7 Rekomendasi Kebaya Jadul dengan Sentuhan Klasik

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Kebaya merupakan pakaian tradisional yang memiliki tempat spesial di hati masyarakat Indonesia, terutama bagi para wanita. Gaya dan desain kebaya selalu berkembang seiring berjalannya waktu, dari yang modern hingga yang jadul. Kebaya jadul atau yang sering disebut juga kebaya klasik, memiliki pesona tersendiri yang dapat memancarkan keanggunan dan keelokan bagi siapa saja yang memakainya.

Berikut adalah beberapa rekomendasi kebaya jadul yang bisa kamu masukkan dalam referensi gaya ZALORAns!

Baca juga : Model Kebaya Modern Hijab, Kekinian dan Elegan!

1. Kebaya Kutubaru

Source: Pinterest

Kebaya Kutubaru merupakan salah satu desain kebaya jadul yang cukup populer. Ciri khas dari kebaya Kutubaru adalah bagian kerah sabrina dan detail lipatan di bagian depan kebaya yang disebut dengan stagen. Meski tergolong jadul, kebaya Kutubaru masih kerap digunakan oleh para wanita baik untuk acara formal maupun acara santai.

2. Kebaya Encim

Source: Zalora

Kebaya Encim atau Kebaya Peranakan memadukan elemen budaya Cina dan Melayu dalam desainnya. Ciri khas dari kebaya encim adalah bagian kerah Shanghai, detail bordiran halus, dan biasanya diaplikasikan pada kain sutra. Kebaya ini cocok digunakan untuk acara formal maupun semi-formal dan juga cocok dipadukan dengan sarung batik atau kain lurik.

Baca juga : 5 Rekomendasi Kebaya Pink Untuk Tampilan Memikat dan Feminin

3. Kebaya Bali

Source: Instagram / Yuli_kebayabali

Kebaya Bali memiliki ciri khas dalam pemilihan kain dan bentuk. Biasanya, kebaya Bali dibuat lebih pendek dan dipakai bersamaan dengan sarung atau kamen. Kebaya Bali cocok untuk acara adat, wisuda, atau acara formal lainnya.

4. Kebaya Sunda

Source: Pinterest

Kebaya Sunda atau Kebaya Bodor memiliki desain yang lebih sederhana dibandingkan dengan kebaya lainnya. Ciri khas dari kebaya ini adalah bagian kerah yang berbentuk seperti huruf ‘v’ serta ukuran kebaya yang cukup pendek. Kebaya ini biasanya dipadukan dengan kain batik geulis atau batik khas Sunda.

5. Kebaya Jawa

Source: Pinterest

Kebaya Jawa adalah salah satu pakaian tradisional wanita Jawa yang memiliki sejarah panjang dan nilai budaya yang tinggi. Kebaya Jawa klasik memiliki desain yang lebih sederhana namun tetap menawan dan biasanya terbuat dari bahan kain sutra atau katun, dan memiliki desain yang elegan dan anggun. Contohnya adalah Kebaya Solo yang biasa dipakai oleh para putri Keraton Surakarta dan biasanya dipadukan dengan kain batik berpola parang atau lereng. 

Kebaya Jawa biasanya dikenakan dengan kain batik atau kain polos, dan dilengkapi dengan berbagai aksesoris seperti bros, keris, dan selendang.

6. Kebaya Kartini

Source: Pinterest

Kebaya Kartini adalah kebaya dengan desain klasik yang mengambil nama dari pahlawan emansipasi wanita Indonesia, R.A. Kartini. Kebaya Kartini biasanya didesain dengan panjang sampai lutut dan dipadukan dengan sarung batik. 

Baca juga : Kenalan sama Kebaya Encim, Kebaya Favorit Ibu Iriana!

Masing-masing kebaya jadul tentu memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Dengan sentuhan yang tepat, kebaya jadul dapat membuat siapa saja yang mengenakannya akan tampak elegan dan menawan. Pilihlah kebaya yang paling sesuai dengan selera dan kepribadian kamu serta pertimbangkan juga event atau acara yang akan kamu hadiri.

Dapatkan berbagai produk fashion dari brand-brand ternama hanya di ZALORA. Jangan lewatkan potongan harga yang sudah menantimu!

Penulis: Audrylea Reika