuning pada pakaian putihmu. 

Campurkan perasan lemon dan garam pada air hangat, kemudian rendam bajumu didalamnya. Tunggu hingga beberapa menit. Kucek perlahan pada bagian yang terkena noda kuning, lalu bilas, dan jemur dibawah sinar matahari.

3. Pasta Baking Soda

Source: Pinterest

Bila biasanya kamu mengenal baking soda sebagai bahan pengembang kue, baking soda juga bisa lho digunakan sebagai pembasmi noda kuning pada baju putih! Kandungan antiseptik ringan pada baking soda mampu mengangkat bakteri pada baju. 

Siapkan baking soda yang telah dicampur dengan sedikit air hingga berbentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada noda kuning dan diamkan beberapa menit. Setelah itu rendam baju pada air hangat yang telah diberi baking soda selama 30 menit.

4. Cuka Putih

Source: Pinterest

Selain baking soda, ada lagi bahan masakan yang bisa kamu pakai untuk menghilangkan noda kuning pada pakaian, yaitu cuka putih. Cuka bisa menghilangkan noda kuning dari yang ringan hingga yang pekat lho!

Bila noda nya tidak begitu pekat, kamu bisa buat campuran cuka dengan air sebanyak 1:1 dan tuang pada botol spray, lalu kocok hingga tercampur sempurna. Semprotkan pada noda kuning dan tunggu selama 30 menit sampai 1 jam. Setelah itu bilas dengan sabun..

Namun, jika noda kuningnya pekat dan sulit dihilangkan, kamu bisa langsung tuangkan cuka pada bagian baju yang terkena noda kuning, lalu diamkan selama 1 jam. Setelah itu, cuci dengan detergen hingga bersih.

Baca juga : Cara Mengukur Lingkar Dada Sendiri di Rumah, Nggak Ribet!

5. Aseton

Source: Pinterest

Buat kamu yang suka nail art, pasti kamu punya Aseton pembersih kuku bukan? Kamu bisa pakai Aseton sebagai penghilang noda pada baju mu lho! Kamu cuma perlu mencampurkan aseton dan air dengan perbandingan 1:2. Lalu oleskan cairan ini pada noda kuning di baju menggunakan kapas atau kain bersih. Diamkan beberapa menit, baru kamu bisa mencuci baju tersebut agar lebih bersih. Sangat mudah kan?

Nah, itulah beberapa tips cara menghilangkan dan membasmi noda kuning di baju putih dengan mudah. Kini baju putih mu kembali bersih dan jadi PD deh kalau mau pakai baju putih!

Dapatkan berbagai model pakaian kekinian dari brand-brand ternama hanya di ZALORA. Jangan lewatkan promo dan ekstra diskon menarik yang sedang menantimu.

Penulis: Fitrian Nurentama