9 Seragam Olimpiade Paris 2024 Terbaik Versi Majalah Vogue, Indonesia Termasuk?

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Seragam kontingen negara partisipan Olimpiade selalu menjadi salah satu aspek yang menarik perhatian menjelang penyelenggaraan acara multi olahraga internasional empat tahunan tersebut. Tahun ini, dengan Paris sebagai tuan rumah, raksasa fesyen mewah LVMH berperan sebagai sponsor utama.

Berbagai merek terkenal, mulai dari Ralph Lauren hingga Berluti, turut melengkapi penampilan para atlet. Setiap seragam tim dirancang dengan cermat untuk mencerminkan negara asal mereka, mencakup hiasan ansambel pada upacara pembukaan hingga pakaian atletik taktis.

Majalah fesyen terkemuka Amerika Serikat, Vogue, telah merangkum sederet seragam terbaik untuk Olimpiade Paris 2024. Sayangnya, Indonesia yang seragamnya telah dipuji warganet, tidak masuk dalam daftar.

Jadi, mana saja negara yang berseragam terbaik menurut Vogue? Berikut informasi selengkapnya.

Baca juga : 10 Rekomendasi Sepatu Bola Nike Terbaik

Olimpiade Paris 2024: Informasi Umum

Olimpiade Paris 2024 sudah di depan mata dan siap membawa kemeriahan serta semangat olahraga yang tak tertandingi. Paris akan menjadi tuan rumah Olimpiade untuk ketiga kalinya setelah sebelumnya menyelenggarakan acara besar ini pada tahun 1900 dan 1924.

Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung dari tanggal 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. Selama 17 hari penuh, Paris akan menjadi pusat perhatian dunia, menampilkan berbagai kompetisi olahraga yang melibatkan ribuan atlet dari seluruh penjuru dunia. Dengan persiapan yang matang dan antusiasme yang tinggi, Paris siap menyambut para atlet, pelatih, ofisial, dan penonton dengan hangat.

Olimpiade ini begitu besar dan berkesan, sehingga membuat masing-masing negara yang mengikuti ajang ini berlomba-lomba untuk memberikan kesan yang mendalam, salah satunya adalah dengan membuat kostum atau seragam yang melambangkan negara masing-masing. 

9 Seragam Olimpiade Paris 2024 Versi Majalah Vogue

Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya, sayangnya negara yang kita cintai Indonesia belum masuk ke dalam kategori seragam olimpiade paris 2024 terbaik versi majalah Vogue. 

Tapi, hal ini tentu tidak menurunkan antusias masyarakat Indonesia terhadap desain seragam Indonesia untuk olimpiade paris 2024 yang diproduksi oleh apparel Li Ning dan di desain oleh Didit Hediprasetyo tersebut. 

Kira-kira, siapa saja negara yang masuk kedalam kategori seragam olimpiade paris 2024 terbaik versi majalah Vogue? Berikut daftarnya!

1. Michel & Amazonka untuk Tim Mongolia

Source: CNN

Di posisi pertama ada seragam tim Olimpiade Mongolia, hasil rancangan label fesyen berbasis di Ulaanbaatar, Michel & Amazonka, membuat heboh di TikTok saat diumumkan awal bulan ini. 

Seragam yang akan dikenakan para atlet dan pembawa bendera selama upacara pembukaan dan penutupan Olimpiade ini menampilkan detail rumit yang menarik perhatian.

Menurut Komite Olimpiade Nasional Mongolia, setiap seragam membutuhkan waktu rata-rata 20 jam untuk diselesaikan. Dengan siluet yang terinspirasi deel tradisional Mongolia, seragam ini menampilkan kerah, manset, dan rompi bersulam warna merah tua, biru tua, dan emas, serta rok lipit dan jubah berbalut kain putih tipis.

Visualnya dilengkapi berbagai aksesori seperti tas kantong bersulam, ikat pinggang, anting-anting menjuntai, topi buryat runcing, dan sepatu bot gutal. Setiap seragam juga memuat berbagai simbol dan motif terkait Olimpiade Paris dan Mongolia, seperti Menara Eiffel, cincin Olimpiade, api Olimpiade, dan simbol Soyombo pada bendera Mongolia.

2. Ralph Lauren untuk Tim Amerika Serikat

Source: TvOneNews

Ralph Lauren telah menjadi desainer utama penampilan Tim Olimpiade Amerika Serikat sejak 2008. Tahun ini, desain mereka mengacu pada jahitan klasik Amerika. Pada upacara pembukaan, para atlet akan mengenakan blazer tradisional dengan kemeja bergaris dan dasi, serta celana denim tipis.

Pakaian upacara penutupan lebih menonjolkan gaya klasik Amerika daripada Ivy League, dengan jaket moto yang dihiasi tambalan dan jeans putih. “Pakaian ikonis ini berfungsi sebagai simbol persatuan dan inspirasi bagi tim kami serta jutaan penggemar yang mendukung mereka,” kata Sarah Hirshland, CEO Komite Olimpiade & Paralimpiade AS.

3. J.Lindeberg untuk Tim Olimpiade Golf Amerika Serikat

Source: GolfDigest

Merek asal Swedia ini memperbarui gaya golf klasik dengan kemeja polo berkerah dan rok a-line berbahan teknologi tinggi, siluet ramping, serta beberapa potongan inovatif. Cardigan blok warna dan pakaian santai yang longgar menjadi pernyataan gaya baru.

Baca juga : Klasemen dan Top Skor Piala AFF U-19 Timnas Indonesia 2024

4. Puma untuk Tim Jamaika

Source: PUMA

Bendera Jamaika yang mencolok dengan warna hitam, emas, dan hijau menjadi inti dari desain seragam rancangan Puma. CEO Puma, Arne Freundt, menjelaskan bahwa desain ini menggabungkan kecepatan dan mode. 

“Garis potongan ditempatkan secara strategis untuk menonjolkan fisik para atlet sekaligus memberikan visual memukau yang menekankan keindahan seorang atlet dalam gerakan. Puma menggunakan kain jacquard yang mengurangi panas dan mendorong sirkulasi udara, dengan teknologi thermo adapt yang mengatur suhu tubuh untuk memungkinkan kinerja optimal,” jelas Freundt.

Tidak hanya dilengkapi dengan teknologi terkini, pakaian yang dirancang oleh Puma ini juga terlihat stylish dan siap menemani para peserta. 

5. The New Originals untuk Tim Belanda

Source: RNZ

Tahun ini, breakdancing secara resmi masuk dalam daftar olahraga Olimpiade, dan tim Belanda bersiap tampil memukau. Seragam futuristik mereka memberi penghormatan pada bendera negara dan warna oranye cerah tim sepak bola nasional.

Baju olahraga yang longgar namun penuh gaya ini merupakan hasil karya merek The New Originals yang berbasis di Amsterdam.

6. ASICS untuk Tim Australia

Source: Australians Olympics Committee

Sekilas, desain ASICS untuk Tim Olimpiade Australia mungkin terlihat sederhana dengan warna hijau dan emas sebagai anggukan pada warna nasional negara tersebut. Namun, setiap seragam menampilkan cetakan “Pribumi” yang memberikan kedalaman dan makna. 

Menurut Vogue Australia, desain ini sebagian besar disumbangkan oleh seniman Pribumi dan petinju Olimpiade, Paul Fleming. Karyanya yang berjudul “Walking Together” terinspirasi oleh gagasan bahwa Olimpiade adalah tempat pertemuan orang-orang dari berbagai latar belakang dan budaya.

7. Stephane Ashpool X Le Coq Sportif untuk Tim Prancis

Source: Fucking Young

Stephane Ashpool, yang terkenal dengan merek streetwear Pigalle, berjuang keras agar busana rancangannya dibuat secara lokal di Prancis. Ia mendapatkan persetujuan dari regulator Judo Jepang agar tim Judo Prancis dapat mengenakan kimono dari kain buatan Prancis. 

Hasilnya adalah koleksi menakjubkan yang dibuat bersama Le Coq Sportif. Sebagai direktur artistik tim Olimpiade dan Paralimpiade Prancis, Ashpool mengutamakan keinginan para atlet untuk terlihat “segar” dan “menarik.”

Baca juga : Kian Memanas, Ini Jadwal 8 Besar Euro 2024 Jerman

8. Lululemon untuk Tim Kanada

Source: Canadian Olympics Committee

Cetakan merah terang dalam seragam tim Olimpiade Kanada tidak hanya mencolok secara visual, tetapi juga menandai pergerakan nyata menuju aksesibilitas dan kemampuan beradaptasi dalam dunia mode olahraga. 

Koleksi ini dirancang untuk mendukung tubuh dengan berbagai kemampuan. Kit ini bahkan menampilkan dua gaya adaptif, yakni Seated-Fit Carpenter Pant dan Seated-Fit Packable Rain Poncho, yang dirancang untuk kenyamanan dalam posisi duduk.

9. Ben Sherman untuk Tim Inggris Raya

Source: Goal

Merek warisan Inggris, Ben Sherman, ditunjuk untuk ketiga kalinya berturut-turut dalam merancang seragam untuk Tim Olimpiade Inggris Raya. Koleksi kapsul yang menyertainya menampilkan motif empat bunga, yakni mawar, thistle, daffodil, dan shamrock yang melambangkan identitas dan sejarah negara tersebut.

Itulah dia berbagai seragam dari berbagai negara untuk olimpiade paris 2024. Kira-kira mana seragam favoritmu?

Sedang cari outfit olahraga terbaik yang berkualitas? Belanja di ZALORA dan dapatkan pakaian olahraga terbaik dengan harga murah.