Rekomendasi Batik Motif Parang Khas Nusantara

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu!

Motif parang merupakan motif tradisional batik yang memiliki pola garis diagonal bersilangan yang tampak seperti parang (senjata tajam atau pedang). Motif parang memiliki banyak variasi, termasuk parang barong, parang rusak, parang kusuma, dan lainnya.

Parang sering memiliki makna simbolis yang berbeda-beda tergantung pada daerah atau budaya di mana batik tersebut diciptakan. Beberapa makna yang umumnya terkait dengan motif parang adalah kekuatan, keberanian, perlindungan, dan kesuksesan. Motif parang juga sering dihubungkan dengan kesan kemakmuran dan kesejahteraan.

Motif batik parang ini telah menjadi salah satu motif yang sangat populer dan sering digunakan dalam berbagai jenis pakaian batik. Ada apa aja sih variasi dari batik motif parang?

Yuk, simak beberapa rekomendasinya berikut ini ZALORAns

Rekomendasi Motif Batik Parang

1. Parang Kembang

Source: Zalora

Motif ini menggabungkan pola parang dengan gambar bunga atau kembang yang ditempatkan pada sekitar motif parang. Gabungan keduanya begitu menyatu dan bagus. Kemeja atau pakaian batik dengan pola parang kembang menjadi pilihan yang populer dalam dunia fashion batik.

Kamu dapat menemukan berbagai warna dan jenis kain yang menggunakan motif ini. Baik pada pakaian, maupun fashion item lainnya. 

Baca juga : Asal Muasal Batik Sidomukti dan Pengaruhnya Pada Budaya Jawa 

2. Parang Mega

Source: Zalora

Kain batik bermotif Parang Mega memiliki ciri khas tertentu yang membedakannya dari motif parang lainnya. Parang Mega adalah motif yang khas dari Yogyakarta. Bentuk motif parangnya lebih panjang dan lebar yang memberikan kesan mewah dan berkelas.

Selain itu, detail motifnya yang besar, membuatnya mencolok dan eye catching pada penampilanmu. Kamu akan terlihat elegan dengan memakainya.

3. Parang Daun

Source: Zalora

Sesuai dengan namanya, batik ini memiliki perpaduan antara motif batik parang dengan bentuk daun disekitar motif parang. Bentuk daun ini dibuat dengan ukuran besar, sehingga cukup mencolok pada tampilan busana. Kombinasi keduanya memberikan look yang stunning pada dirimu.

Kemeja, baju, atau pakaian batik dengan motif Parang Daun sering digunakan dalam berbagai kesempatan, baik formal maupun semi-formal.

Baca juga : 3 Rekomendasi Kebaya Selendang untuk Berbagai Acara

4. Parang Seling Cumik

Source: Zalora

Selain dipadukan dengan motif tumbuhan, motif parang juga sangat menarik lho jika dikombinasikan dengan motif hewan! Seperti Parang Seling Cumik ini contohnya.

Motif parang yang disusun zig-zag dikombinasikan dengan motif menyerupai cumi-cumi berwarna cerah agar tampak menonjol dan standout. Perpaduan keduanya menghasilkan tampilan batik yang unik.

5. Parang Segitiga

Source: Zalora

Parang Segitiga memiliki motif parang yang divariasikan dan disusun membentuk segitiga. Sehingga, menciptakan tampilan geometris yang menarik. Selain itu, bisa juga dikombinasikan dengan motif segitiga, dimana didalamnya terdapat motif bunga. Susunan pola ini bisa menjadi motif pilihan untukmu.

Nah, itulah beberapa batik motif parang yang bisa kamu temui pada kain batik pada umumnya. Pakailah batik sebagai pakaian kebanggaan, dimana dengan memakainya kita turut serta dalam melestarikan kebudayaan Nusantara ini. 

Baca juga : Rekomendasi Outfit Motif Batik Kawung, Elegan!

Mau cari beragam pakaian batik, baik untuk wanita atau pria yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo menarik yang sedang menantimu hari ini

Penulis: Fitrian Nurentama