Apa Aja Sih Tingkatan Sabuk Taekwondo?

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Taekwondo adalah seni bela diri dari Korea yang populer di Indonesia. Olahraga ini memiliki sabuk dengan berbagai warna berbeda. Sabuk Taekwondo menjadi simbol tingkat kemahiran dan pencapaian seseorang dalam seni bela diri Taekwondo.

Setiap warna sabuk memiliki arti dan makna tersendiri. Tahukah kamu apa saja tingkatan sabuk Taekwondo? Berikut tingkatan sabuk pada olahraga yang satu ini!

Baca juga : Rekomendasi Topi Gunung untuk Pendaki, Hiking Tetap Stylish!

Tingkatan Sabuk Taekwondo

1. Sabuk Putih (Geup ke-10)

Buat para pemula dalam Taekwondo menggunakan sabuk putih selama tiga bulan. Sabuk putih melambangkan kepolosan dalam Taekwondo. Karena sebagai murid baru dalam Taekwondo yang belum memiliki ilmu sama sekali di bidang olahraga ini. Kamu harus menguasai pola Saju Jirugi dengan 15 jurus dan Saju Makgi dengan 19 jurus untuk melanjutkan ke tingkat berikutnya

2. Sabuk Putih dengan Ujung Kuning (Geup ke-9)

Tingkatan kedua ada sabuk putih dengan ujung kuning, dimana orang yang mengenakan sabuk ini setidaknya sudah memiliki pengetahuan dasar Taekwondo.

Untuk melanjutkan ke tingkatan berikutnya, kamu perlu menunggu selama 3 bulan. Selain itu, harus mempelajari 19 gerakan pola Chon Ji.

3. Sabuk Kuning (Geup ke-8)

Sabuk kuning melambangkan tanah tempat benih ilmu pengetahuan ditanam dan bertunas. Sehingga, dianggap sudah memiliki lebih pengetahuan.

Kamu harus menunggu selama 4 bulan sebelum memenuhi syarat ke tingkat lanjutan. ZALORAns juga harus mempelajari pola Dan Gun yang berjumlah 21 gerakan.

4. Sabuk Kuning dengan Ujung Hijau (Geup ke-7)

Sama dengan sebelumnya, siswa yang mendapat sabuk kuning ujung hijau juga harus menunggu selama 4 bulan. Mereka harus menguasai pola Do San dengan jumlah 24 jurus sebelum akhirnya mendapatkan sabuk ini.

Baca juga : Model Topi Golf: Ciptakan Tampilan Berkelas di Lapangan Hijau

5. Sabuk Hijau (Geup ke-6)

Warna hijau melambangkan benih ilmu pengetahuan yang tumbuh menjadi suatu tanaman. Dimana, maknanya pengetahuan mengenai Taekwondo seorang siswa sudah mengakar, tapi masih ada perjalanan panjang yang perlu mereka pelajari.

Untuk ke tahap selanjutnya, mereka harus bisa menguasai Pola Won Hyo dengan 28 gerakan.

6. Sabuk Hijau dengan Ujung Biru (Geup ke-5)

Sabuk hijau dengan ujung biru menjadi simbol tingkatan Taekwondo berikutnya. Dimana, tingkatan berikutnya termasuk tingkatan menengah. Mereka perlu menunggu 4 bulan lagi dan harus mempelajari 38 gerakan pola Yul Gok.

7. Sabuk Biru (Geup ke-4)

Untuk naik ke tingkat selanjutnya, para siswa masih harus menunggu selama 4 bulan. Sebagai syarat untuk lanjut, mereka harus memahami pola Joong Gun yang dengan 32 jurus.

8. Sabuk Sabuk Biru dengan Ujung Merah

Berbeda dari yang sebelumnya, waktu tunggu di sabuk ini selama 5 bulan. Tak hanya itu, mereka perlu mempelajari 37 jurus pola Toi Gye.

9. Sabuk Merah (Geup ke-2)

Kalau seseorang sudah memiliki sabuk merah, berarti dia dianggap memiliki pengetahuan kuat mengenai teknik Taekwondo. Warna merah dimaksudkan untuk mewakili bahaya, penggunaan teknik yang tidak dilakukan dengan hati-hati, dan peringatan untuk menjauhkan lawan.

Sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya, mereka perlu waktu selama 6 bulan dan mempelajari 29 gerakan pola Hwarang.

10. Sabuk Merah dengan Ujung Hitam (Geup Pertama)

Tingkat ini merupakan tingkatan akhir sebelum akhirnya mendapatkan sabuk tertinggi dari tingkatan Taekwondo. Siswa diharapkan meningkatkan disiplin dan kontrol mental. Selama setidaknya 6 bulan sebelum memenuhi syarat melanjutkan ke tingkat akhir. Mereka juga perlu mempelajari pola Choong-Moo dengan 30 gerakan.

11. Tingkat Sabuk Hitam

Menurut ITF, sabuk hitam berarti penguasaan Taekwondo tertinggi. Namun, tingkatan sabuk hitam pun masih terbagi lagi menjadi beberapa tingkat dengan hak dan tugasnya sebagai berikut:

  • Sabuk hitam Dan ke-1 tidak dianggap sebagai instruktur
  • Sabuk hitam Dan ke-2 dan ke-3 hanya diperbolehkan berstatus asisten instruktur
  • Sabuk hitam Dan ke-8 dianggap Master
  • Sabuk hitam Dan ke-9 dianggap Grand Master atau tingkat sabuk tertinggi di Taekwondo

Berbeda dengan tingkatan sebelumnya, kali ini siswa diharuskan menguasai setidaknya 3 pola sebelum memenuhi syarat untuk lanjut.

Baca juga : Ketahui Macam-Macam Senam Lantai

Rekomendasi Sepatu Taekwondo

1. Fans Escape C – Taekwondo Shoes Black

Source: Zalora

Pilihan sepatu Taekwondo pertama hadir dari koleksi Fans. Sepatu simple yang ramping ini didesain bernuansa hitam dengan detail garis di bagian sampingnya. Desainnya sangat nyaman digunakan untuk latihan Taekwondo dan menemani setiap gerakmu!

2. Fans Musi B – Taekwondo and School Shoes Black

Source: Zalora

Fans menghadirkan New Taekwondo Musi B dengan style simple namun elegan yang dapat digunakan juga untuk ke sekolah. Sepatu Taekwondo ini didesain untuk mencegah slip atau terpeleset, terutama saat tendangan tinggi dan berputar. Karena solnya dirancang tetap fleksibel serta ringan saat dipakai.

Baca juga : Teknik Dasar Lompat Jauh dan Faktor Keberhasilannya

Nah, setelah mengetahui tingkatan sabuk Taekwondo, apakah ZALORAns tertarik mempelajari seni bela diri ini? 

Mau cari berbagai koleksi sepatu olahraga yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama