Ketahui Manfaat Penting Renang Bagi Kesehatan

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Tentunya semua jenis olahraga memiliki manfaatnya masing-masing bagi kesehatan tubuh. Tak terkecuali berenang! Renang merupakan salah satu olahraga air yang digemari oleh banyak orang dan memiliki banyak manfaat.

Tahukah kamu apa sih manfaat yang bakal kamu dapat ketika berenang? ZALORA sudah merangkum beberapa manfaat yang bisa ZALORAns dapatkan dengan berenang secara rutin. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga : Penting! Manfaat Olahraga Teratur Bagi Kesehatan 

Manfaat Renang bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

1. Menurunkan Berat Badan

Source: Pinterest

Berenang merupakan olahraga yang sangat efektif dalam menurunkan berat badan karena melibatkan hampir semua otot tubuh secara bersamaan. Aktivitas ini dapat membakar banyak kalori tanpa memberikan tekanan berlebih pada sendi. Sehingga, cocok untuk orang-orang dengan berbagai tingkat kebugaran dan kondisi kesehatan.

Selain membakar kalori, berenang juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dalam jangka panjang. Sehingga, membantu dalam proses pembakaran lemak bahkan setelah sesi berenang selesai. 

2. Meredakan Stres

Source: Pinterest

Saat berada di dalam air, kita akan merasakan sensasi relaksasi yang luar biasa. Karena gerakan tubuh yang lembut dan bobot tubuh yang terbantu oleh gaya apung air. Aktivitas fisik yang teratur seperti berenang juga merangsang pelepasan endorfin, hormon “bahagia” yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres.

Dengan demikian, berenang bukan hanya memberikan manfaat fisik, tetapi juga menyegarkan pikiran dan memberikan perasaan rileks.

3. Tidur Lebih Nyenyak

Source: Pinterest

Aktivitas fisik yang terlibat dalam berenang dapat membantu tubuh untuk merasa lebih lelah secara fisik. Sehingga, meningkatkan kebutuhan tubuh akan istirahat. Latihan renang yang teratur juga dapat meningkatkan kualitas tidur dalam jangka panjang lho! Dengan mengatur ritme tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Oleh karena itu, berenang menjadi pilihan olahraga yang ideal bagi ZALORAns yang mengalami masalah tidur atau ingin tidur lebih nyenyak.

Baca juga : Pakaian Renang Dianjurkan Berbahan Apa Sih? 

4. Meningkatkan Kekuatan Otak

Source: Pinterest

Saat berenang, aktivitas fisik yang teratur menghasilkan aliran darah yang meningkat ke otak. Memberikan nutrisi dan oksigen yang cukup untuk meningkatkan fungsi kognitif. Latihan berenang juga melibatkan koordinasi tubuh dan gerakan tubuh yang berkontribusi pada pengembangan otak.

Aktivitas renang yang konsisten telah terbukti dapat meningkatkan kinerja otak, meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kemampuan belajar. 

5. Memperkuat Kesehatan Tulang

Source: Pinterest

Olahraga renang melibatkan hampir setiap otot tubuh, termasuk otot tulang belakang, pinggul, kaki, lengan, dan dada. Sehingga, tentunya kegiatan ini dapat membantu memperkuat dan membentuk otot-otot tersebut. Gerakan berenang juga memberikan beban pada tulang yang merangsang pertumbuhan dan pemeliharaan kekuatan tulang.

Kalau ZALORAns berenang secara teratur, maka dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis pada orang dewasa, karena dapat menguatkan struktur tulang.

Baca juga : Hobi Renang? Coba Teknik Renang Gaya Bebas Ini

Rekomendasi Pakaian Renang Ternyaman dan Simple

1. Bervios Junior Swim Shorts by Ellesse

Source: Zalora

Buat outfit renang pria, ZALORAns bisa nih pakai celana pendek yang nyaman seperti koleksi dari Ellesse yang satu ini! Celana ini terbuat dari bahan 100% polyester yang lembut dan pas banget dijadikan sebagai celana renang terbaik. Dilengkapi dengan dua saku samping dan satu saku belakang.

Dengan tali karet di bagian pinggang, membuatmu dengan mudah menyesuaikan dengan tubuhmu tanpa terasa sesak.

2. Dalia Modest Swim Set by Zalia

Source: Zalora

Berikutnya ZALORA punya koleksi baju renang buat cewek nih! Kali ini hadir dari koleksi Zalia! Didesain dengan model asimetris yang unik, memberikan daya tarik yang anti mainstream dan berbeda dari baju renang lainnya. Dibuat dengan lengan panjang yang dilengkapi dengan celana panjang. Swimsuit ini cocok banget buat kamu yang menyukai baju renang yang tertutup. 

Baca juga : Rekomendasi Peralatan Renang untuk Pemula Wajib Punya

Itulah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan ketika rutin olahraga renang. Tentunya, olahraga air ini sangat banyak manfaat bagi kesehatan kita. Lengkapi kegiatan berenang mu dengan outfit renang ternyaman yang tersedia hanya di ZALORA!

Mau cari berbagai outfit olahraga renang yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama