Hobi Renang? Coba Teknik Renang Gaya Bebas Ini

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Siapa nih yang hobi berenang atau ingin mencoba belajar berenang? Berenang selain menyenangkan, juga bisa menjadi suatu skill yang bisa dimanfaatkan saat situasi genting. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari teknik berenang yang benar. Ada beberapa teknik berenang yang harus kamu tahu sebelumnya nih! Salah satunya adalah renang gaya bebas.

Apakah ZALORAns pernah dengar sebelumnya? Teknik yang satu ini sering digunakan. Dilakukan dengan cara telungkup menghadap bawah. Teknik renang gaya bebas melibatkan gerakan kaki yang terus-menerus, bergantian dengan gerakan lengan yang kuat. Berikut penjelasan mengenai teknik renang gaya bebas yang bisa ZALORAns pelajari.

Yuk, simak seperti apa sih tekniknya yang benar!

Baca juga : Pelajari Teknik Renang Gaya Dada Agar Makin Jago! 

Teknik Renang Gaya Bebas

1. Gerakan Meluncur

Gerakan awal pada gaya bebas dimulai dengan meluncur. Berdirilah di pinggir kolam dan membungkuk ke arah air. Luruskan tangan ke depan dan tekuk salah satu kaki terkuat hingga telapak kaki menempel pada dinding kolam.

Doronglah sekuat tenaga kakimu pada dinding kolam, sehingga badan meluncur lurus ke depan. Dorongan kaki inilah yang menentukan seberapa jauh jarak luncuranmu. Posisi badan dan tangan lurus dan sejajar. Kepala menunduk ke dalam air dan sejajar dengan badan.

2. Gerakan Lengan

Setelah meluncur, berikutnya adalah gerakan lengan. Lengan digerakkan secara bergantian antara lengan kanan dan kiri. Jika, gerakan tangan kanan ke bawah permukaan air, maka setelah berada di bawah tekuk siku. Gerakkan ke belakang sampai lengan di samping badan.

Kemudian, angkat lengan ke atas dan kembali seperti posisi awal yaitu lurus ke depan. Begitu pula dengan tangan kiri. Lakukan secara bergantian antara tangan kanan dan kiri.

3. Gerakan Kaki

Seperti halnya dengan tangan, gerakan kaki juga dilakukan bergantian dengan cepat. Ayunkan kaki bergantian antara kaki kanan dan kiri saat posisi tubuh sejajar dengan tangan. Gerakan ini membuatmu tetap mengapung di air. Kalau ZALORAns belum terbiasa, kamu bisa belajar dengan berpegangan di pinggir kolam.

Lalu luruskan kaki dan badan sambil kaki mengayun secara bergantian. Jangan sampai posisi tubuh menurun atau tenggelam, jadi harus tetap sejajar dengan kaki dan tangan. 

Baca juga : Sejarah Renang di Dunia dan Indonesia

4. Gerakan Pernapasan

Teknik pengambilan napas pada gaya bebas dilakukan dengan cepat. Misalnya saat tangan kanan mengayun ke belakang, miringkan sedikit kepala untuk mengambil napas. Namun, kepala tidak boleh keluar sepenuhnya dari permukaan air. Kemudian, kembali lagi menghadap ke bawah air.

Untuk mempermudahmu dalam melakukan gaya bebas, ZALORAns membutuhkan kacamata renang. ZALORA punya beberapa rekomendasi kacamata renang untukmu nih!

Rekomendasi Kacamata Renang  Terbaik

1. Goto Slovic Kacamata Renang Swimming Goggles Dewasa Anti FOG UV

Source: Zalora

Apakah ZALORAns suka berenang dan sedang mencari kacamata renang tahan air? Sangat tepat memilih GOTO Slovic Swimming Google sebagai kacamata renang andalan! Desainnya modern dan stylish, serta terbuat dari material berkualitas yang mampu melindungi mata saat berenang.

Dilengkapi dengan anti sinar UV juga lho! Pada bagian strap belakangnya bisa di adjust sesuai ukuran kepalamu. Sehingga, nyaman banget dipakai!

2. Tangle-Free Goggle Elastic Strap by Lee Vierra

Source: Zalora

Selain kacamata untuk orang dewasa, ZALORA juga punya rekomendasi untuk anak-anak nih! Kacamata renang dengan fitur anti fog protection yang membuat penglihatan anak di dalam kolam renang tetap jelas. Dengan material yang lembut membuat anak tetap nyaman menggunakan kacamata renang sambil melakukan aktivitas di dalam air.

Dengan desain yang cute, dimana ikat kepalanya didesain berwarna-warni dengan motif tartan. Strapnya terbuat dari bahan karet yang dapat dilonggarkan untuk menyesuaikan besar kecil kepala anak. Sehingga, sangat nyaman dan tidak mudah lepas pada saat anak berenang dengan cepat.

Baca juga : Rekomendasi Peralatan Renang untuk Pemula Wajib Punya

Itulah teknik renang gaya bebas dan beberapa rekomendasi kacamata renang yang membantu penglihatanmu saat berenang. Selengkapnya temukan di ZALORA!

Mau cari berbagai alat olahraga yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama