Cara Melakukan Lompat Kangkang dan Manfaatnya

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Tahukah kamu jenis olahraga lompat kangkang? Olahraga yang satu ini merupakan salah satu jenis senam lantai. Dilakukan dengan cara melompat melewati suatu benda dengan melebarkan kaki dalam posisi terbuka.

Bagaimana cara melakukannya? Berikut cara melakukan lompat kangkang yang harus kamu ketahui agar tidak cidera saat melakukannya!

Baca juga : Teknik Menendang Bola dengan Benar, Pasti Gol!

Cara Melakukan Lompat Kangkang

Sebelum melakukan olahraga lompat kangkang, ZALORAns harus tahu terlebih dahulu cara yang benar dalam melakukannya. Simak cara melakukan lompat kangkang di bawah ini:

  1. Berdiri tegak menghadap peti lompat dan fokus
  2. Awalan lompat kangkang dengan tumpuan pangkal peti lompat yang dilakukan dengan cara lari secepat mungkin
  3. Posisikan badan condong ke depan. 
  4. Perhitungkan langkah dari titik awalan berlari hingga peti lompat untuk bersiap melakukan lompatan. 
  5. Luruskan kedua tangan dan sentuh peti lompat dengan tumpuan kedua tangan yang kuat
  6. Arahkan jari tangan menghadap depan. 
  7. Posisi kaki melayang di udara dengan kaki dilebarkan ke samping dan tetap fokus ke arah depan
  8. Pendaratan dilakukan setelah melewati peti dengan posisi lutut tertekuk serta kedua tangan lurus ke atas.

Manfaat Lompat Kangkang

1. Meningkatkan Konsentrasi

Olahraga lompat kangkang tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan dan kelincahan fisik, tetapi juga dapat melatih konsentrasi. Saat melakukan lompat kangkang, para atlet harus fokus pada teknik dan koordinasi gerakan tubuh untuk menghasilkan lompatan yang baik. Proses ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi karena setiap gerakan dan langkah harus dilakukan dengan tepat. 

2. Meredakan Stres

Lompat kangkang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi rasa stres. Selain itu, olahraga ini juga melibatkan gerakan yang intens dan menguras energi, sehingga membantu mengalihkan perhatian dari pikiran penyebab stres.

Rutin melakukan olahraga lompat kangkang juga dapat meningkatkan kebugaran fisik secara keseluruhan, yang juga berdampak positif pada kesehatan mental. 

3. Membentuk Tubuh yang Indah

Olahraga lompat kangkang adalah salah satu latihan yang efektif untuk membentuk tubuh yang indah dan sehat. Dalam latihan ini, banyak otot tubuh yang terlibat, termasuk otot kaki, panggul, dan bokong.. Melalui gerakan melompat dan mendarat dengan kuat, latihan ini membantu menguatkan otot-otot tersebut dan meningkatkan kekuatan tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, lompat kangkang juga dapat membantu membakar lemak tubuh lho! Sehingga, membentuk tubuh yang lebih ramping dan atletis. 

Baca juga : Teknik Dasar Softball, Olahraga Beregu yang Seru

Rekomendasi Pakaian Olahraga Ternyaman

1. Powerimpact Training Medium-support Sports Bra

Source: Zalora

Saatnya untuk melepaskan diri dan bra dari Adidas inilah yang ZALORAns butuhkan saat berolahraga dengan nyaman. Untuk berbagai jenis latihan maupun bersepeda, pakaian ini dapat meningkatkan aliran udara untuk memberikan kesejukan saat panas maupun berkeringat.

Adiflex yang ramping memiliki kesan apik dan sejuk saat disentuh. Ditambah dengan desain teknologi Aeroready yang hadir untuk membantumu tetap kering dan nyaman. Desainnya yang ramping, halus, dan supportif!

2. Techfit Hyperglam 3-Inch Short Leggings

Source: Zalora

Berolahragalah dengan menggunakan pakaian yang nyaman, seperti legging pendek dari Adidas ini! Outfit ini cocok banget untuk digunakan saat latihan dance, gym, maupun olahraga lainnya. Bagian pinggang yang tinggi memberikan perlindungan dan kenyamanan maksimal saat olahraga.

Celana dengan detail logo kontras bernuansa monokrom didesain khusus untuk training dengan tampilan yang slim fit.

Baca juga : 4 Rekomendasi Topi Nike Untuk Berbagai Gaya dan Fungsionalitas

Nah, itulah cara melakukan lompat kangkang yang harus kamu perhatikan. Gunakan pakaian olahraga yang nyaman untuk berolahraga! Temukan koleksi pakaian olahraga selengkapnya hanya di ZALORA!

Mau cari berbagai pakaian olahraga yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama