Teknik Dasar Lompat Jauh dan Faktor Keberhasilannya

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang menguji kekuatan dan kecepatan. Serta, teknik atlet dalam melompat sejauh mungkin dari titik awal. Penguasaan teknik-teknik dasar lompat jauh sangat penting agar tidak terjadi cidera dan lompatan lebih maksimal.

Tahukah ZALORAns apa aja sih teknik dasar lompat jauh? ZALORA udah merangkum informasi pentingnya berikut ini! Yuk, simak beberapa teknik dasarnya!

Baca juga : Kuasai Teknik Dasar Bulu Tangkis Berikut, Agar Makin Jago!

Teknik Dasar Lompat Jauh

1. Teknik Awalan

Teknik awalan pada lompat jauh ini sangat menentukan jauhnya lompatan sebelum terjadi tolakan. Awalan ini dilakukan dengan melakukan lari kecil terlebih dahulu, kemudian menambah kecepatan lari untuk memberikan kekuatan saat melakukan tolakan nantinya. Lakukanlah teknik awalan dengan berlari berkecepatan tinggi. Saat empat langkah sebelum tolakan, kecepatan lari harus konstan.

2. Teknik Menolak

Gunakanlah kaki terkuat mu sebagai tumpuan saat melakukan tolakan dengan diawali dari tumit hingga jari kaki. Untuk kaki yang lainnya, diangkat setinggi pinggul dengan lutut ditekuk. Saat melakukan tolakan, badan jangan terlalu condong ke depan. Pandangan fokus ke depan. Tujuan dari gerakan ini adalah untuk memaksimalkan jarak yang di dapat agar hasil lompatan jauh.

3. Teknik Melayang

Gerakan melayang adalah gerakan yang terjadi setelah melakukan tolakan, dimana posisi tubuh berada di udara atau melayang. Untuk mempertahankan posisi tubuh di udara, kamu bisa mendorong kaki belakangmu ke atas dengan kuat agar tubuh dapat melayang lebih lama.

Sehingga, jarak yang diperoleh pun lebih jauh. Lalu, tekuklah lututmu untuk persiapan sebelum mendarat.

4. Mendarat

Pendaratan ini terjadi ketika kakimu menyentuh tanah. Sebelum mendarat, luruskan kedua kakimu mengarah ke depan, agar memanjangkan jarak akhir jatuhmu. Kedua kaki sejajar dengan tumit terlebih dahulu jatuh ke tanah dalam posisi berhimpitan agar tidak cidera. Jarak lompat jauh dilihat dari jatuhnya kaki saat mendarat.

Baca juga : Teknik Dasar Pencak Silat Penting Sebelum Memula

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keberhasilan Lompat Jauh

1. Kecepatan

Kecepatan yang ditentukan saat berlari pada teknik awalan. Untuk itu, kecepatan lari harus diatur agar menghasilkan lompatan yang jauh dan maksimal. Memulai awalan dengan berlari perlahan, kemudian semakin cepat semaksimal mungkin, lalu konstan. Kecepatan setiap pemain dipengaruhi oleh kekuatan dan fleksibilitas.

2. Kekuatan

Tenaga yang dikeluarkan dalam melakukan awalan dan tolakan dengan tujuan mendapatkan lompatan yang maksimal. Kekuatan ini dapat dilatih dengan latihan yang rutin agar terbiasa. 

3. Keseimbangan

Keseimbangan merupakan kemampuan untuk mempertahankan tubuh dalam posisi tertentu. ZALORAns harus menjaga keseimbangan tubuh mulai dari saat melakukan teknik awalan hingga teknik mendarat. Termasuk, saat gerakan melayang, kamu harus bisa menjaga kestabilan tubuh agar pendaratan kaki menempuh jarak terjauh tanpa cedera.

Rekomendasi Sepatu Lompat Jauh Ternyaman

1. Structure 25 Women’s Road Running Shoes

Source: Zalora

Sepatu Nike ini didesain khusus untuk olahraga running. Running shoes dengan desain dual tekstur dan detail logo kontras. Detail single layer mesh yang breathable. Durable rubber sole nya juga tahan lama dan memiliki lekukan di bagian kaki depan untuk menciptakan fleksibilitas.

Alur vertikal di bagian samping membantu menciptakan stabilitas. Bahan di bagian dalam tumit, collar, dan tongue terasa halus dan nyaman saat dipakai.

2. Eagle Sepatu Lari Run Rider 

Source: Zalora

Apakah ZALORAns mencari sepatu lari yang nyaman? Sepatu lari dari Eagle ini cocok untuk basic level dan nyaman dipakai setiap saat. Desain upper dengan material sandwich mesh yang sangat ringan. Toecap Guard material PVC synthetic yang dapat melindungi area depan kaki. Ankle support dengan material PVC moulded sebagai struktur penahan area pergelangan kaki.

Durable bottom tooling dengan outsole menggunakan TPR. Selain itu, Back Counter stabilizer menggunakan mica emboss molded yang dapat membantu stabilitas area belakang sepatu. Comfort lining material Flex mesh pada colar membuat nyaman saat digunakan.

Baca juga : Rekomendasi Jersey Futsal Desain Keren dan Nyaman

Itulah teknik dasar lompat jauh yang perlu kamu ketahui. Rekomendasi sepatu lari diatas selengkapnya bisa ZALORAns temukan hanya di ZALORA!

Mau cari berbagai sepatu olahraga yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama