Penting! Manfaat Olahraga Teratur Bagi Kesehatan 

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Apakah badanmu mulai terasa pegal dan lelah jika melakukan aktivitas? Mungkin saatnya ZALORAns mulai membiasakan diri untuk berolahraga secara teratur. Olahraga ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kamu. ZALORAns bisa mulai dengan latihan kecil untuk membiasakan diri.

Mau tahu apa saja manfaat penting dari olahraga? Berikut adalah beberapa manfaatnya!

Baca juga : Pakaian Renang Dianjurkan Berbahan Apa Sih? 

Beragam Manfaat Penting Olahraga Bagi Tubuh

1. Mengontrol Berat Badan

Source: Pinterest

Salah satu manfaat utama dari berolahraga adalah kemampuannya untuk membantu mengontrol berat badan. Melalui aktivitas fisik yang teratur, tubuh membakar kalori dan lemak lebih efisien. Sehingga, dapat membantu menurunkan berat badan atau menjaga berat badan yang sehat. 

Berbagai jenis olahraga, mulai dari kardio seperti lari atau bersepeda hingga latihan kekuatan seperti angkat beban bisa kamu coba. Kegiatan ini dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan mempercepat proses pembakaran kalori.

Selain itu, olahraga juga dapat membentuk otot tubuh yang membantu meningkatkan penampilan fisik dan meningkatkan rasio otot-lemak. 

2. Mengurangi Resiko Terkena Penyakit

Aktivitas fisik yang teratur dan konsisten telah terbukti efektif dalam meningkatkan kesehatan jantung, mengatur tekanan darah, dan mengontrol kadar kolesterol. Dengan melibatkan diri dalam aktivitas fisik, sistem kekebalan tubuh juga diperkuat. Membuat tubuh lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit. 

3. Meningkatkan Aktivitas Otak

Latihan fisik yang teratur dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel saraf. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat, serta membantu mencegah penurunan kognitif terkait usia dan penyakit neurodegeneratif. 

Baca juga : 5 Alat Senam Irama untuk Latihan Efektif

4. Meningkatkan Massa Otot dan Tulang

Source: Pinterest

Saat kita terlibat dalam aktivitas fisik, tubuh kita merespons dengan meningkatkan produksi otot dan memperkuat tulang. Latihan beban, seperti angkat beban dapat merangsang pertumbuhan otot dengan memicu proses pembentukan protein di dalam sel-sel otot. Selain itu, aktivitas berat seperti lari, bersepeda, atau berenang juga dapat memberikan rangsangan yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang.

Sehingga, dapat membantu menguatkan kerangka tubuh dan mengurangi risiko osteoporosis pada masa mendatang. 

Dengan meningkatnya massa otot dan tulang, tubuh menjadi lebih kuat dan lebih tahan terhadap cedera. Selain itu, meningkatnya massa otot juga dapat membantu meningkatkan metabolisme, membakar lebih banyak kalori, dan mengoptimalkan berat badan.

5. Tidur Berkualitas

Source: Pinterest

Ketika tubuh berolahraga, maka otot-otot bekerja lebih keras dan menghasilkan energi yang lebih banyak. Setelah berolahraga, tubuh membutuhkan waktu untuk pulih, sehingga tidur akan lebih nyenyak di malam hari. Selain itu, olahraga dapat membantu mengurangi stres dan kegelisahan yang sering menjadi penyebab utama gangguan tidur. 

Dengan tidur yang berkualitas, tubuh memiliki kesempatan untuk memulihkan diri dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, menjadwalkan waktu untuk berolahraga secara teratur dapat membantu memastikan tidurmu dengan lebih baik. Sehingga, kamu bangun dengan tubuh yang segar dan bugar setiap pagi.

Rekomendasi Sepatu Olahraga Ternyaman

1. Puma Amare Fresh Running Shoes 

Source: Zalora

Running shoes dari koleksi Puma ini didesain dengan nuansa dark tone dengan breathable supportive feel. Dibuat dengan kombinasi warna hitam dan putih yang stylish dan simple. Upper tekstil dan sintetis dibuat dengan lightweight feel.

Bagian insole tekstilnya dibuat dengan cushioning yang comfy. Sedangkan, bagian rubber outsolenya dibuat dengan traksi maksimal. Sepatu ini menjadi pilihan sempurna untuk menemani setiap aktivitas olahraga mu!

Baca juga : Apa Itu Workout? Ketahui Manfaatnya Bagi Kesehatan

Itulah sebagian kecil dari manfaat yang akan ZALORAns dapatkan jika rajin olahraga. Masih ragu dan mager untuk berolahraga setelah mengetahui berjuta manfaatnya?

Mau cari berbagai koleksi sepatu olahraga yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama