Rasakan Manfaat Pilates, Tubuh Sehat dan Lentur!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu!

 

Pilates adalah latihan fisik yang fokus pada penguatan otot inti, fleksibilitas, keseimbangan, dan postur tubuh. Diciptakan oleh Joseph Pilates pada awal abad ke-20, latihan ini bertujuan untuk meningkatkan stabilitas dan kebugaran tubuh secara keseluruhan. 

Pilates melibatkan gerakan yang terkendali dan lembut yang dapat memperbaiki kekuatan otot inti di sekitar perut, punggung bawah, dan pinggul. Selain itu, Pilates juga membantu meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan, memperbaiki postur tubuh, serta meredakan stres melalui teknik pernapasan yang teratur. 

Latihan ini dapat dilakukan dengan menggunakan matras atau alat khusus seperti Reformer, dan cocok untuk berbagai tingkat kebugaran, termasuk rehabilitasi pasca cedera. 

Untuk mengetahui berbagai manfaat Pilates yang akan ZALORAns dapatkan, yuk intip manfaat selengkapnya berikut ini!

Baca juga : Cara Melakukan Sikap Lilin Yoga dan Manfaatnya

Manfaat Pilates

1. Memperbaiki Postur Tubuh

Pilates memiliki manfaat besar dalam memperbaiki postur tubuh karena fokus utamanya adalah pada penguatan otot inti yang meliputi otot-otot di sekitar punggung bawah, perut, dan panggul. Otot-otot inti yang kuat memberikan dukungan yang lebih baik bagi tulang belakang, membantu menjaga keseimbangan dan stabilitas tubuh saat berdiri, duduk, atau bergerak. Pilates juga mengajarkan kesadaran tubuh yang lebih baik, membuat seseorang lebih sadar akan posisi dan cara mereka bergerak sehari-hari.

Gerakan-gerakan Pilates dirancang untuk memperpanjang otot dan memperbaiki alignment tubuh yang pada akhirnya dapat mengurangi ketegangan otot akibat postur yang buruk. Seperti bahu yang bungkuk atau punggung yang melengkung.

2. Tubuh Lebih Fleksibel

Dengan rutin melakukan Pilates, otot-otot menjadi lebih panjang dan lentur, sehingga meningkatkan rentang gerak tubuh. Gerakan peregangan dalam Pilates, seperti forward bend atau spine stretch, membantu melepaskan ketegangan otot, mencegah kekakuan, dan meningkatkan elastisitas otot. Fleksibilitas yang lebih baik tidak hanya membantu tubuh bergerak lebih mudah, tetapi juga mengurangi risiko cedera saat melakukan aktivitas sehari-hari atau latihan lain.

3. Otot Inti Menjadi Lebih Kuat

Gerakan Pilates dirancang untuk menguatkan otot-otot di area perut, punggung bawah, bokong, dan pinggul. Otot inti yang kuat memberikan stabilitas tubuh yang lebih baik, sehingga membantu meningkatkan postur dan mencegah cedera, terutama di punggung. Pilates melibatkan gerakan yang terkontrol, yang menargetkan otot-otot dalam tanpa perlu latihan beban berat. 

4. Meredakan Nyeri Punggung Bawah

Latihan ini memperkuat otot-otot di sekitar tulang belakang, punggung, dan perut yang dapat mendukung tulang belakang dan menjaga keseimbangan tubuh. Gerakan Pilates yang terkontrol juga membantu meningkatkan fleksibilitas dan stabilitas di daerah punggung bawah, sehingga mengurangi ketegangan dan nyeri pada area tersebut.

Selain itu, Pilates melibatkan teknik pernapasan dan peregangan yang membantu melepaskan ketegangan otot, meningkatkan sirkulasi darah, dan mendorong relaksasi. Latihan ini mengajarkan bagaimana menjaga posisi tubuh yang baik dalam aktivitas sehari-hari yang dapat mencegah nyeri punggung bawah kambuh.

5. Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Pilates tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Saat berlatih Pilates, terdapat latihan pernapasan dan gerakan tubuh yang melatih pikiran untuk tetap terfokus pada aktivitas saat ini. Kesadaran tubuh yang diajarkan dalam Pilates memungkinkan untuk lebih memperhatikan posisi dan gerakan, sehingga meningkatkan konsentrasi dalam kegiatan sehari-hari. 

Selain itu, teknik pernapasan yang menenangkan dalam Pilates membantu meredakan stres dan kecemasan, sehingga pikiran menjadi lebih jernih dan mampu fokus. Latihan fisik ini juga meningkatkan sirkulasi darah, termasuk aliran darah ke otak yang berkontribusi pada fungsi kognitif yang lebih baik. Di samping itu, Pilates melibatkan aspek mental dengan mengingat urutan gerakan dan teknik yang benar, sehingga melatih otak untuk lebih aktif dan responsif. 

6. Menurunkan Berat Badan

Pilates dapat menurunkan berat badan, meskipun bukan merupakan latihan kardio yang intens. Latihan ini membantu meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan massa otot, sehingga tubuh membakar lebih banyak kalori bahkan saat istirahat. Kombinasi Pilates dan pola makan sehat, membuatmu dapat mencapai tujuan penurunan berat badan yang lebih efektif.

7. Mengatasi Stres

Teknik pernapasan yang dalam dan teratur dalam Pilates membantu menenangkan sistem saraf dan meredakan ketegangan, sehingga dapat mengurangi tingkat stres. Gerakan lembut dan terkontrol dalam Pilates juga membantu merelaksasi otot. Sehingga, memberikan efek menenangkan yang dapat mengurangi ketegangan fisik. Selain itu, latihan fisik terbukti meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala depresi. 

Baca juga : Ketahui Macam-Macam Senam Lantai

Rekomendasi Outfit Pilates yang Nyaman

1. Airlite High Waist Sliming Effect Sport Legging

Source: ZALORA

Legging ini dibuat dengan desain high waist dan jahitannya membentuk kaki terlihat lebih slim. Membantu membentuk bagian bokong dan panggul terbentuk lebih kencang. Bahan yang digunakan super stretch, kuat, dan tahan lama. Cocok untuk aktifitas yoga, pilates, gym, lari atau olahraga outdoor. 

Selain itu, legging ini juga dapat dipakai berenang. Dilengkapi dengan UV+ Protection sebagai perlindungan terhadap sinar UV.  Didesain dengan memberi ruang gerak yang lebih bebas dan memiliki teknologi cepat kering ketika basah. Serta, Anti Static yang mencegah debu menempel pada pakaian.

2. Rok Pendek Activewear Sport Olahraga by Organ

Source: ZALORA

Rok mini olahraga dengan desain flowy dan lightweight feel ini sangat ideal untuk aktivitas fisik yang nyaman dan stylish. Terbuat dari material polyester spandex jersey, rok ini memiliki keunggulan tidak transparan, sehingga memberikan rasa percaya diri saat bergerak. Bahan yang ringan membuatnya mudah dikenakan dan memberikan kenyamanan maksimal. 

3. Atasan Short Sleeve Activewear V Neck by Organ

Source: ZALORA

Atasan yang didesain khusus untuk olahraga yoga ini bisa ZALORAns kenakan ketika berolahraga. Atasan ini sangat cocok buat kamu penggemar aktivitas fisik. Dengan nuansa solid tone, yoga tee ini menampilkan desain yang comfy dan suportif, ideal untuk berbagai gerakan yoga. Selain itu, atasan ini juga cocok untuk dipadukan dengan berbagai outfit olahraga. Terbuat dari material poliester kombinasi, atasan ini tidak transparan, ringan, dan tidak stretch.

Baca juga : Olahraga Pound Fit, Rhythmic Cardio dengan Musik Seru

Nah, itulah beberapa manfaat Pilates yang akan ZALORAns dapatkan jika dilakukan secara rutin. Setelah mengetahui manfaat Pilates diatas, kini nggak ada alasan buat malas berolahraga kan? Apalagi dengan dukungan outfit yang tepat untuk berolahraga, membuat olahraga semakin nyaman deh!

Mau cari berbagai pakaian olahraga yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama