Pelajari Teknik Renang Gaya Dada Agar Makin Jago! 

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Renang gaya dada adalah salah satu gaya renang yang paling dikenal dan paling sering digunakan oleh para perenang. Gaya ini terkoordinasi antara kedua tangan dan kaki, serta gerakan kepalanya. Renang gaya dada biasanya dipilih oleh perenang pemula karena gerakannya lebih mudah dipelajari dan dikuasai dibandingkan dengan gaya renang lainnya. Namun, gaya dada juga digunakan oleh perenang yang lebih berpengalaman dalam kompetisi renang, karena dapat memberikan kecepatan dan ketahanan. 

Kalau ZALORAns belum tahu bagaimana cara melakukan renang gaya dada, yuk simak teknik renang gaya dada berikut ini!

Baca juga : Rekomendasi Peralatan Renang untuk Pemula Wajib Punya

Cara Melakukan Teknik Renang Gaya Dada

1. Posisi Badan dan Kepala

Saat melakukan renang gaya dada, badan menghadap ke air dengan posisi mengapung. Sedangkan kepala, sebagian besar berada di dalam air dengan sedikit wajah terangkat untuk mengambil napas.

Untuk pengambilan napas, lakukan setelah satu atau dua kali melakukan gerakan tangan dan kaki. Ambil napas dengan membuka mulut saat sebagian kepala muncul di atas permukaan air.

2. Gerakan Kaki

Saat posisi badan tengkurap di air, luruskan kaki. Lalu, gerakkan kaki dengan menekuknya ke arah dalam hingga hampir menyentuh bokong. Sehingga, kedua tumit saling berdekatan. Kemudian, tendang kaki ke arah luar, sehingga kaki lurus. Gerakan ini berguna untuk memberi gaya dorong ke depan.

Semakin cepat gerakannya, maka semakin cepat kamu berenang. Gerakan kaki ini menyerupai gerak kaki katak saat berenang. Sehingga, renang gaya dada ini juga disebut sebagai renang gaya katak. 

3. Gerakan Tangan

Saat menggerakkan kaki, kedua tangan diluruskan ke depan. Kemudian, kedua tangan dibuka ke samping tubuh. Saat kedua tangan membuka, dorong sedikit sebagian kepala ke permukaan air untuk mengambil napas. Gerakan tangan ini juga dapat meningkatkan kecepatan berenang.

Setelah itu, tangan kembali lurus ke depan. Lakukan bergantian dengan gerakan kaki. Dengan melakukan gerakan tangan dan kaki yang benar, berguna dalam menyeimbangkan posisi tubuh di permukaan air.

Baca juga : Rekomendasi Kolam Renang Jakarta : Seru Untuk Liburan

Rekomendasi Celana Renang Ternyaman

1. Neowave Ethan 7/8 Legging Jammer by Lee Vierra

Source: Zalora

Dibuat khusus dengan kualitas terbaik yang multifungsi, Neowave Ethan 7/8 Legging Diving menawarkan desain modern yang atletis. Celana ini merupakan celana renang pria berbahan kombinasi paduan 80% nylon dan 20% spandek-lycra.

Celana bernuansa hitam ini dihiasi dengan detail motif di sampingnya dengan warna kontras. Dengan celana renang ini, ZALORAns bisa tetap merasa nyaman dan modis disaat melakukan aktivitas olahraga! 

2. Neowave Morgan Jammer by Lee Vierra

Source: Zalora

Terbuat dari bahan berkualitas tinggi, Morgan Short Pants Diving ini merupakan celana renang pendek yang menyediakan keseimbangan sempurna untukmu. Di mana, desainnya begitu nyaman dan lengkap antara durabilitas dan elastisitas.

Cocok untuk bersantai dipinggir kolam renang ataupun berenang di laut. ZALORAns bisa tetap terlihat bagus dan nyaman dengan desain yang serbaguna ini!

Baca juga : Rekomendasi Baju Renang Wanita, Stylish dan Nyaman!

Nah, itulah beberapa teknik renang gaya dada yang perlu kamu ketahui sebelum berenang. Serta, rekomendasi celana renang ternyaman yang selengkapnya bisa kamu cek di ZALORA!

Mau cari berbagai outfit olahraga seperti pakaian renang model terbaru yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama