Cara Diet Intermittent Fasting serta Ide Menu Makanan

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Intermittent Fasting (IF) lagi hits banget belakangan ini, terutama buat yang pengen coba cara baru untuk menjaga berat badan dan kesehatan. Intinya, IF ini bukan tentang apa yang kamu makan, tapi lebih ke kapan ZALORAns makan. Biasanya, ZALORAns bakal puasa selama beberapa jam dan makan dalam waktu yang lebih pendek. 

Selama puasa, tubuh ZALORAns bakalan membakar cadangan energi yang bisa bantu meningkatkan metabolisme dan detox. Selain itu, IF juga bisa bikin kulit lebih bersih dan sehat karena mengurangi peradangan dan meningkatkan produksi kolagen. Tapi ingat, meski waktunya makan terbatas, pastikan makanan yang kamu konsumsi tetap bergizi dan seimbang. Supaya tubuh tetap terjaga kesehatannya.

Bagaimana sih cara melakukan diet Intermittent Fasting? Menu makanan apa aja yang sebaiknya ZALORAns konsumsi? Serta, apa saja manfaat yang akan kamu dapatkan? Mari, simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Baca juga : Sayur yang bagus untuk Diet, Rendah Kalori

Cara Melakukan Intermittent Fasting

1. Puasa Selama 12 Jam

ZALORAns hanya perlu memilih waktu 12 jam untuk makan dan 12 jam sisanya untuk puasa. Misalnya, kalau kamu makan terakhir jam 8 malam, baru bisa makan lagi jam 8 pagi besoknya. Selama puasa, kamu boleh minum air putih, teh tanpa gula, atau minuman rendah kalori. 

Diet ini membantu tubuh membakar lemak dan bisa menurunkan berat badan. Ini akan membuat tubuh untuk mengubah lemak cadangan menjadi energi. Tubuh juga merilis keton dalam aliran darah yang memicu terjadinya penurunan berat badan.

2. Puasa Selama 16 Jam

Intermittent Fasting dengan puasa 16 jam atau dikenal juga sebagai metode 16/8, cukup mudah buat dicoba. ZALORAns bakal puasa selama 16 jam dan punya jeda makan selama 8 jam. Jika ZALORAns mulai makan jam 12 siang, kamu harus selesai makan sebelum jam 8 malam.

Kuncinya adalah konsisten dan nggak kalap makan pas waktunya makan. Dengan begitu, diet ini bisa bantu kamu mencapai berat badan ideal dan tetap sehat.

3. Puasa Selama 24 Jam

Metode puasa selama 24 jam mungkin terdengar menantang, namun bukan berarti tidak mungkin dilakukan! ZALORAns bisa memulainya secara bertahap. ZALORAns tidak perlu langsung memaksakan diri untuk berpuasa penuh selama 24 jam. 

Mulailah dengan durasi yang lebih pendek, seperti 12 atau 16 jam, dan perlahan tingkatkan seiring waktu hingga tubuh terbiasa. Dalam proses menjalankan metode diet ini, ZALORAns harus tetap menjaga asupan cairan agar tubuh tetap terhidrasi.

4. Puasa Dua Hari Seminggu

Diet Intermittent Fasting dengan puasa dua hari seminggu atau dikenal dengan 5:2 diet. ZALORAns bisa makan seperti biasa selama lima hari, lalu dua hari lainnya kamu batasi asupan kalori hingga sekitar 500-600 kalori. Puasa ini nggak harus dilakukan berturut-turut, jadi ZALORAns bisa pilih hari untuk melakukan puasa.

Tapi, sebelum mulai, ada baiknya konsultasi dulu sama dokter atau ahli gizi ya! Agar aman dan sesuai dengan kondisi tubuhmu.

Baca juga : Catering Diet: Solusi Nutrisi Seimbang untuk Gaya Hidup Sehat

Menu Diet Intermittent Fasting

Menu untuk Pemula

  1. Sarapan: Smoothie hijau pukul 08.00.
  2. Makan siang: Burger vegetarian pukul 12.00.
  3. Camilan sore: Cinnamon roll fat bombs pukul 14.30.
  4. Makan malam: Salmon dan sayuran pukul 17.30.

Menu untuk Menengah

  1. Makan pertama: Burger dengan campuran dan olahan alpukat pada pukul 12.00.
  2. Camilan: Menu kacang dan biji-bijian pada pukul 14.30.
  3. Makan kedua: Salmon dan sayuran pada pukul 17.30.

Menu untuk Tingkat Lanjut

    Pada tahap ini ZALORAns bisa melakukan puasa dua hari seminggu. Pilih makanan berupa sayuran, buah, dan daging tanpa lemak ketika tidak berpuasa.

    Ketika puasa, batasi asupan kalori tidak lebih dari 700 kalori. ZALORAns juga bisa mengonsumsi camilan, serta bisa  makan siang dan malam dengan porsi sedang. 

    Manfaat Diet Intermittent Fasting

    1. Menurunkan Berat Badan

    Salah satu manfaat utamanya adalah menurunkan berat badan. Saat tubuh berada dalam fase puasa, kadar insulin menurun yang memungkinkan tubuh untuk membakar lemak lebih efektif. Selain itu, dengan mengatur waktu makan, IF membantu mengurangi asupan kalori harian tanpa harus membatasi jenis makanan secara ekstrem.

    Pola makan ini juga dapat meningkatkan metabolisme dan memicu pembakaran lemak lebih cepat. Bagi banyak orang, IF menjadi metode yang efektif dan berkelanjutan untuk mencapai berat badan ideal.

    2. Menurunkan Resiko Diabetes

    Dengan mengatur waktu makan dan puasa secara berkala, IF membantu tubuh mengatur kadar insulin. Insulin merupakan hormon dalam pengendalian gula darah. Ketika tubuh berpuasa, kadar insulin cenderung menurun, sehingga tubuh lebih efisien dalam memecah gula dan mengurangi resistensi insulin. Membuat pengendalian gula darah yang lebih stabil, sehingga dapat mengurangi risiko berkembangnya diabetes tipe 2. 

    Selain itu, IF juga membantu menurunkan peradangan dalam tubuh, yang sering dikaitkan dengan kondisi kronis seperti diabetes.

    3. Untuk Kesehatan Jantung

    Metode diet IF dapat membantu menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol jahat (LDL), serta kadar trigliserida dalam darah. Dimana, semuanya berkontribusi pada kesehatan jantung yang lebih baik. 

    Selain itu, IF juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi peradangan dalam tubuh, dua faktor penting dalam mencegah penyakit jantung. Dengan menjaga berat badan yang sehat melalui IF, risiko terkena penyakit jantung juga dapat menurun. 

    Baca juga : 5 Rekomendasi Susu Protein untuk Diet

    Rekomendasi Botol Minum Praktis

    1. Joseph Joseph Loop Water Bottle 

    Source: Zalora

    Desain botol air yang praktis ini dapat menjaga minuman tetap panas hingga 12 jam, dingin hingga 24 jam, dan bebas kondensasi di dalam tasmu. Hal ini berkat bahan baja tahan karat 18/8 berdinding ganda yang diisolasi vakum dengan lapisan tembaga yang memantulkan panas.

    Tutup botol dapat disimpan dengan rapi di leher botol, sehingga mudah dibawa. 

    2. 21OZ Black Standard Mouth Flex Cap

    Source: Zalora

    Tetaplah bersemangat dengan botol 21 ons Standard Mouth Flex Cap! Botol ini mudah disimpan di shoulder bag kecil, saku samping ransel, atau tempat gelas mobil. Botol ini bisa menampung cukup banyak minuman dingin untuk menemanimu selama berjam-jam tanpa membebanimu. Tidak heran botol ini menjadi salah satu botol air terlaris!

    Dengan desain ukuran serbaguna dan sedang. Serta, desain Insulasi TempShield mampu menghilangkan kondensasi dan menjaga minuman tetap dingin hingga 24 jam dan panas hingga 12 jam! Dibuat dengan konstruksi baja tahan karat 18/8 kelas pro yang tahan lama, bebas BPA, dan bebas Phthalate. Kompatibel dengan Standard Mouth Insulated Sport Cap!

    Baca juga : Olahraga Mengecilkan Perut Buncit, Solusi Efektif untuk Siluet Ideal

    Apakah ZALORAns tertarik untuk mencoba diet Intermittent Fasting (IF)? ZALORAns bisa mencobanya untuk gaya hidup yang lebih sehat!

    Mau cari berbagai kebutuhan rumah tangga dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

    Penulis: Fitrian Nurentama