Ketahui Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar PSSI dan FIFA

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Permainan sepakbola menjadi salah satu hobi dari kebanyakan kaum pria. Apakah ZALORAns juga termasuk diantaranya? Kalau iya, apakah kamu tahu berapa sih ukuran lapangan sepakbola? Sebagai pemain bola, ZALORAns perlu tahu ukuran lapangan yang kamu pakai untuk bermain sepakbola ini. Pemahaman yang baik tentang ukuran lapangan juga memungkinkan kamu untuk menyesuaikan dalam gaya bermain, baik dalam serangan maupun pertahanan. Sehingga dapat memaksimalkan potensi tim dan mengoptimalkan performa selama pertandingan.

Berikut ini ZALORA sudah merangkum ukuran lapangan sepakbola standar PSSI dan  yang perlu ZALORAns ketahui. Mari simak penjelasan selengkapnya dibawah ini!

Baca juga : Update Hasil Euro 2024: Pertandingan dan Klasemen

Ragam Ukuran Lapangan Sepakbola

1. Ukuran Lapangan Sepakbola Standar PSSI

Ukuran lapangan dengan standar PSSI memiliki ketentuan yang sejalan ketentuan FIFA. Namun, untuk standar PSSI ukuran lapangannya sedikit lebih kecil dibanding ukuran lapangan khusus pertandingan internasional. Untuk standar ukuran lapangan sepak bola yang ditetapkan PSSI yaitu memiliki panjang 90 meter hingga 120 meter dan lebar 45 meter hingga 90 meter. 

Kotak kiper memiliki panjang 18,30 meter dan lebar 5,5 meter. Sedangkan, untuk kotak penalti panjangnya 40,3 meter dan lebarnya 16,5 meter. Ukuran lingkaran tengah pada standar PSSI sama dengan ketentuan FIFA yaitu memiliki jari-jari 9,15 meter dan diameternya 18,30 meter.

2. Ukuran Lapangan Sepakbola Standar FIFA

FIFA menetapkan aturan mengenai ukuran lapangan pertandingan untuk pertandingan sepakbola internasional. Dimana, lapangan untuk permainan sepakbola internasional memiliki panjang minimal 100 meter dan maksimal 110 meter. Untuk ukuran lebarnya minimal 64 meter dan maksimal 75 meter.

Sedangkan, untuk ukuran kotak kiper memiliki ukuran panjang 18,30 meter dan lebar 5,5 meter. Sementara, untuk ukuran kotak penalti memiliki panjang 40,3 meter dan lebar 16,5 meter. Ukuran lingkaran tengah dalam lapangan sepak bola memiliki radius 9,15 meter.

3. Ukuran Lapangan Sepakbola Klub Dunia

Sejumlah stadion terkenal, seperti Camp Nou, Wembley, Old Trafford, Emirates, San Siro, Allianz Arena, Stamford Bridge, Tottenham Hotspur, dan Anfield menggunakan ukuran lapangan tersendiri. Umumnya, klub-klub dunia menggunakan standar ukuran lapangan 105 meter x 65 meter. Ukuran lapangan sepakbola ini telah memenuhi ukuran standar FIFA dan direkomendasikan oleh UEFA.

Baca juga : Ini Daftar 7 Bek Terbaik di Dunia Saat Ini

Komponen Penting Dalam Sepakbola

1. Pemain Sepakbola

Permainan sepak bola dimainkan oleh dua tim, dimana setiap regu terdiri atas 11 pemain utama. Salah satunya menjadi kiper atau penjaga gawang. Namun demikian, jumlah pemain ini juga disesuaikan dengan tingkatan usia pertandingan.

Untuk pertandingan resmi minimal jumlah pemain ada tujuh orang pada saat dimulainya permainan. Selain itu, terdapat pula pemain cadangan yang dapat menggantikan pemain utama saat pertandingan dimulai. 

2. Bola

Bola menjadi alat utama dalam permainan sepak bola yang dimainkan oleh para pemain. Nah, bola sendiri terbuat dari bahan kulit dengan bentuk bundar. Ukuran bola yang dimainkan ada beberapa ukuran, yaitu ukuran nomor tiga, empat, atau lima yang disesuaikan dengan tingkatan usia pertandingan.

3. Gawang

Gawang berfungsi sebagai tempat atau tujuan dari permainan sepakbola yang menentukan pemenang dari permainan ini dalam membuat gol. Dikatakan gol jika pemain dalam suatu regu dapat memasukkan bola ke gawang. Berbeda dengan ukuran lapangan sepak bola, untuk ukuran lebar gawang 7,32 meter dan tinggi mistar gawang ke tanah adalah 2,44 m.

4. Wasit

Wasit merupakan orang yang memimpin jalannya pertandingan olahraga. Pada sepakbola juga terdapat wasit yang ditemani dua hakim garis, satu wasit cadangan, dan penilai wasit. Wasit dalam sepak bola memiliki peran untuk memastikan jalannya pertandingan berlangsung dengan adil dan sesuai dengan aturan.

Tugas utama wasit meliputi mengawasi pertandingan, membuat keputusan tentang pelanggaran, memberikan kartu kuning atau merah, dan mengatur waktu tambahan. 

5. Waktu Permainan Sepakbola

Waktu dalam permainan sepak bola tergantung dengan umur dan tingkatan pertandingan. Namun, waktu permainan sepak bola secara resmi adalah 2 x 45 menit dengan jeda istirahat 15 menit. Apabila skor masih seri atau imbang maka dilanjutkan dengan babak tambahan dengan waktu 2 x 15 menit. Jika skor masih tetap imbang, maka akan diadakan adu penalti hingga menemukan pemenangnya.

Baca juga : Teknik Dasar Sepak Bola yang Perlu Kamu Tahu

Rekomendasi Sepatu Sepakbola Terbaik

1. Puma Ultra Match FG/AG Football Boots

Source: Zalora

Sepatu boot Ultra Match dilengkapi dengan upper mesh ringan yang diperkuat dengan lapisan tipis kulit Grip Control dan TPU Speedplate yang terinspirasi dari spike. Sol luar TPU Speedplate untuk traksi dan penggerak. Cocok untuk digunakan pada permukaan yang keras dan rumput buatan. Tingkatkan akselerasi lapangan ZALORAns ke level berikutnya. Kerah rajutan berpotongan rendah agar pas di pergelangan kakimu. 

2. Vitoria FG/AG Football Boots

Source: Zalora

Sepatu sepak bola Vitoria dibuat untuk pemain yang mencari sepatu bot dengan perawatan rendah dan desain klasik namun dibuat untuk permainan modern. Sepatu ini menggabungkan bagian atas yang lembut dengan jahitan yang ditingkatkan untuk kontrol yang sempurna dan sol luar yang membantu pemotongan cepatmu. 

Pada bagian upper dibuat dari bahan sintetis yang ringan. Bagian lidah cocok dengan berbagai bentuk kaki. Sol luar dari TPU ringan dengan kancing berbentuk kerucut. Cocok untuk digunakan pada permukaan lapangan yang keras maupun rumput buatan.

3. Puma Ultra Ultimate FG/AG Football Boots

Source: Zalora

Pada bagian atas Ultraweave dibuat begitu ringan dan direkayasa sepenuhnya. Sepatu bola Ultra Ultimate ini akan membawa kecepatan dan akselerasi khasnya ke level berikutnya. Kain rekayasa ultra-ringan dengan peregangan 4 arah terstruktur yang mengurangi berat dan gesekan. Dibangun untuk atlet yang ingin meningkatkan kecepatan dan kekuatan. 

Penerapan PWRTAPE diambil dari anatomi kaki manusia untuk memberikan dukungan alami untuk perubahan kecepatan dan arah yang cepat. Penguatan atas yang ditargetkan untuk dukungan dan daya tahan. Sockliner ringan yang dapat dilepas dengan teknologi Nano Grip akan menjaga kaki agar tidak tergelincir. Sol luar Speedplate berdensitas ganda untuk traksi dan propulsi tingkat berikutnya.

Baca juga : 10 Stadion Terbesar di Dunia, Apa Saja?

Itu dia beberapa ukuran lapangan sepakbola yang perlu ZALORAns ketahui, apalagi buat kamu yang suka permainan yang satu ini. Gunakanlah sepatu sepakbola yang terbaik dan nyaman untuk memaksimalkan gerakan dan permainan sepakbolamu. Semua koleksi sepatu sepakbola terbaik bisa ZALORAns temukan dengan mudah hanya di ZALORA!

Mau cari berbagai koleksi sepatu olahraga yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama