Lama Waktu Permainan Bola Voli dan Peraturannya

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Bermain bola voli memang sangat menyenangkan! Siapa nih yang suka sama permainan yang satu ini? Olahraga tangan ini begitu menarik untuk dimainkan bersama teman-teman. Tahukah kamu berapa lama waktu permainan bola voli ini?

ZALORA sudah merangkum beberapa hal mengenai lama waktu permainan bola voli berikut ini! Yuk, simak informasinya!

Baca juga : Berbagai Istilah dalam Permainan Bola Voli

Waktu Permainan Bola Voli

Pada pertandingan bola voli terbagi menjadi tiga set. Meskipun dalam beberapa kompetisi yang lebih besar, seperti turnamen tingkat nasional atau internasional, pertandingan dapat terdiri dari lima set. Setiap set dalam bola voli dimainkan hingga salah satu tim mencapai skor 25 poin, dengan selisih minimal dua poin dari lawannya. 

Jika kedua tim mencapai skor 24-24, maka pertandingan akan berlanjut hingga salah satu tim mencapai selisih dua poin. Selain itu, terdapat istirahat singkat antara set pertama dan kedua, serta set ketiga (jika permainan menggunakan format tiga set). Biasanya berlangsung selama 1-3 menit untuk memberikan waktu istirahat singkat kepada para pemain.

Waktu permainan dalam bola voli dapat bervariasi tergantung pada kecepatan permainan dalam mencetak 25 poin.

Peraturan Pemain Bola Voli

Dalam permainan bola voli, terdapat beberapa macam pemain yang memegang peran yang berbeda dalam tim. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Spiker

Spiker adalah pemain yang bertanggung jawab untuk melakukan serangan atau spike ke arah lapangan lawan. Mereka biasanya memiliki postur yang tinggi dan kuat, serta memiliki kemampuan melompat yang baik untuk mencapai bola yang lebih tinggi.

2. Setter 

Setter adalah pemain yang bertanggung jawab untuk mengatur pola serangan tim dengan mengatur bola untuk pemain penyerang. Mereka memiliki peran penting dalam membangun serangan yang efektif. Serta, memastikan distribusi bola yang merata kepada pemain lain di tim.

3. Libero 

Libero adalah pemain bertahan khusus yang memiliki kemampuan defensif yang sangat baik. Mereka memiliki peraturan khusus yang memungkinkan mereka untuk masuk dan keluar lapangan tanpa batasan posisi. Libero biasanya ditempatkan untuk mengamankan bola-bola yang rendah dan berperan dalam mencegah bola jatuh ke lapangan sendiri.

4. Bloker 

Bloker adalah pemain yang memiliki tugas utama untuk mencegah bola lawan masuk ke lapangan dengan melakukan blok. Mereka biasanya dipilih yang memiliki postur tinggi dan kemampuan melompat yang baik. Serta, kecepatan reaksi yang cepat untuk menutupi area net.

5. Pemain Bertahan (Defender)

Pemain bertahan adalah pemain yang memiliki kemampuan defensif yang kuat dan bertanggung jawab untuk mencegah bola jatuh ke lapangan sendiri. Defender dikhususkan untuk bertahan dari serangan lawan. 

Baca juga : Ketahui Teknik Dasar Permainan Bola Voli 

Rekomendasi Pakaian Olahraga Ternyaman

1. Dri-FIT Legend Men’s Sleeveless Fitness T-Shirt

Source: Zalora

Buat atasan olahraga yang nyaman, ZALORAns bisa nih pakai kaos sleeveless dari Nike satu ini! Kaos ini dibuat dari bahan jersey yang lembut dan mampu menyerap keringat kembali dengan tampilan dan nuansa yang diperbarui.

Kaos ini begitu lembut dan memiliki kemampuan Teknologi Dri FIT untuk menghilangkan keringat dari kulitmu dengan penguapan lebih cepat. Membantumu tetap kering dan nyaman saat berolahraga!

2. HAPPYFIT Short Men’s Basic Running Black

Source: Zalora

Celana pendek memang begitu nyaman dipakai untuk aktivitas olahraga apapun! Pilihan celana pendek dari Happyfit yang satu ini hadir dengan tampilan yang simple. Dilengkapi dengan saku zipper dan karet pinggang yang nyaman. Tersedia dalam pilihan warna netral yaitu hitam, abu-abu, dan shark blue. 

Baca juga : Rekomendasi Alat Olahraga Tangan, Melatih Otot Tangan

Mau cari berbagai outfit olahraga yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama