7 Rekomendasi Ide Kerajinan dari Kain Perca

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Kain perca, atau potongan kain kecil dari sisa-sisa pembuatan busana, biasanya terbuang sia-sia atau hanya ditampung dalam kotak tanpa manfaat yang jelas. Namun, dengan sedikit kreativitas, kamu bisa mengubah kain perca menjadi kerajinan tangan yang cantik dan fungsional di rumah.

Berikut beberapa ide yang bisa menciptakan rumah kamu lebih warna-warni dengan memanfaatkan kain perca:

Baca juga : Mengenal Karakteristik dan Jenis Kain Katun

1. Gantungan Kunci


Source: Youtube

Gantungan kunci dari bahan perca sangat mudah dibuat dan selalu menjadi favorit. ZALORAns dapat menggunakannya untuk keperluan pribadi atau menjadikannya sebagai oleh-oleh khas tangan kamu.

ZALORAns bisa memilih bentuk yang simpel seperti hati, bintang, atau bulat, lalu isi dengan busa atau kapas sebelum menambahkan rantai kunci.

2. Bantal Hias

Source: PNG Wing

Kain perca bisa digunakan untuk membuat bantal hias yang unik dan menarik. ZALORAns cukup memotong perca dalam bentuk persegi atau bentuk lain yang diinginkan, lalu jahit dan isi dengan dakron.

ZALORAns juga bisa memvariasikan bentuk dan motif untuk memberikan sentuhan warna dan tekstur pada ruangan kamu.

3. Gorden Cantik

Source: Grid ID

Jika ZALORAns memiliki sejumlah bahan perca yang lebih besar, mengapa tidak mencoba membuat gorden dari perca? Tak perlu rapi, kamu cukup menjahit sisa-sisa kain secara acak untuk menciptakan pola dan warna yang tidak biasa.

Gorden ini pasti akan memberikan sentuhan karakter dan keunikan pada jendela rumah atau sekat ruangan ZALORAns.

4. Taplak Meja

Source: Fitinline

Untuk ZALORAns yang memiliki banyak bahan perca dengan pola dan warna berbeda, kamu bisa membuat taplak meja unik. kamu bisa merangkainya menjadi quilting.

Sebuah teknik menjahit kain potongan menjadi kain baru, lalu gunakan sebagai taplak meja untuk menambah keceriaan meja makan atau meja tamu rumah kamu.

Baca juga : 6 Rekomendasi Baju dari Kain Wolfis

5. Boneka Mainan

Source: Pinterest

Perca sangat cocok digunakan untuk membuat boneka mainan yang menarik dan imut. ZALORAns bisa memilih berbagai karakter yang digemari anak-anak, lalu ciptakan boneka unik dengan menambahkan mata, mulut, dan aksesori lainnya.

Dengan sedikit kreativitas, ZALORAns tidak hanya membuat mainan baru untuk anak

6. Sarung Botol Minuman Kain Perca

Source: Pinterest

Sarung botol minuman dari perca tidak hanya digunakan sebagai hiasan, tetapi juga dapat menjaga suhu minuman ZALORAns. Jahit kain perca menjadi silinder dan tambahkan tali atau karet elastis pada bagian atas dan bawah sarung botol untuk ketahanan yang lebih baik.

7. Hiasan Dinding Kain Perca

Source: Pinterest

Kain perca bisa diolah menjadi hiasan dinding yang menarik. Misalnya, membuat rangkaian bunga kain, kaligrafi, atau abstraksi dari kain perca. Hasilnya bisa sangat menarik dan bisa menjadi cerita yang baik saat ada tamu yang berkunjung.

Inilah beberapa ide yang bisa ZALORAns coba dari sisa-sisa potongan kain atau bahan perca yang ada. Selain menghasilkan kerajinan tangan yang cantik, kamu juga telah berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan dengan mengurangi jumlah sampah.

Baca juga : 5 Jenis Kain dan Kegunaannya, yang Mana Favoritmu?

Jadi, tunggu apalagi? Mari mulai bereksperimen dengan kain perca yang ZALORAns miliki dan ciptakan kerajinan tangan yang unik dan menarik.

Dapatkan berbagai produk fashion dari brand-brand ternama hanya di ZALORA. Jangan lewatkan potongan harga yang sudah menantimu!

Penulis: Audrylea Reika