Apa Itu Workout? Ketahui Manfaatnya Bagi Kesehatan

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, sebaiknya lakukanlah workout secara rutin. Sebelumnya, apakah ZALORAns tahu apa itu workout? Workout merupakan kegiatan olahraga yang produktif untuk menjaga kesehatan tubuh. Kira-kira seminggu berapa kali nih ZALORAns berolahraga?

Atau mungkin malah ZALORAns jarang berolahraga? Mulai sekarang biasakanlah untuk berolahraga minimal seminggu sekali untuk menjaga daya tahan tubuh dan stamina. Berikut penjelasan mengenai apa itu workout dan manfaatnya bagi tubuh!

Baca juga : Hobi Renang? Coba Teknik Renang Gaya Bebas Ini

Apa Itu Workout?

Workout adalah serangkaian latihan fisik yang dilakukan secara teratur untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan kesehatan. Aktivitas workout dapat mencakup berbagai jenis latihan, termasuk latihan kardiovaskular seperti lari, bersepeda, atau berenang, latihan kekuatan dengan menggunakan beban. Serta, latihan fleksibilitas dan keseimbangan seperti yoga atau pilates. 

Manfaat Workout

Berikut beberapa manfaat utama dari melakukan workout secara teratur:

1. Meningkatkan Kebugaran Kardiovaskular

Workout membantu meningkatkan daya tahan kardiovaskular. Seperti kemampuan jantung dan paru-paru untuk menyediakan oksigen ke seluruh tubuh saat kamu melakukan aktivitas fisik.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Melakukan workout secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, seperti penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, dan stroke.

3. Meningkatkan Kesehatan Mental

Workout dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Hal ini karena latihan fisik memicu pelepasan endorfin, hormon yang membuat ZALORAns merasa bahagia dan rileks.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Otot

Latihan kekuatan, seperti angkat beban, membantu memperkuat tulang dan ototmu. Seperti otot perut, dada, panggul, pinggang, dan lainnya. Dengan melakukannya secara rutin dapat membantu mencegah osteoporosis dan cedera otot. 

5. Meningkatkan Kualitas Tidur dan Kualitas Hidup

Melakukan workout secara teratur dapat membantumu tidur lebih nyenyak dan berkualitas pada malam hari. Selain itu, workout dapat meningkatkan kualitas hidupmu dengan meningkatkan energi, kekuatan, dan kesehatan.

Manfaat-manfaat ini menunjukkan pentingnya memasukkan workout ke dalam gaya hidup sehari-hari untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiranmu.

Baca juga : Sirkuit Terbaik di Dunia MotoGP, Ada Mandalika!

Rekomendasi Alat Olahraga untuk Workout di Rumah

1. MaxxMMA Boxing Double End Speed Ball

Source: Zalora

Alat yang satu ini dibuat dengan kulit sintetis premium. Peralatan terbaik mutlak untuk meningkatkan kecepatan, waktu, dan akurasi. Ideal untuk semua gerakan meninju, menghindar, meninju balik, dan refleks.

Ukuran bola 8 inci (20.5 cm) dengan panjang tali atas: 60 cm (panjang maksimal 72 cm) dan tali bawah: 80 cm (panjang maksimal 96 cm). Buat ZALORAns ingin latihan tinju di rumah, alat ini praktis dan simple buat rutinitas workout mu!

2. LIFESPORTS – New Alat Olahraga Angkat Berat Gym Fitness Kettlebell

Source: Zalora

Kettlebell ini terdiri dari beberapa pilihan berat yang bisa ZALORAns gunakan untuk melakukan berbagai latihan. Memiliki warna yang bervariasi yang tidak mudah pudar.

Untuk kettlebell yang satu ini memiliki berat 12 kg dengan material besi yang kuat. Cocok banget buat latihan angkat beban di rumah nih!

Itulah penjelasan tentang apa itu workout dan beberapa manfaatnya bagi kesehatanmu. Lakukan workout secara rutin untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh mu!

Mau cari berbagai alat olahraga yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama