Kuasai Teknik Dasar Bulu Tangkis Berikut, Agar Makin Jago!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Jenis olahraga satu ini lagi kekinian banget nih di kalangan para pemuda! Apalagi kalau bukan bulu tangkis! Olahraga ini termasuk simple dan mudah dalam memainkannya. Baik hanya untuk sekedar hobi maupun dalam ranah profesional, bulu tangkis termasuk olahraga yang diminati.

Tahukah ZALORAns teknik dasar dari permainan ini? Selengkapnya, yuk intip seperti apa teknik dasar permainan bulu tangkis berikut ini!

Baca juga : Inilah Sepatu Badminton Terbaik, Tetap Stylish dan Nyaman

Beragam Teknik Dasar Bulu Tangkis

1. Memegang Raket (Grip)

Source: Pinterest

American Grip

Kalau ZALORAns akan melakukan smash, American grip cocok untuk situasi ini! Caranya dengan menggenggam tangkai raket dan posisikan ibu jari dan dan telunjuk agar saling menempel. Sehingga, seperti terbentuk huruf O. Jenis pegangan ini dapat memberikan kekuatan pukulan yang maksimal.

Backhand Grip

Cara menggenggam raket dengan teknik ini adalah dengan memosisikan ibu jari di belakang tangkai raket. Lalu, tekanlah seolah-olah ibu jari yang menjadi penyokong raket.

Forehand Grip

Berbeda dengan Backhand grip, teknik forehand grip menggunakan jari telunjuk, tengah, manis, dan kelingking sebagai penyokongnya. Teknik ini dapat digunakan saat pemain sedang melakukan gerakan yang lincah dan cepat.

Combination Grip

Teknik memegang raket yang satu ini merupakan kombinasi dari beberapa teknik sebelumnya. Dimana caranya dengan memegang raket seperti biasa dengan jari telunjuk ke arah ujung raket. Sebagai penyokongnya tangkai raket menggunakan ibu jari. Sedangkan, jari lainnya di bawah tangkai raket.

Baca juga : Rekomendasi Raket Badminton yang Bagus dan Awet

2. Teknik Pukulan

Servis

Servis ini dibagi menjadi dua, yaitu servis atas dan servis bawah. Jika servis atas dilakukan dengan memukul kok yang berada di atas bahu atau kepala. Sedangkan, servis bawah dilakukan dengan pukulan pada kok yang berada di bawah bahu atau dada. Sehingga, kok akan cenderung melambung.

Pukulan Drive

Pukulan ini dilakukan ketika akan mengembalikan kok dari lawan dengan cepat dan pergerakannya mendatar. Nah, pukulan yang dilakukan juga kuat.

Pukulan Smash

Smash merupakan pukulan yang juga dilakukan dengan cepat dan keras untuk membuat lawan tidak dapat membalas serangan. Teknik ini menghasilkan pukulan dari atas ke bawah dengan tajam. Sehingga, tak memberi kesempatan bagi lawan untuk membalikkan serangan.

Drop Shot

Teknik ini dilakukan dengan menjatuhkan kok sedekat mungkin dengan net ke arah area lawan dengan cepat ke bawah. Sehingga, lawan tak bisa membalasnya dan teknik ini membuatmu berkesempatan mendapatkan poin.

Teknik ini hampir sama dengan smash, namun bedanya drop shot dilakukan di dekat net, sedangkan smash tidak.

Pukulan Lob

Pukulan ini dilakukan dari bawah yang biasanya dilakukan oleh pemain sambil melangkahkan kaki dengan lebar. Gerakan ini dilakukan untuk mencegah kok jatuh dan sebagai langkah mengambil kok dengan cepat. Hasil dari pukulan ini adalah kok yang melambung.

Permainan Netting

Teknik ini dilakukan dengan cara melambungkan kok sedekat mungkin dengan net dalam posisi yang rendah. Sehingga, lawan kesulitan menerima serangan kita.

3. Teknik Footwork

Footwork melibatkan gerakan kaki yang cepat untuk mengatur posisi dan mengambil bola dengan tepat. Menguasai teknik dasar footwork ini membantu pemain bulu tangkis untuk meningkatkan mobilitas, kelincahan, dan keseimbangan di lapangan.

Di mana, teknik ini merupakan aspek penting dalam mencapai hasil yang optimal dalam permainan dan dapat membalas serangan lawan dengan cepat. 

Setelah mengetahui teknik dasar bulu tangkis di atas, sekarang waktunya kamu beraksi! Gunakanlah raket terbaik dan berkualitas rekomendasi dari ZALORA berikut ini!

Baca juga : 5 Ide Outfit Naik Gunung Anti-Ribet!

Rekomendasi Brand Raket Bulu Tangkis Terbaik

1. Hundred Badminton Racket ATOMIC-X Black Knight

Source: Zalora

Atomic X Dark Knight, rangka raket yang diperkuat dengan T Joint yang dibangun mulus. Sehingga, dapat memperkuat persimpangan poros dan kepala, serta memastikan pemulihan lebih cepat. Desain ini membantu meningkatkan gameplay yang menempatkan kekuatan dan kontrol di tangan atlet.

2. Eagle Badminton Racket Evo Max Merah-All

Source: Zalora

Koleksi raket yang satu ini merupakan tipe raket yang disarankan bagi pemain yang memiliki power yang kuat. Cocok untuk gaya pemain penyerang. Dengan detail Isometric, memberikan shape yang lebih luas pada sweet spot.

Serta memberikan efek yang jauh lebih kuat apabila senar ditarik pada tension yang lebih tinggi. Raket ini terbuat dari Carbon Graphite premium dengan teknologi Jepang.

Baca juga : Rekomendasi Jilbab Sport Menutup Dada, Syar’i saat Olahraga 

Itulah beberapa teknik dasar bulu tangkis yang harus kamu ketahui dan rekomendasi raket terbaik untuk diandalkan dalam permainan! Selengkapnya temukan di ZALORA!

Mau cari berbagai alat olahraga seperti perlengkapan bulu tangkis yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama